5 Jajanan Indonesia Warisan Kolonial

39 komentar

Berbicara soal jajanan Indonesia, saya teringat pikiran random saya tempo lalu. 

“Kok di Vietnam yang negeri Beras bisa-bisanya ada makanan khas berupa Baguette dengan isian acar sayur?”, ujar saya dalam hati sembari mengunyah dan memandang Banh Mi di tangan saya.

jajanan indonesia

Banh Mi adalah hasil dari sejarah modern Vietnam. Makanan (khas asli Vietnam) yang mendunia ini ternyata adalah bukanlah kreasi asli masyarakat Vietnam. Banh mi terdiri dari roti Baguette yang berisi acar sayuran dan dilengkapi dengan daging ayam atau sapi.

Baguette sendiri adalah roti berukuran panjang layaknya roti Hot Dog yang sering menjadi santapan orang bule, lebih tepatnya Prancis.

Tahukah kamu kalau Banh mi sendiri adalah hasil dari arogansi superioritas Prancis sebagai negara penjajah Vietnam? Masyarakat Vietnam didoktrin untuk tidak mengubah makanan Prancis hanya karena mereka tidak cukup layak untuk menyantap makanan yang sama dengan majikannya.

Ternyata, Indonesia pun memiliki problematika serupa. Banyak jajanan tradisional yang merupakan serapan dari makanan khas penjajahnya, yaitu Belanda. Tidak hanya masakan, tetapi juga camilan. Adalah mustahil rasanya jika tidak ada akulturasi makanan terjadi setelah selama tiga setengah abad Belanda bercokol di Indonesia. Masa penjajahan Belanda membawa pengaruh dalam budaya dan kuliner Indonesia sehingga tidak mengherankan bahwa ada jajanan Indonesia yang lekat dengan keseharian kita ternyata adalah hasil akulturasi dengan makanan penjajah.

Pada perjalanannya, sebuah kuliner dapat berubah dari resep aslinya karena menyesuaikan dengan kondisi, ketersediaan bahan, lidah, dan kebiasaan.

Bagaimana sejarah jajanan khas Indonesia yang ternyata merupakan akulturasi antara penjajah dan yang dijajah?

1. Kroket

jajanan indonesia

Setiap saya menonton acara masak-masak di TV, saya suka berkata di dalam hati, “wah, kok sering banget ya kontestan masak kroket?”

Kroket merupakan jajanan Indonesia yang sering ditemui di jalanan. Cemilan berupa kentang yang dihaluskan dan diisi dengan aneka sayuran, ragout, dan daging cincang ini ternyata juga bukan cemilan khas Indonesia. Cemilan Indonesia ini hasil akulturasi makanan dari Belanda. Layaknya di Indonesia, Kroket di Negara kincir angin juga merupakan jajanan pasar.

Namun, ternyata kroket pun juga bukan asli Belanda, lho! Jadi bagaimana sejarah jajanan Indonesia ini?

Resep kroket di Perancis sudah muncul sejak tahun 1691, sementara resep kroket di Belanda baru muncul pada tahun 1830-an.

Semua bermula dari seorang koki mencoba menyajikan sajian yang sekarang dikenal kroket itu kepada Raja Louis XIV. Ternyata raja malah menyukainya! Kroket berasal dari bahasa Prancis croquer yang artinya renyah. Resep asli kroket di Prancis menggunakan isian ragut seperti truffle, krim keju dan daging. Kemudian, kroket dibawa ke berbagai negara Eropa sehingga kroket juga terkenal di Belanda. Awalnya, kroket di Belanda terbuat dari ragout daging mengenyangkan sehingga disajikan sebagai lauk utama. Namun, terjadi kelangkaan makanan terutama daging saat perang dunia ke-2 meletus. Pada saat itu komoditas yang banyak tersedia adalah kentang sehinga kroket dikreasikan menjadi makanan ringan dengan komposisi paling banyak kentang dan sedikit daging.

Kini kroket menjadi makanan yang banyak ditemui di seluruh penjuru dunia dengan berbagai versi masing-masing negara. Bahkan ada juga versi nusantara yang menjadi jajanan Indonesia.

Kroket isian apa yang menjadi favoritmu?


