Asus A516: Tingkatkan Produktivitas dengan Laptop Ukuran 15” tapi fisik 14”

33 komentar

Seumur-umur, tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk memiliki laptop ukuran 15”. Pasalnya, di otak saya laptop ukuran seperti itu adalah laptop gaming yang kerap saya dan suami jadikan komputer desktop selama di rumah. Layar besar, bulky, dan berat. Siapa sih yang mau bawa laptop seperti itu untuk dibawa kesana kemari baik untuk urusan kerja ataupun hanya untuk bersenang-senang?
asus a516 produktivitas

Namanya juga laptop. Lap, pangkuan. Top, atas. Atas pangkuan. Laptop berarti komputer yang nyaman di letakkan di atas pangkuan. Komputer yang menambah produktivitas karena sifat portabilitasnya. Komputer 15” portabel dan produktif? Ah mana mungkin.

Terlebih saya sekarang sudah punya 3 anak. Bawa laptop di tas cuma buat agar bisa blogging selama pergi menginap di luar rumah? Duh, lupakan saja. Alih-alih menjadi lebih produktif, adanya saya yang malah makan hati.

Setelah saya mengetahui sebuah produk keluaran ASUS, saya mulai mengevaluasi ulang. Benarkah laptop 15” se-bulky itu? Seberat itu kah? Setidak enak itu kah?

Tampaknya saya harus merevisi ulang pemikiran saya ini.

Laptop seperti apa yang dapat meningkatkan produktivitas kerja?

asus a516 produktivitas

Kini tidak melulu harus ke kota besar untuk mendapatkan pekerjaan bonafit. Di jaman modern ini, tidak semua orang bekerja di kantor. Banyak profesi yang dapat dijalankan di rumah atau yang populer dengan sebutan work from home (WFH). Banyak pekerja kantoran yang menjadikan WFH sebagai pekerjaan sampingan. Ada juga yang menjadikan WFH sebagai penghasilan utama. Profesi itu bisa berupa penulis, desainer, penerjemah daring, fotografer, vlogger, penjual daring, dan banyak lainya. Pokoknya generasi sekarang tidak akan kehabisan ide untuk berkarya dari rumah.

Saya sendiri seorang Ibu beranak tiga yang menggunakan laptop untuk menulis, membuka browser, menyunting foto, sambil sesekali gaming. Jumlah anak yang tidak sedikit membuat saya membutuhkan laptop yang praktis dengan segala fitur yang menambah produktivitas saat hendak membawa laptop keluar dari rumah. Selain harus membawa laptop, saya juga harus membawa barang pribadi sekaligus barang-barang anak di tas ransel.

Untuk menunjang produktivitas WFH, dibutuhkan perangkat-perangkat yang mendukung produktivitas dan mobilitas dalam bekerja. Laptop adalah perangkat krusial karena merupakan perlengkapan pendukung utama untuk pekerjaan WFH. Laptop yang dapat meningkatkan produktivitas kerja versi saya adalah laptop yang memenuhi aspek-aspek dibawah ini:
  1. Prosesor yang kencang
  2. Layar yang besar dan jernih
  3. Portabilitas
  4. Baterai tahan lama
  5. Tangguh
  6. Praktis
Lantas, laptop apakah yang memenuhi kriteria di atas?

Asus A516, Laptop yang memenuhi semua aspek produktivitas kerja


asus a516 produktivitas

Saya bukan tipikal pribadi “ceria”. Mungkin lebih ke introver dan minimalis. Jadi saat memilih warna laptop, saya cenderung memilih warna “sepanjang jaman” dan terlihat profesional. Nah, Asus A516 ini tersedia dari 2 pilihan warna minimalis yang dapat anda pilih: Transparent Silver dan Slate Grey. Warna netral dan unisex. Kalau saya sih pasti akan pilih warna Slate Grey.

Menurut saya, Asus A516 memenuhi semua poin ekspektasi gaya hidup produktif dan minimalis. Simak Asus A516 review disini!

1. Prosesor yang kencang

Prosesor yang kencang merupakan parameter pertama Asus A516 review kali ini. Laptop yang memiliki layar lebih besar berarti semakin besar pula ruangan laptop untuk diisi perangkat keras. Jadinya, ruang kosong tersebut bisa ditempati dengan prosesor termutakhir ditambah dengan graphic card yang lebih mumpuni. Ini artinya dengan laptop berukuran lebih besar, lebih baik pula performanya.

