Menyiapkan Anak Menghadapi Hari Pertama Sekolah Tatap Muka

26 komentar

Musim ajaran baru telah tiba! Saatnya menyiapkan anak guna menyambut sekolah tatap muka tahun ajaran baru.

hari pertama sekolah tatap muka

Tahun ini anak sulung saya resmi menjadi anak SD kelas 1. Kami mendaftarkannya di sebuah SD Islam di dekat rumah kami yang jaraknya tidak lebih dari 3 km. Sebenarnya, itu adalah SD incaran saya bahkan semenjak kami belum berdomisili di rumah yang sekarang ini. Pada waktu mengincar sekolah ini, kami masih masih tinggal di apartemen di bilangan Jakarta Pusat tanpa tahu bakal dapat jodoh rumah dimana. Alhamdulillah ternyata kami berjodoh dengan sebuah lahan yang berlokasi tidak jauh dari area impian saya, sekaligus dekat dengan sekolah incaran saya ini.

Anak sulung saya ini sebenarnya telah lulus TK setahun silam. Karena usianya masih belum mencukupi untuk masuk SD saat itu, akhirnya kami memutuskan untuk menunda Hasan untuk masuk SD dan lebih memilih mengambil jenjang TK B kembali di sebuah sekolah hybrid, yaitu sekolah yang mengkombinasikan pertemuan daring yang dan dilengkapi dengan sekolah tatap muka.

Pun, mengingat pandemi dua tahun lalu, selama masa itu sekolah banyak diselenggarakan secara daring. Awalnya 100 persen secara daring, kemudian saat melihat trend pandemi Covid menurun, maka banyak sekolah mulai mencoba mengadakan sekolah offline dengan kapasitas kelas setengahnya. Saat varian covid delta menyerang dan kasus mulai meningkat, maka banyak sekolah memberlakukan pertemuan secara daring kembali. Perlahan saat kasus menurun kembali, sekolah-sekolah mulai mencoba memberlakukan sekolah tatap muka kembali tapi tetap tidak dengan kapasitas 100 persen.

Saat pandemi itu, saya berharap semoga saat anak sulung saya menjadi siswa kelas 1 SD  yang sudah merasakan PTM 100 persen. Alhamdulillah, meski ada isu kasus varian Covid baru, ternyata pandemi masih terkendali sehingga hampir semua sekolah sudah memberlakukan sekolah offline dengan PTM 100 persen.

Mengingat sudah 100 persen sekolah offline tahun ajaran baru ini meski masih di dalam kondisi pandemi virus covid, maka sejumlah persiapan pun harus dilakukan. Persiapan ini tidak hanya pada anak, tapi juga bagi orang tua.

Apa saja yang harus dipersiapkan menghadapi hari pertama sekolah tatap muka tahun ajaran baru new normal?

1. Mempersiapkan mental


hari pertama sekolah tatap muka
Liburan sekolah menjelang tahun ajaran baru sangat panjang, hampir satu bulan lamanya. Anak dan orangtua yang biasanya sudah terbiasa dengan ritme harian santai, maka pelan-pelan harus mengkondisikan kembali ke ritme aktivitas pagi yang padat.

Mental anak pelan-pelan dipersiapkan dengan diberikan pengertian bahwa sebentar lagi ia akan masuk sekolah dan harus kembali bangun pagi dan langsung beraktivitas. Jika mental anak tidak dipersiapkan, takutnya ia merasa kaget saat hari pertama sekolah dan berujung dengan rewel tidak mau sekolah.

Begitu juga dengan mental orang tua, terutama Ibu. Ibu harus siap bangun lebih pagi dan menyiapkan sarapan dan bekal anak. Hasan makan siang di sekolah, jadi praktis saya harus menyiapkan cemilan hingga makan siangnya sekaligus menyiapkan bekal makan siang suami yang berangkat kerja.

Bagi si sulung, tidak ada lagi tidur lagi setelah subuh. Bagi saya, tidak ada lagi leha-leha setelah subuh.