2. Perkedel

jajanan indonesia

Semua masyarakat Indonesia tidak asing dengan perkedel. Bagaimanakah sejarah jajanan khas Indonesia ini?

Perkedel juga termasuk cemilan khas Indonesia yang tidak asing ditemui sebagai sampingan berbagai masakan daerah, misalnya pada sop, soto, tumpeng. Tidak hanya disediakan berdampingan dengan lauk utama, perkedel juga kerap disajikan sendirian sebagai cemilan utama jajanan Indonesia

Perkedel yang kita kenal adalah kentang matang yang dipadatkan dan kemudian dibalut telur sebelum digoreng. Jika kentang adalah bahan utama perkedel di Indonesia, ternyata bahan utama perkedel aslinya adalah daging cincang tanpa kentang sama sekali!

Perkedel berasal dari Bahasa Belanda, yaitu Frikadel. Pada Perang Dunia ke-2, warga Belanda mengalami kesulitan pangan termasuk mahalnya harga daging. Karena kentang melimpah, akhirnya muncullah Frikadel versi kentang dengan komposisi daging dan kentang hampir sebanding.

Mirip dengan yang Belanda alami, Saat resep perkedel dibawa oleh Belanda ke Indonesia pada masa kolonialisme, masyarakat Indonesia memodifikasi perkedel dengan menambah kentang yang dihaluskan akibat harga daging sapi dan babi yang sangat mahal. Pada perkembangannya, kentang justru menjadi bahan dominan karena merupakan bahan makanan yang mudah ditemukan dan ekonomis. Malah, sebagian besar perkedel yang kita temui sebagai cemilan khas Indonesia ini hanya terdiri dari kentang tanpa daging.

Sekarang jelas kan, isu bahwa perkedel merupakan kepanjangan persatuan kentang dan telur murni karangan ya! :D


3. Risoles

jajanan indonesia

Siapa yang tiap buka kotak cemilan makanan di acara selalu berharap menemukan risoles di dalamnya?

Jajanan Indonesia ini merupakan adonan dadar campuran tepung terigu, kuning telur, mentega, air, dan susu. Di Indonesia, jajanan tradisional ini memiliki dua jenis risoles, yaitu risoles berbentuk persegi panjang yang berisi campuran sayuran dan tumisan daging serta risoles berbentuk segitiga yang berisi ragut. Selain itu, ada risoles jenis ketiga di jajanan Indonesia ini, yaitu risoles yang berisi isian mayones dicampur dengan daging asap dan potongan telur rebus. Risoles yang memiliki bentuk persegi panjang yang lebih lebar ini dikenal dengan nama American risoles.

Risoles berasal dari bahasa Belanda, rissole. Meski begitu, ternyata risoles juga bukan asli dari Belanda karena rissole sendiri merupakan serapan bahasa latin, russeolus yang artinya berwarna kemerahan.

Pada abad ke-13, risol dikenal sebagai hidangan sejenis panekuk yang digoreng tanpa isian. Kemudian pada perkembangannya lah risoles diisi dengan berbagai isian dan dibalur dahulu dengan tepung roti sebelum digoreng. Risoles sebagai jajanan khas Indonesia ini tidak jauh berbeda dengan versi yang dapat ditemui di negara kincir angin.

4. Nastar

jajanan indonesia
Sumber: The Jakarta Post

Nastar identik sebagai jajanan Indonesia berupa kue kering yang kehadirannya selalu muncul di momen intim seperti lebaran. Ternyata, nama nastar merupakan gabungan dari 2 kata dalam Bahasa Belanda,  nanas dan taartjes (tart) sehingga disingkat menjadi nastaart.

Resep nastar pun awalnya bukan seperti yang kita kenal yaitu berupa adonan tepung berbentuk bulat diisi dengan selai nanas. Nastar terinspirasi dari olahan pie Belanda yang dibuat dalam loyang besar dan diisi dengan selai yang terbuat dari apel, bluberi dan stroberi.

Hasil akulturasi kuliner dimulai saat Belanda ingin membuat pie buah namun kesulitan untuk menemukan buah-buahan tersebut yang memiliki tekstur dan konsistensi seperti yang dihasilkan oleh buah di Belanda. Akhirnya, mereka memutuskan untuk menggunakan buah nanas yang banyak ditemui di Indonesia serta memiliki tekstur dan rasa asam manis yang mewakili cita rasa buah stroberi dan bluberi.

