Hindari 3 Kesalahan Ini dalam Membangun Personal Brand Blogger

13 komentar
“Saya diundang jadi pembicara suatu konferensi nih. Bisa saja kesempatan ini saya berikan ke orang lain. Tapi ternyata orang tersebut tidak bisa karena cuma saya yang bisa melakukannya. Jadilah entitas unik yang tidak terlupakan.” ujar mantan atasan saya di sebuah lingkup akademisi beberapa tahun silam.

personal brand blogger

Saya pernah menjadi asisten peneliti di sebuah Universitas Negeri di Bogor selama hampir 2 tahun. Dalam hanya waktu sesingkat itu, saya sangat terkesan dengan mantan atasan saya saat itu.

Mantan atasan saya adalah tipe orang yang senang ngobrol dan kerap mendorong “anak bimbingannya” untuk terus maju. Dengan segala kerendahan hatinya, Ia juga senang bercerita tentang kisah pribadinya Mayoritas yang mendengarnya akan merasa terinspirasi.

Setelah terjun ke dunia blog dan sosial media, baru saya ketahui nasihat mantan atasan saya tersebut adalah soal personal branding agar membentuk diri memiliki personal brand blogger yang tidak terlupakan.

“Personal brand adalah apa yang orang pikiran tentang kamu setelah bertemu secara langsung atau dengan hanya mencari nama kamu di internet. Personal branding adalah apa yang kamu lakukan untuk membuat personal brand kamu menguntungkan.” Tekan Coach Muqiet

Sayangnya, banyak blogger yang melakukan kesalahan saat sedang membentuk personal brand blogger mereka. Jangan sampai kemampuan kita sebagai seorang blogger tersia-siakan karena gagal membentuk personal brand yang tepat.

3 kesalahan utama saat membangun personal brand blogger

personal brand blogger

Personal branding bisa dipelajari dimana saja dan sudah menjadi hal yang umum di dunia digital ini. Namun, ternyata tetap banyak blogger yang melakukan kesalahan dalam personal branding di dunia maya. Menurut Coach Muqiet, ada 3 kesalahan terbesar dalam membangun personal brand yang kerap tidak disadari!

1. Tanpa kisah diri

Bayangkan, jika tiba-tiba ada seseorang yang mendekatimu kemudian tanpa tedeng aling-aling langsung menawarkan produk, apa yang kamu rasakan? Terganggu pastinya.

Dalam ilmu psikologi, menceritakan kisah diri apalagi jika objek kita memiliki kesamaan pengalaman akan membangun rapport atau kedekatan. Jika rapport terbentuk maka akan semakin mudah mempengaruhi pembaca blog. Kisah diri yang dikemas dengan baik dapat membuat personal brand blogger kita menjadi sangat berkesan bahkan tidak terlupakan.

2. Tanpa value

Jadilah blogger yang memiliki nilai unik dan solid. Blogger ada banyak, tapi value yang kita usung lah yang membuat kita menjadi selalu dicari-cari.

Saya membentuk personal brand blogger dengan kualitas situs bagus, rangkaian tulisan yang memikat, dan mampu menyediakan sudut pandang teknis dengan bahasa awam karena saya yakin tidak banyak blogger yang sekaligus seorang (mantan) akademis.

3. Tanpa identitas

Di jaman serba elektronik ini, bukan sebuah rahasia kalau apa-apa kita bergantung kepada Google. Public Relation sebuah perusahaan menyaring kandidatnya berdasarkan sosial media. Faktanya, 1 milyar nama dicari tiap hari melalui Google dan 65% orang percaya dengan hasil yang mereka temukan di internet.

Pastikan kita memiliki sosial media yang mewakili identitas personal brand blogger. Sosial media bagaikan portfolio seorang blogger yang menceritakan hasil pekerjaan dan menyediakan identitas personal yang kredibel. Personal brand blogger yang kuat dan terpercaya akan membuat identitas kita menjadi dapat diakses publik kapan pun.

Untuk melakukan riset kecil soal personal brand blogger, kamu bisa mencari nama lengkapmu atau bahkan melekatkan profesi di samping nama di Google. Misal, saya bisa mencari “Zeneth Ayesha Thobarony” atau bahkan “Blogger Zeneth Ayesha Thobarony” di Google.