2. Mempersiapkan perlengkapan sekolah

hari pertama sekolah tatap muka

Salah satu kegiatan favorit anak menjelang tahun ajaran baru adalah melengkapi perlengkapan sekolah. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana bonding antara orangtua dan anak. Dengan memilih sendiri kotak bekal, pensil, buku, hingga botol minum, anak akan lebih bersemangat menyambut tahun ajaran baru PTM 100 persen.

Kami melibatkan si sulung dalam pemilihan kotak bekal, sepatu sekolah, hingga jam tangan. Kami yakin, dengan melibatkan anak mengecek dan melengkapi perlengkapan sekolahnya akan meningkatkan emosi positif menyambut hari pertama sekolah tatap muka.

Jangan lupa juga untuk mengecek sepatu dan seragam sekolah anak, mereka yang cepat tumbuh membuat seragam dan sepatu sekolahnya sudah terasa sempit.

3. Berangkat lebih awal

hari pertama sekolah tatap muka

Tahun ajaran baru membawa euforia tersendiri tidak hanya pada anak, tetapi juga bagi orangtua. Bahkan nenek dan kakeknya sekalipun tidak sabar untuk mengantar dan melihat cucunya bersekolah. Tidak heran, awal tahun ajaran baru akan diiringi dengan kemacetan hebat di titik sekitar sekolah. Pastikan berangkat sekolah lebih awal dari biasanya untuk menghindari kemacetan.

Waktu tempuh normal dari rumah kami ke sekolah si sulung hanya 15 menit untuk jarak kurang dari 3 km. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini saya dan si sulung berangkat sekolah 40 menit sebelum jam masuknya.

35 menit sebelum jam masuk kelas adalah waktu yang tepat tanpa harus terlalu bermacet ria saat MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Namun saat kami berangkat 40 menit sebelum jam masuk kelas, kemacetan sudah mengular sehingga saya dan si sulung harus berjalan kaki sekitar 300 meter menuju gerbang sekolah.

4. Mempersiapkan fisik dan rutinitas

hari pertama sekolah tatap muka

Rutinitas dan fisik adalah hal yang harus diprioritaskan dalam menghadapi hari pertama sekolah. Mengkondisikan tubuh untuk beraktivitas lebih pagi juga harus diiringi dengan tidur cukup agar tubuh tetap bugar dan dapat berfungsi secara maksimal.

Salah satu hal yang membuat saya terus berpikir (hingga saat ini) adalah bagaimana menjaga jam tidur si sulung tetap optimal agar ia dapat beraktivitas secara prima. Jika dulu ia belum shalat subuh dan bangun jam setengah 8, kini ia harus bangun subuh dan tidak tidur lagi setelahnya.

Menyuruhnya tidur siang adalah salah satu strategi. Strategi berikutnya adalah tidur malam lebih cepat meski terasa sulit karena malam adalah waktu menunggu ayahnya pulang dan bercengkrama bersama. Tidur lebih cepat membuat si sulung jadi sulit bertemu ayahnya di penghujung hari.

Jam tidur yang cukup adalah salah satu yang saya jaga karena ini berhubungan dengan performanya di sekolah dan agar daya tahan tubuhnya tetap prima. Selain itu, tidur yang cukup juga menjaga imunitas untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Selain jam tidur yang cukup, saya merasa perlu memberikan suplemen tambahan sebagai booster daya tahan tubuh anak. Penasaran dengan suplemen apa yang saya berikan kepada si sulung sebagai ikhtiar menyiapkan ia menghadapi sekolah tatap muka di tengah pandemi virus Covid?

Interlac, combo probiotik dan vitamin D3

hari pertama sekolah tatap muka

Tahukah kamu kalau rendahnya kadar vitamin D di dalam tubuh meningkatkan risiko radang akibat virus Covid menurut Jurnal Royal College of Physicians Clinical Medicine? Kurangnya kadar vitamin D3 di dalam tubuh dapat membuat si kecil gampang sakit. Vitamin D3 didapatkan dari asupan makanan dan kemudian dioptimalkan dengan paparan sinar matahari atau berjemur.