Dinilai bentuk pie di loyang besar kurang ekonomis, pada perjalanannya cemilan Indonesia ini berubah menjadi cemilan kecil sekali suap yang digemari oleh masyarakat.


5. Lapis legit

jajanan indonesia

Saya memang hobi masak dan bikin kue. Tapi kayaknya tidak pernah terpikirkan di benak untuk masak lapis legit. Menguras waktu dan tenaga kak! Haha.

Berbeda dari 4 cemilan Indonesia sebelumnya, lapis legit adalah perkawinan silang budaya memasak Belanda dan Indonesia yang begitu indah. Resep Lapis legit atau yang dikenal dengan spekkoek (spiku) telah lama muncul di buku resep Belanda seperti yang ditulis oleh Gaitri Pagrach-Chandra di buku Het Nederlands Bakboek. Spekkoek berasal dari kata spek (bacon) dan koek (kue). Secara harfiah spekkoek berarti kue bacon. Terdengar aneh bukan? Mungkin ini disebabkan oleh lapisan spekkoek yang terlihat seperti bacon.

Tidak ada yang tahu apakah lapis legit merupakan resep asli Belanda yang dimodifikasi selama mereka menjajah Indonesia atau resep asli Indonesia yang menyesuaikan lidah kompeni. Ada juga yang beropini bahwa lapis legit adalah hasil resep tradisional milik Belanda dengan menggunakan kekayaan alam Indonesia termasuk rempah. Sekilas, lapis legit mirip Baumkuchen khas Jerman.

Lapis legit yang banyak menggunakan kuning telur menghasilkan citra rasa padat namun tetap gurih dan manis sehingga jajanan tradisional ini bisa dinikmati bersama dengan teh. Biasanya lapis legit terdiri dari 18 belas lapisan. Tiap lapisan mengalami pemanggangan selama sekitar 3 menit. Artinya, hampir sejam harus nangkring di depan oven! Tidak heran kan harga seloyang kue spekkoek mahal sekali?

Pada perjalanannya, kue spekkoek yang rumit pembuatannya ini disederhanakan dan muncullah kue lain seperti lapis Surabaya yang terdiri dari 3 lapisan saja. Tidak hanya itu, jika spekkoek merupakan adonan yang didominasi kuning telur, kalau lapis Surabaya berupa adonan campuran putih dan kuning telur layaknya kue sponge.

Menarik bukan transformasi sejarah jajanan Indonesia?



BONUS!!!!!

Meses

jajanan indonesia

Saya sempat kesulitan menemukan meses di supermarket terdekat saat sempat berdomisili sementara di Chiang Mai, Thailand, selama sebulan. Kok susah ya, padahal Thailand posisinya masih sangat dekat di Indonesia.


Jangankan Thailand, mungkin di Singapura dan Malaysia pun sangat sulit menemukan meses. Mengapa?

Meses merupakan pelengkap camilan masyarakat Belanda. Disana meses lebih dikenal dengan nama haagelslag.

Meses awalnya berupa serpihan biji adas manis yang dibalut dengan gula dan pewarna serta kemudian ditaburkan di roti pada tahun 1400-an. Pada perjalanannya, taburan manis warna-warni itu dikomersilkan dengan nama muisjes. Penemunya adalah B.E Dieperink menurut Arsip kota Amsterdam.

Meses yang tidak lepas dari hidup orang Belanda dibawa ke Indonesia dan juga dinikmati oleh masyarakat Indonesia, terutama sebagai teman makan roti. Itulah kenapa kamu hanya bisa menemukan meses di negara Belanda atau negara bekas jajahannya. Selebihnya, jika kamu penggemar meses dan hendak berlibur ke luar negeri, mending bawa stok meses yang banyak deh!


Saya selalu tertarik dengan transformasi perjalanan suatu makanan. Dalam keadaan seperti apa makanan itu muncul, bagaimana perubahan makanan tersebut akibat dari suatu kondisi, bagaimana makanan tersebut dapat dikenali di wilayah lain, serta seperti apa adaptasi makanan tersebut terhadap lidah yang baru dan ketersediaan bahannya.