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Asus A516 ditenagai mulai dari Intel® Celeron® N4020 Processor sampai dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen. Generasi ke-10 adalah generasi Intel teranyar. Baik prosesor dual-core Core i3-100 1005G1 1.2 GHz (Asus A516JA) dan quad-core i5-1035G1 1GHz (Asus A516JP) sudah memiliki performa benchmark yang sangat baik. Prosesor ngebut bahkan saat digunakan untuk multitasking membuat anda akan lebih produktif tanpa rasa khawatir laptop berjalan bak siput.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Asus A516 memiliki RAM mulai dari 4GB hingga 8GB (untuk varian Asus A516JP) serta dilengkapi dengan grafik diskrit NVIDIA® MX330 untuk varian Asus A516JA dan Asus A516JP. Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, bahkan gaming sekalipun tidak tersendat.

Baca juga: Kenapa Harus Upgrade Menjadi Laptop Asus TUF Gaming A15

Untuk penyuntingan foto dan ilustrasi, NVIDIA MX 330 bekerja cukup optimal untuk software Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator dengan beban kerja yang tidak terlalu berat. Untuk penggunaan teknis seperti software AutoCAD dan Solidworks, spek grafik yang dimiliki Asus A516 sudah jauh lebih cukup. Berdasarkan ulasan video PC Support & Gaming Test, GTA V dapat melaju tanpa masalah pada pengaturan 1080p High, Fps 40-50 dan Average: -44. Graphic Card ini juga dapat menjalankan Mafia Definitive Edition dan Red Dead Redemption II tanpa masalah. Yah, cukuplah untuk saya sebagai seorang gamer musiman. Tidak usah menunggu antrian gaming di laptop suami lagi deh.

ASUS A516 vs Laptop lama saya

Memang laptop lama saya sudah cukup tua. Laptop tersebut bahkan saya beli 8 tahun yang lalu. Mungkin perbandingannya juga kurang apple-to-apple. But, let’s see!

asus a516 produktivitas

Dulu saya mendapatkan performa yang cukup baik saat menjalankan software teknik seperti AUTOCAD, ArcGIS, dan Matlab. Saya juga masih dapat bermain game ringan dengan pengaturan menengah.

Namun zaman telah berubah. Software tersebut juga terus meningkatkan kemampuannya sehingga mau tidak mau dibutuhkan laptop yang menggunakan prosesor, RAM, Graphic card dan memori penyimpanan yang mumpuni. Tidak hanya itu. Komputer lama saya muncul saat masih zaman Windows 7, sementara sekarang sudah sampai Windows 10. Tentunya menjalankan WIndows 10 dengan spesifikasi laptop yang sangat tua seperti itu benar-benar menguji iman dan kesabaran. Tidak hanya itu. laptop yang dulu saya gunakan untuk pekerjaan berat, sekarang hanya mampu untuk baca, tulis dan browsing saja. Hanya itu saja lambannya bukan main.

2. Layar yang besar dan jernih


asus a516 produktivitas

Tahukah anda bahwa layar laptop tidak hanya sebatas perkara, “wah, layarnya lebih besar/lebih kecil.” saja? Ternyata, besaran layar laptop juga ikut mempengaruhi hal lainnya, sebagai contoh spesifikasi dari laptop tersebut.

Selain sudah dapat menikmati kualitas layar Full HD, Asus A516 juga dilengkapi dengan teknologi layar NanoEdge. Layar NanoEdge memiliki bezel sangat sempit (ultra-narrow) yang memungkinkannya untuk masuk ke dalam sasis yang langsing. Otomatis, layar NanoEdge ini membuat dimensi laptop akan semakin kecil. Besaran screen-to-body ratio hanya 83% dan viewing angle sebesar 178 derajat. Karena memiliki screen-to-body ratio yang cukup besar, otomatis desain sasis layar akan mengecil dan berimbas pada semakin ringannya berat laptop. Layar NanoEdge ini sudah memiliki lapisan anti-silau matte yang mengurangi pantulan yang mengganggu sehingga menatap layar pun jadi nyaman. Produktivitas tidak akan terganggu meski mengetik di bawah sinar lampu yang sangat terang.

Ternyata mayoritas konsumen memilih menggunakan layar besar loh menurut hasil survei internal ASUS. Ini cukup mengherankan saya, mengingat tidak pernah terpikirkan di otak saya untuk memiliki laptop dengan layar 15”. Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh firma NPD, 68,1 persen laptop dengan sistem operasi Windows yang dijual memiliki ukuran layar 15". Konsumen yang lebih memilih ukuran layar 15 " berpendapat bahwa mereka menyukai layar yang besar karena performanya yang lebih baik. Sebanding lah dengan besar uang yang digelontorkan. Seorang analis dari NPD, Steven Baker juga menyatakan bahwa sudah dari dulu konsumen lebih mementingkan ukuran layar sebagai bahan pertimbangan dalam membeli laptop.
asus a516 produktivitas