Puaskah saya dengan hasilnya?

Bantu Personal brand-mu dengan PamerBio


personal brand blogger


Efisiensi adalah melakukan hal baik, efektif adalah melakukan hal baik dengan benar - Peter F. Drucker

Dalam melakukan personal branding diperlukan strategi agar apa yang kita lakukan efektif. Jangan sampai kemampuan dan kualitas diri kita sia-sia hanya karena kita tidak dapat melakukan personal branding yang tepat.

Jika ada klien yang tertarik ingin mengetahui kita sebagai blogger lebih jauh, halaman mana yang akan kita tunjukkan ke calon klien?

personal brand blogger

PamerBio adalah aplikasi pemasaran online yang dapat membantu merepresentasikan diri kita di dunia jagat maya. Uniknya, PamerBio menyediakan aplikasi pameran online yang menyediakan fitur kustomisasi tanpa batas. Lupakan situs landing page membosankan lainnya. Kita dapat mengutak-atik apa saja yang ditampilkan mulai dari jenis huruf, warna huruf, hingga warna latar belakang.

PamerBio juga menyediakan berbagai pilihan domain premium dan menyediakan fitur kustomisasi lebih melimpah untuk mendukung personal brand blogger. Jangan khawatir, harga premium yang ditawarkan PamerBio juga sangat terjangkau!

Ini contoh landing page PamerBio aku.

Tertarik menggunakan PamerBio untuk personal brand bloggermu?

13 komentar

  1. Ilmu baru nih Mba. Baru tahu juga kalau personal branding bagi blogger itu penting ya. Untunglah ada PamerBio

    BalasHapus
  2. sekarang, personal branding udah seperti sebuah identitas diri yang pakem ya
    temen aku kalau ngenalin aku ke temen-temennya adalah blogger
    padahal aku ga pernah woro-woro kalau aku sendiri blogger

    BalasHapus
  3. Jadi penasaran sama aplikasi Pamer Bio. Mau coba buka-buka ah, mau liat apa yang bisa dimanfaatkan. Ini aplikasi berbayar atau ada versi gratisnya? Atau ada dua macam versi gratis dan versi premium berbayar?

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu terkait Pamer Bio ini. Tapi manfaatnya mamah banyak ya khususnya untuk kita para blogger ini. Terimakasih banyak atas informasinya 🙏🏻

    BalasHapus
  5. Sebagai newbie tercerahkan sekali untuk terus membangun personal brand

    BalasHapus
  6. Personal brand yg jelas emang penting banget, setelah baca ini jd makin semangat buat ngebangun prsonal brand

    BalasHapus
  7. Hihihi unik namanya PamerBio tapi bikin penasaran, personal branding untuk blogger penting banget, aku masih harus banyak belajar nih

    BalasHapus
  8. Personal branding memang penting banget termasuk untuk blogger, aku baru tahu tentang Pamerbio dan langsung cari tahu, ternyata platform ini bantu banget buat yang ingin membangun personal branding dengan cara yang lebih mudah karena tersedia panduan lengkapnya.

    BalasHapus
  9. Wow, pakai pamerbio ini sepertinya bisa memudahkan kita untuk membuat personal branding.. Khususnya saat mengenalkan diri kita ke calon klien jadi lebih profesional nih..

    BalasHapus
  10. Mbak . PamerBio ini apa ada yang free?

    BalasHapus
  11. jadi penasaran dengan pamerbio, sepertinya penulis dan pekerja digital perlu aplikasi ini juga ya mbak, sebagai kartu nama mereka, auto langsung bikin

    BalasHapus
  12. Aku pikir yang namanya personal branding tuh semudah itu.. Tinggal sering-sering aja nulis tentang apa yang disukai. Ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan termasuk mengenalkan diri dan membuat landing page yang sesuai dengan karakter dan personal branding yang diinginkan di PamerBio. Namanya sangat representatif yaa..

    BalasHapus
  13. Wah keren ya aplikasinya bisa membanti kita utk meningkatkan personal branding

    BalasHapus