Resep Spaghetti Aglio Olio Mudah untuk Anak

17 komentar
Penasaran resep spaghetti aglio olio mudah yang rasanya gurih mendekati buatan chef Italia asli?

resep spaghetti aglio olio

Saat memeriksa lemari penyimpanan makanan kering, saya menemukan sisa spaghetti kering yang sudah lama tidak tersentuh. Langsung terpikirkan untuk membuat sarapan untuk anak dengan bahan dasar spaghetti. Masak apa ya? Saat itu di pikiran saya hanya ada 3 berdasarkan ketersediaan bahan: Aglio Olio, Carbonara, Bolognaise.

Bikin Bolognaise rada bosan ya, Carbonara agak segmented mengingat kuning telur yang tidak matang rentan tidak disukai anak. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat Aglio Olio saja karena sangat simpel anti ribet.

Resep Spaghetti Aglio Olio memang banyak beredar di jagat maya. Masing-masing memiliki karakteristik masing-masing. Tapi ada satu hal tahap yang menurut saya sangat krusial dan kebanyakan resep Spaghetti Aglio Olio di Indonesia tidak lakukan.

Apakah tahap krusial resep Sphagetti Aglio Olio yang sangat sering terlewatkan oleh warga Indonesia? Tak lain dan tak bukan adalah memasukkan air rebusan pasta pada tahap saucing. Kebanyakan resep Spaghetti Aglio Olio di Indonesia hanya masak spaghetti dengan tumisan bawang putih saja. Padahal filosofi memasak dari air rebusan pasta yang memiliki karakteristik kental dan “berasa” akan memberikan warna serta mencampurkan rasa dari berbagai elemen “sederhana” pada Spaghetti Aglio Olio.

Simak Resep Spaghetti Aglio Olio anti ribet dan bakal disukai oleh anak ini!

RESEP SPAGHETTI AGLIO OLIO

resep spaghetti aglio olio


Bahan:
  • Spaghetti secukupnya
  • Bawang putih 4, dicacah kecil
  • Cabe bubuk
  • Garam
  • Lada
  • Minyak zaitun
  • Parmesan
  • Semprotan minyak truffle
  • Butter
Cara memasak:
  1. Panaskan air satu panci hingga mendidih. Masukkan Spaghetti kering. Masukkan juga garam dalam jumlah lumayan pasta dan air rebusannya berasa.
  2. Tumis bawang putih dengan menggunakan minyak zaitun di wajan lain. Jika senang sedikit rasa pedas, bisa tambahkan cabe bubuk sesuai selera saat bawang putih sudah harum
  3. Masukkan spaghetti yang sudah matang ke panci. Aduk hingga rata
  4. Masukkan 3-5 sendok air bekas rebusan pasta. Jangan lewatkan tahap ini
  5. Koreksi rasa dengan menambahkan garam dan lada
  6. Sajikan ke piring. Parut keju parmesan di atasnya. Bisa juga semprotkan truffle infused agar terlihat lebih menggugah selera. Bisa juga tambahkan sesendok kecil butter di atasnya untuk menambah sensasi “lemak”

Saya tinggal menambahkan dadar telur sebagai asupan protein untuk anak. Tertarik untuk mencoba resep Spaghetti Aglio Olio ini?

17 komentar

  1. Oglio Olio juga fav kami sekeluarga mba. Tapi paling suka ditambahin tuna dan dimasak pedas. Anak2 bisa doyan banget itu.

    Biasanya yang bikin asistenku. Tapi Krn baru resign, aku mau coba bikin sendiri pakai resep ini. Kdg kalo udh bingung mau makan apa, pasta2 begini selalu jadi penyelamt karena mudah 😄

    BalasHapus
  2. Nampaknya simple dan menggugah selera. Kapan-kapan mau coba eksekusi nih. Punya spaghetti tapi belum punya parmesannya.

    BalasHapus
  3. Spaghetti Aglio Olio ini favorit saya dan suami. Saya biasanya pakai udang. Enak banget, cuma bener deh suka lupa masukin air rebusan pastanya. Jadi berasa kering.

    BalasHapus
  4. Yummyyy yumyyyy, kebetulan di dapur ada stok spageti juga nih mbaaa
    Mau bgt utk recook.
    Moga2 kluarga sukaakkk

    BalasHapus
  5. Saya suka spagethi, tetapi karena saya nggak suka keju jadi spagethi jenis aglio olio ini nggak pernah saya lirik. Eh tapi setelah lihat resep Mbak yang simpel dan menggugah selera ini saya jadi ingin coba nih, tapi tetap tanpa keju sih pastinya wakakaka.

    BalasHapus
  6. Sukaaa pake banget sama Spaghetti Aglio Olio.
    Biasanya kalau ke tempat makan, memang yang paling aman di perut adalah Spaghetti Aglio Olio yaa... Kalau masak sendiri begini, selain lebih banyak porsinya, juga lebih sehat.

    BalasHapus
  7. Okh gitu ya...triknya agar pastanya jadi yummy. Terimakasih infonya mba. Kebetulan saya belum pernah bikin aglio Olio ini. Mau nyoba ah recook

    BalasHapus
  8. Nah samaan anakku juga nggak terlalu suka kuning telur yang belum matang. Oke juga nih resepnya kayanya kalau dengan telur ala Spaghetti Aglio Olio anakku bakalan suka juga. Trims resepnya, ntar bikin juga ah di rumah

    BalasHapus
  9. Cocok banget nih buat sarapan, masaknya juga simpel dan anak-anak pastinya suka dengan spaghetti, kadang kalau beli spaghetti suka bingung mau dimasak apa lagi-lagi Bolognaise. Nah kalau ini bahannya juga ngak ribet dan masaknya simpel serta ngak pake lama.

    BalasHapus
  10. Salah satu menu yang sampai hari ini belum dieksekusi adalah ini. Simpan resepnya ah. Semoga bisa segera di eksekusi..

    BalasHapus
  11. Wah iya, saya juga pernah menonton di youtube bahwa air rebusan pasta ini memang penting untuk dicampur di spaghettinya ya. Makasi resepnya Mbak, siap untuk dieksekusi nanti..

    BalasHapus
  12. Baru ngerti filosofi air rebusan pasta. Biasanya aku suka buang karena aku pikir ya kan bekas merebus. Ternyata justru iku koentji nya ya

    BalasHapus
  13. saya masih belum bisa masak oglio olio ini. apa karena saya masaknya nggak pakai minyak zaitun ya? hehe. penasaran itu sama minyak trufflenya mbak harganya berapaan? hihi

    BalasHapus
  14. Baru tau loh mbak kalau bekas air rebusan pasta itu bisa memberikan taste tersendiri. Kirain harus dibuang gitu kayak bikin mie instan.

    BalasHapus
  15. Cara masak yang simple dan praktis jadi mau praktek besok siang semoga pada suka deh recook yang saya buat hehehe

    BalasHapus
  16. Simpel banget ya spaghetti aglio olio, anak saya kurang lahap kalau masak ini. Lebih suka yang Bolognese..

    BalasHapus
  17. Waaah, praktis & lezat kayaknya nih. Wajib dicoba. Selama ini saya kalau masak spageti, tahunya spageti bolognese aja. Ternyata varian lain juga cukup menggoda selera nih. Makasih banyak sharing resepnya yaa.

    BalasHapus