Selera orang memang berbeda-beda, di negara, bahkan kota yang sama, pasti resep jajanan khas nusantara ini juga dapat berbeda-beda.

Berani berbagi resep Jajanan Indonesia warisan kolonial yang menjadi favoritmu?

39 komentar

  1. Hi Teh salam kenal ya , tulisan yang menarik, dan foto makanannya bikin laper. Jadi nambah ilmu baru juga nih. Aku baru tahu kalau perkedel ternyata ada singkatannya haha.

    Di Malaysia juga ga ada meses, ada rice chocolate tapi beda rasanya ngga kaya ceres.

    BalasHapus
  2. Teh Zeneth, pertanyaan iseng nih, yang gambar lapis legitnya ga ada sumbernya, bikinan sendirikah? Atau foto sendiri? Kereen fotonya Teeh,,, tampak lezat

    BalasHapus
  3. Tulisan yang berupa paduan kuliner dan sejarah, bagus sekali Mba Zeneth artikelnya. Desain blognya juga terlihat ayem ehehe.

    Saya juga begitu Mba Zeneth, suka sekali mengetahui transformasi perjalanan makanan, seperti yang Mba tuliskan di sini.

    Makasiiy infonya ya Mba :)

    BalasHapus
  4. Ehh ada yang ketinggalan ehehe, diantara semua jajanan di atas, frikadel pilihanku. Ehehe. Yang lainnya, lapis legit, nastar, kroket, risoles, mblenger. Ehehe

    BalasHapus
  5. Banyak jajanan tradisional yang merupakan serapan dari makanan khas penjajahnya ... beneren baru tahu ini teh zeneth.
    aku suka risoles isi daging dan sayur, tapi selalu beli ha3 ...

    salam kuliner ya teh ...

    BalasHapus
  6. Menarik banget teh. Dulu pernah jajan di kafe makanan Belanda dan ada namanya Bitterballen kalo ga salah. Dalam hati kok ya kaya perkedel atau kroket. Jadi kepo perkedel aslinya digoreng baru tumbuk lalu goreng lagi juga ga, soalnya saya ga suka karena berminyak banget. Jdnya rebus tumbuk baru goreng, hehe

    BalasHapus
  7. Kroket sama risoles udah jadi jajanan pasar, perkedel jadi sajian umum di warteg, sama nastar udah jadi kue khas lebaran. Emang ga nyangka kalau asal kuliner ini sebenarnya warisan kolonial.

    Baru tau meses itu udah ada dari tahun 1400-an kirain produk baru dari abad 20-an gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa haha. Tapi emang komersialisasinya abad 20 sih

      Hapus
  8. sumpah ku baru tahu kalau ternyata 5 jajanan pasar ini warisan zaman Kolonial yang sekarang bener-bener legendaris. Meses juga ternyata di negara lain susah ditemukan yaa

    Aku bahkan hampir tiap hari makan risoles dan prekedel. resep prekedel ala iparku cuma jagung, tepung terigu, telur, garam, merica, dan beberapa penyedap rasa lain. Trus dicampur dan digoreng smpai matang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jagung! Wah ini baru tau ada yang pakai jagung buat perkedel, info menarik mba!

      Hapus
  9. Dari 5 jajanan di atas, saya udah pernah dengar 2 aja yaitu nastar dan lapis legit sbg makanan hasil akulturasi, tapi enggak nyangka kroket, pergedel dan risoles bukan resep asli Indonesia.

    Btw meses, kayaknya skrg saya baru sadar, saat tinggal di Korea tak melihat meses. Padahal meses adalah favorit saya, roti tawar+selai kacang+meses.

    BalasHapus
  10. halo kak,
    menarik sekali nih, melalui makanan jadi belajar sejarah, akuluturasi dan asal muasal makanan ya. jadi saya yakin nih setiap makanan yang ada di seluruh dunia juga saling mempengaruhi satu sama lain yang kemudian di modifikasi sesuai dengan kultur daerah atau negara masing-masing. seperti halnya pangsit, bakso, mie ayam yaa. tapi kalau bala-bala ada gak ya di negara lain? hehehe

    BalasHapus
  11. Frikadel jadi perkedel, jadi pengen ketawa juga. Haha, ternyata ya, nama makanan yang biasa kita makan, berasal dari bangsa lain.