Dalam menjaga daya tahan tubuh anak juga perlu memperhatikan kesehatan saluran cernanya. Si kecil harus rutin mengkonsumsi probiotik atau bakteri baik. Salah satu bakteri baik tersebut adalah Lactobacillus reuteri.

Terkadang kita cukup repot jika harus memberikan si kecil banyak suplemen. Si kecil kadang juga jadi rewel jika kebanyakan makan suplemen. Adakah suplemen yang mengandung vitamin D3 sekaligus probiotik.

hari pertama sekolah tatap muka

Ternyata ada! BioGaia Interlac adalah suplemen yang mengandung vitamin D3 400 IU sekaligus bakteri baik Lactobacillus reuteri yang dapat meningkatkan kesehatan saluran cerna. Konsumsi suplemen ini diharapkan dapat menjadi booster imunitas anak dalam menghalau berbagai virus varian covid serta meningkatkan saluran cerna anak. BioGaia Interlac berbentuk tablet kunyah rasa jeruk yang enak rasanya. Hasan approved! Tablet ini dapat dikonsumsi satu tablet per hari atau sesuai anjuran dokter.

Meskipun rasanya jeruk manis, suplemen ini tidak akan merusak gigi karena tidak mengandung gula. Kandungannya juga sangat aman.

Interlac juga mudah ditemukan di apotik dan Babyshop kepercayaan. Sayangnya, banyak ditemukan produk Interlac palsu. Oleh karena itu, pastikan membeli produk ini hanya di apotik dan babyshop kepercayaan serta marketplace seperti di Tokopedia.

Si kecil tertarik mencoba produk Interlac? Bisa kepoin di IG @interlacprobiotics dulu lho!

26 komentar

  1. Alhamdulillah si sulung sudah SD, selamat ya, semangat belajar semoga jadi anak soleh dan pintar, sukses di dunia dan akhirat. Aamiin.
    Bagus sekali ini Interlac, suplemen yang mengandung vitamin D3 sekaligus probiotik ...jadi manfaat sekali bagi jaga imunitas anak siap sekolah lagi:)

    BalasHapus
  2. Lebih tenang ya mbak melepas anak sekolah, karena ada Biogaia interlac+vitamin D3. Dengan rasa jeruk yang pasti disukai anak, memudahkan mereka untuk mengkonsumsinya.

    BalasHapus
  3. Selamat sekolah Hasan 😍 semoga betah dan senang dengan lingkungannya. Persiapannya udah mantap, apalagi dijaga dengan vitamin dari interlac.

    BalasHapus
  4. Semangat kak sebagai guru saya sangat memahami apalagi sudah lama nggak belajar tatap muka

    BalasHapus
  5. Salfok sama foto si adik, gemas amat🤩. Sehat selalu Hasan, suplemen interlacnya akan siap melindungi imunitaa tubuhmu.

    BalasHapus
  6. Ck ck memang ya minggu perkenalan sekolah lumayan bikin padat jalanan. Alhamdulillah ada interlac yang bisa dikonsumsi anak diatas 2 tahun, aman ya tanpa gula

    BalasHapus
  7. Anak-anak juga udah mulai sekolah tatap muka mba. Jadi aku juga persiapan menjaga imunitas mereka dengan Interlac + Vit D3 ini. Rasanya jeruknya enak. Ternyata manfaatnya juga bagus buat saluran cerna ya.

    BalasHapus
  8. Dulu pernah ikut seminar tentang pentingnya probiotik buat pencernaan karena pencernaan dianggap otak kedua bagi tubuh. Adanya interlac+ vit D3 ini solusi banget sih biar langsung dapat kebaikan probiotik sekaligus vitamin D3 dalam sekali hap

    BalasHapus
  9. ingin coba juga nih mbak Zeneth, menjaga imunitas anak penting di saat banyak virus seperti saat ini. apalagi rasanya jeruk dan dikunyah, anak-anak suka nih

    BalasHapus
  10. MashAllah~
    Ikut seneng melihat anak kembali ke sekolah yaa.. Dengan seragam barunya yang bikin semakin gagah.
    Semoga anak-anak sehat selalu, dibantu dengan booster Interlac dengan kandungan vitamin D3 dan probiotik jaga kesehatan cerna anak.