Dengan layar besar, jangkauan pandangan pun lebih luas dan otomatis gambar dan tulisan tampak lebih besar. Ini sangat berguna bagi konsumen yang menggunakan laptop untuk kepentingan menggambar, menyunting foto, gaming, bahkan sekedar menonton film.
Saya sendiri sekarang cenderung setuju dengan hasil survei tersebut. Beberapa tahun terakhir ini, saya kerap bekerja dan bermain menggunakan laptop gaming suami saya yang berukuran 15". Betapa nyamannya melihat layar berukuran besar. Tapi itu kan laptop suami saya, bukan laptop yang bisa saya bawa kesana kemari untuk kepentingan pribadi. Lagian, saya hanya mampu mentolerir membawa laptop ukuran 14” karena ukurannya yang tidak terlalu besar. 


Masih validkah anggapan saya bahwa laptop ukuran 15” sebesar itu perbedaan fisiknya dengan laptop 14”?

ASUS A516 vs Laptop lama saya

Asus A516 adalah laptop entry level yang menepis bahwa layar besar hanyalah milik laptop bulky. Mari kita coba bandingkan Asus A516 dengan laptop lama saya.
asus a516 produktivitas

ASUS A516 yang memiliki layar lebih besar bahkan memiliki lebar dan tebal laptop yang lebih kecil. Laptop lama saya malah memiliki ketebalan yang jauh lebih signifikan besarnya. Layar Asus A516 hanya lebih besar sedikit di panjangnya meski ini cukup wajar mengingat layarnya yang memang lebih besar. Terdengar tidak masuk akal? Ya, tapi ini nyata. Artinya, dengan membawa Asus A516 di ransel, rasanya tidak akan jauh beda dengan membawa laptop lama saya yang berukuran 14". Laptop yang portabel jelas akan meningkatkan produktivitas. Yah, percuma donk ya saya upgrade tas jadi Kanken Laptop 15”, hehe. Soalnya Asus A516 ukurannya tidak jauh beda dengan laptop lama saya.

Atau malah lebih ringkas?

3. Portabilitas

asus a516 produktivitas

Salah satu parameter menjadi produktif adalah mobilitas yang tinggi. Artinya, laptop yang mendukung produktivitas adalah laptop yang memiliki portabilitas yang besar. Jika ini poin pemikirannya, berarti lebih baik memiliki laptop ukuran kecil donk ya? Namun hal ini mungkin tidak berlaku lagi. Asus A516 memiliki berat yang sangat ringan, malah bisa jadi lebih ringan daripada laptop ukuran 14” yang anda punya. Alasan saya ogah memiliki laptop pribadi layar besar adalah BERAT. Kembali lagi ke pemikiran di atas: laptop layar besar = laptop gaming = BERAT.

Baca juga: Chromebook, Laptop terbaik untuk Pendidikan dan Bisnis Sekolah

Saya dan suami adalah tipe orang yang praktis, sebisa mungkin membawa sesuatu seringkas mungkin dan seringan mungkin. Apalagi saya perempuan yang isi tasnya akan notabene lebih rumit ketimbang isi tas laki-laki. Lagi-lagi Asus A516 mendobrak paradigma ini. Mari kita buktikan!

ASUS A516 vs Laptop lama saya

Dengan layar lebih besar, ASUS A516 hanya memiliki bobot 1,8 kg saja! Bandingkan dengan laptop lama saya yang berbobot 2,2 kg padahal ukuran layarnya lebih kecil. Yah kalau dipikir-pikir laptop ini cocok banget untuk saya. Asus A516 ini muat di ransel dan saya tidak akan mengeluh keberatan meski di ransel itu berisi juga perlengkapan ketiga anak saya saat sedang jalan-jalan. Jelas, Asus A516 ini bakal meningkatkan kualitas produktivitas dan mobilitas saya.

4. Baterai tahan lama

Pernah ga sih kesal sewaktu giliran laptop dipakai, eh, laptopnya modar. Setelah menjadi hamba colokan dan ketemu colokan, tidak lama kemudian harus segera pergi tapi laptop belum tercas penuh. Duh, rasanya!
Daya tahan baterai adalah fitur yang paling harus diperhatikan dalam sebuah laptop. Tentunya baterai yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah yang tahan lama dan tidak menghabiskan waktu lama saat dicas. Asus A516 dilengkapi dengan baterai 37 WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion yang sudah didukung oleh ASUS Battery Health Charging. Ini adalah sebuah teknologi besutan Asus yang dapat meningkatkan jangka hidup baterai tiga kali lebih lama dibandingkan baterai Li-ion standar lainnya. Selain itu, fitur ini membuat laptop dapat dicas dari keadaan baterai 1% hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit saja. 99% dari pengguna biasanya mengecas laptop lebih lama dari yang dibutuhkan sehingga mengurangi jangka hidup baterai. Oleh karena itu, teknologi ASUS Battery Health Charging diciptakan untuk mencegah fenomena ini.
 