    BalasHapus
  12. Baru tahu kalau frikadel itu diplesetin jadi perkedel. Tapi frikandel beneran (minimal yang di sini ya heheh) sebenarnya daging aja sih gak ada kentangnya.

    Rata2 memang makanan Indonesia yang terkena pengaruh Belanda udah gak persis lagi bahkan bisa jauh bgt dari masakan aslinya. Dan soal rasa tentu lebih enak masakan Indonesia hehehe

    BalasHapus
  13. yak bener sekali kalau di Chiang mai nggak ada meses. Ada sih yang dipakai buat kue gitu, tapi rasanya aneh! Makanya nih skrg masih sering minta dikirimin ceres dari Indonesia, hehehe...

    BalasHapus
  14. Warisan yang sampai sekarang masih banyak yang minat sama jajanan ini yaa..

    BalasHapus
  15. kroket , risoles , perkedel ternyata bukan asli indo

    BalasHapus
  16. nastar dan spikuk sepertinya resep belanda yang disesuaikan dengan kondisi di indonesia, ya. kalau meises di luar bisa dicari dengan nama sprinkle. tapi memang bentuknya lebih variatif enggak cuma panjang2 gitu, ya

    BalasHapus
  17. Astagaaaaa Mbak Zen aku baca artikel tentang jajanan ini ketawa sambil mlongo, looh sejarahnya gitu ya loh asal katanya gitu ya,,,

    Anyway aku kalau bikin perkedel gak pakai rogout, bsk kok jadi pgn buat pake rogout, xixixi

    BalasHapus
  18. Wahh mindblowing bangeettt ini Mba
    Ternyata banyak hal2 yg mengejutkan dari khazanah kuliner negeri tercinta ya.
    ditunggu artikel2 kece berikutnya mb

    BalasHapus
  19. Wah ternyata 5 jajanan itu hasil akulturasi dari negara penjajah ya. Menarik sekali nih cerita asal usul jajanan itu, trnyata ada cerita unik dibaliknya. Aku kira perkedel itu khas Infonesia lho, secara sudah mendarah daging gitu bagi masyarakat kita. Kalau di desa kan biasa itu bikin perkedel untuk acara tasyakuran.

    BalasHapus
  20. Semuanya cemilan favoritkuuuu 😄. Selalu menarik mba , tahu sejarah makanan2 yg sering kita temuin ini. Aku sendiri suka banget icip2 segala jenis makanan, dan tiap kali traveling ke berbagai negara, aku ga pernah mau coba makanan yg banyak ditemui di Indonesia juga, harus makanan khas nya 😁. Dan kadang kalo nemuin makanan yg bentuk beda, tapi pas diicip, kok miriiiip Ama makanan di Indonesia, langsung penasaran tuh, ada hubungan apa negara ini dengan indonesia, Krn kulinernya mirip. Ini aku pernah temuin pas ke Myanmar. Banyak bgt makanan yg bener2 mirip rasanya Ama kuliner Indonesia, tapi bentuk jauh berbeda.

    Naaah aku penasaran juga pengen liat cara bikin kue lapis legit ini 😄. Nyesel dulu pas mama sering bikin di rumah, malah ga tertarik liat. Namanya anak kecil, mana betah disuruh liat pembuatan kue yg lama bener gitu 🤣. Skr baru tertarik.

    BalasHapus
  21. Waah semuanya favorit buat saya Mbak. Kalau dikasih semua, saya gak nolak. Eh :D

    BalasHapus
  22. Halo mbak..
    Aku takjub sama ulasanmu karena aku ngga ngerti kalau semua makanan enak di atas tuh ternyata peninggalan kolonial.. Semacam kroker dan perkedel, aku pikir asli pny ornag Indonesia.

    Makasih infonya ya, jadi ngerti sekarang..