    BalasHapus
  11. Anak-anak sudah full day scholl. Jadi butuh banget fisik yang prima dan vitamin juga ya Mbak

    BalasHapus
  12. semangat mencario ilmu maaas, dan auto mau cari interlac buat tambahan suplemen anak, ikhtiar badan lebih fit

    BalasHapus
  13. iya nih, ponakanku tumbang di hari ke-3 sekolah wkwk
    mungkin karena kecapekan dan nutrisinya kurang
    apalagi kalau udah langsung full tatap muka dan sekolah full daya, maka harus sedia suplemen juga

    BalasHapus
  14. Wah senangnya bisa memilih peralatan sekolah sesuai kesukaan, Hasan sehat terus Yaa..jangan lupa konsumsi Interlac setiap harinya

    BalasHapus
  15. Wah seneng ya anak-anak udah bisa sekolah tatap muka lagi, meski harus tetap awas soal penyakit yg berkeliaran di luaran. Sebagai orang tua salah satu ikhtiar kita emang ngasih bekal gizi dan nutrisi kayak Interlac ini.

    BalasHapus
  16. Semangat belajarnya!

    Setelah sekian lama gak sekolah tatap muka, tentu ini jadi persiapan khusus apalagi masih ada virus juga. Daya tahan anak wajib dijaga termasuk dengan ngasih suplemen

    BalasHapus
  17. Selamat belajar dan mencari ilmu, dek. Makan yang banyak, tidur yang banyak, jangan lupa vitaminnya

    BalasHapus
  18. Iya, nih.. perlu banget yang seperti ini, soalnya kan biasanya langsung gempita euforia karena senang dan gembira bisa kembali tatap muka.

    BalasHapus
  19. PTM sudah mulai dan persiapannya gak boleh sembarangan. Salah satunya fisik harus selalu sehat ya. Aku turut bahagia deh anak-anak udah pada masuk sekolah.

    BalasHapus
  20. kalau saya tahun depan nih anak pertama masuk SD-nya. sekarang masih TK di dekat rumah aja jadi belum berasa deg-degannya. hehe. pastinya sebagai ibu kita harus selalu mempersiapkan dan menjaga daya tahan tubuh anak ya, mbak

    BalasHapus
  21. Wah semua udah mulai sklh tatap muka ya skrg, akhirnya.. Namun semuanya pasti butuh persiapan ya seperti alat2 tulis dan vitamin utk daya tahan tubuh.. Semangat adek..

    BalasHapus
  22. Wah selamat ya sudah masuk sekolah sekarang. Semoga jadi anak sholeh dan nurut orang tua. Btw sekarang banyak ya, orang tua yang menyekolahkan anak di sekolah islam kayak gini. Dan menurutku memang ada keunggulannya sih. Misal ponakanku yang di sekolah ada pondokannya. Setelah lulus, karakter baiknya begitu terlihat. Sama orang tua juga.

    BalasHapus
  23. Tahun ajaran baru yah, story IG saya banyak juga teman kantor yang semangat mengantar anaknya ke sekolah. Pasti banyak orang tua yang was-was yah mba, dengan metode belajar tatap muka 100% karena status covid belum sepenuhnya 0 di Indonesia. Memang penting menjaga kesehatan anak dengan memberikan suplemen BioGaia Interlac ini.

    BalasHapus
  24. wah anak-anak udah pembelajaran tatap muka nih, namun masih pandemi, makanya akupun juga ikhtiar dengan Interlac dan Vit D untuk anakku mba, pencernaan lancar dan makin sehat :)

    BalasHapus
  25. Selamat jadi anak SD, Hasan. Seneng yaaa sudah bisa sekolah PTM tentu dengan persiapan yang paripurna bukan cuma perlengkapan sekolah tapi juga mental dan kesehatan. Sehat-sehat dan semangat belajarnya, Hasan.

    BalasHapus
  26. Wah jadi orangtua harus siap siaga menjalani masa kembali berkerumun, apalagi daya tahan tubuh anak pasti berbeda beda. Harus bener bener pilih vitamin ya cocok

    BalasHapus