    BalasHapus
  23. wah iya, banyak juga ya mbak jajanan warisan kolonial
    mungkin karena dulu masa kolonialisme itu lama banget, makanya sampai bisa banyak asimilasi budaya, termasuk dalam hal jajanan

    BalasHapus
  24. Ku paling suka nastar...
    Jajanan Indonesia warisan kolonial ini enk-ek ya...laper lihatnya. Baru tahu kisahnya:)
    Tentang meses, waktu aku tinggal di Amerika memang enggak ada , adanya yang mirip biasa disebut sprinkle. Agak beda rasanya sama meses di Indonesia karena bahan pembuatnya berbeda. Jadi kalau mau beli meses di Toko Asia:)

    BalasHapus
  25. Duh, ternyata semua makanan favoritku itu warisan kolonial ya. xixixi.. baru tahu aku. aku pikir itu makanan khas indonesia terutama nastar, kue sejuta umat yang selalu ada di hari lebaran.

    BalasHapus
  26. Wah jajanan kesukaan saya ternyata sudah eksis dari jaman baheula ya. Resepnya ultimate banget berarti, bisa bertahan sampai berpuluh tahun ya..

    BalasHapus
  27. Gandjel rel penganan Semarang kayaknya juga peninggalan kolonial tuh mba. Sama dengan kue gambang yang nama aslinya ontbijtkoek, resepnya pake kayu manis yang kuat cita rasanya. Klo masakan asli Indonesia kan ga ada yang gitu, walaupun yaaa akhirnya gandjel rel dimasukkan sebagai penganan khas daerah. :)

    Baru tau loh soal asal usul misis dan komposisi perkedel dari negara asalnya sono. Berarti klo bukan negara jajahan Belanda mereka tidak terbiasa menggunakan misis di kesehariannya yaa... Padahal klo di Indonesia, yang misis kiloan aja menggunung ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih aku jadi gugling. Kayaknya pernah nyoba deh kue gambang ini. Bolu kayu manis kan ya? Thx mba menarik bgt ni insightnya

      Hapus
  28. Hmmm semua makanan yang disebutin enak-enak. Bikin auto-pengin cemal-cemil nih habis baca ini. Apalagi pas bacanya habis gerimis. Hahaha.

    BalasHapus
  29. baru tahu aku mbak kalau kroket dan perkedel itu beda. kirain sama aja. hihi. oya jujur aku sebal banget sama llmu cocoklogi nama makanan kayak perkedel kemarin dan beberapa nama lainnya. kesannya maksa banget gitu loh. bada kayak cireng atau cilok itu memang beneran singkatan yaa

    BalasHapus
  30. Duh, semua makanan ini favorit aku, terutama perkedel yang aku baru tahu berasal dari Belanda, memang sih banyak makanan khas Indonesia yang diserap dari berbagai negara terutama Belanda dan Cina. Kayak kue lapis meskipun tiap daerah namanya beda-beda tapi asal resepnya sama dari Belanda.

    BalasHapus
  31. Mbak, saya pernah tinggal di Brunei pun kesulitan cari meses hehehe. Kalaupun ada ya rasanya nggak seenak merek ternama di Indonesia. Jadi kalau mudik saya selalu nyetok meses.

    BalasHapus
  32. Wah... baru tahu, semua yang disebutin diatas jajanan favorit saya semua. baru tahu itu semua warisan kolonial

    BalasHapus
  33. Lho mbak makanan kesukaanku semua tuh ... Ternyata banyak sejarahnya ya mbak makanan Kita ini

    BalasHapus
  34. Wah ga nyangka aku perkedel ternyata bukan asli Indonesia yah wkwkwkw selama ini aku kemana ajaaahh

    BalasHapus
  35. Aiih, keren yaa..
    Ini salah satu istimewanya dijajah, keistimewaa akulturasi segalanya yaa.. Dari segi budaya dan bahasa. indah banget kalo gak pake acara jajah-menjajah.
    Tapi ya, itulah sejarah.

    Beneran berasa keren kalo ngomong yang ternyata itu adalah bahasa serapan dari Belanda. Hehehe...cuma lidah Jowo gitu yaa..

    BalasHapus
  36. Baru tahu kalau perkedel, kroket, risoles, lapis ternyata makanan warisan Belanda. Kirain perkedel dari Indonesia.

    BalasHapus