ASUS A516 vs Laptop lama saya

Laptop lama saya hanya dapat bertahan 2 sampai 3 jam tanpa cas. Kecepatan pengecasan menuju baterai penuh sangat lah lama. Mungkin hampir 1 jam sendiri? Ini artinya waktu cas laptop lama saya setengah lamanya waktu stand-by. Benar-benar membuang waktu! Berbeda dengan Asus A516, kemampuan Battery Health Chargingnya membuat waktu pengecasan lebih cepat yang didukung juga dengan daya tahan baterainya yang lebih lama. Benar-benar memenuhi ekspektasi portabilitas untuk produktivitas.

5. Tangguh

asus a516 produktivitas

Salah satu spesifikasi laptop yang dapat menambah produktivitas kerja adalah yang tangguh dan memiliki durabilitas tinggi. Asus A516 didesain dapat bertahan dalam tekanan yang ekstrim seperti terjatuh atau terantuk yang tidak disengaja. Bagian panel dan engselnya juga memiliki dukungan struktur yang baik untuk mengurangi resiko panel dan engsel lepas. Cocok nih artinya buat ibu-ibu yang punya anak balita, hehe.

Asus A516 juga memiliki fitur peredam guncangan E-A-R HDD untuk melindungi data anda dari setiap benturan. Asus bahkan mendesain fitur keamanan yang dapat mendeteksi apabila ada hentakan atau getaran dari ketiga sumbunya untuk memastikan mekanisme kerja penyimpan internal tetap optimal. HDD memiliki sifat yang mudah rusak jika sering terkena guncangan. Fitur ini cocok sekali bagi yang ingin melindungi datanya dari kerusakan fisik.

Bagian logam di bagian bawah keyboard memberikan platform yang jauh lebih stabil saat mengetik menggunakan touchpad. Selain memberikan kekakuan struktural, logam ini juga memperkuat engsel dan melindungi komponen internal.

Sisi tutupnya juga diperkuat dan berfungsi layaknya pelindung pada bagian sisi mobil. Ini memberikan dukungan struktural pada cover, layar, dan engsel. Dengan adanya fitur ini, tampaknya saya lebih tidak khawatir saat Asus A516 tidak sengaja terantuk.

ASUS A516 vs Laptop lama saya

Laptop lama saya sangat ringkih. Dengan bodi yang terbuat dari plastik komposit, laptop lama saya sudah banyak mengalami cacat fisik mulai dari layar hingga engsel yang hampir lepas. Berbeda dengan Asus A516 yang dilengkapi dengan pengaman di sana sini, termasuk peredam guncangan yang akan sangat membantu melindungi hal krusial bernama data.

6. Praktis.

asus a516 produktivitas

Parameter sebuah laptop dikatakan dapat meningkatkan produktivitas adalah fleksibel dan praktis. Seiring dengan semakin tipis, ringan dan modernnya laptop, semakin sedikit pula colokannya. Banyak laptop lain yang memiliki desain simpel namun minim colokan. Colokan yang minimalis bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi keren dan praktis, di sisi lainnya merepotkan. Asus A516 memiliki banyak colokan input/output yang bervariasi. Meski colokannya banyak, desainnya tetap elegan dan minimalis. Anda tidak usah khawatir jika nantinya mengkoneksikan variasi perangkat lainnya ke Asus A516. Jika anda adalah tipe yang hanya memiliki satu komputer saja, maka ASUS A516 cocok untuk anda karena laptop ini dapat berfungsi sebagai desktop saat anda menggunakannya di rumah.

Layar besar, cek! Konektivitas lengkap, cek!
asus a516 produktivitas

Saya selalu mengasosiasikan laptop yang memiliki keyboard khusus tombol angka (numpad) hanyalah milik laptop gaming. Asus A516 juga punya loh! Jadi kalau anda ingin sesekali gaming rasanya semakin dipermudah. Atau jadi lebih mudah pula jika tiba-tiba dihadapkan dengan mengetik banyak angka. ASUS A516 dilengkapi dengan fingerprint sensor di bagian touchpad dan Windows Hello sehingga anda tidak perlu repot untuk memasukkan kata sandi setiap saat.

Baca juga: ASUS Rog Phone 3

Saya sudah bertahun-tahun menggunakan laptop ASUS. Menurut saya, keyboard Asus termasuk yang paling enak untuk dipakai mengetik karena memiliki key travel 1,4 mm.
Semenjak punya anak, fitur keyboard backlit adalah dambaan saya.Sebuah fitur simpel yang tidak dimiliki oleh laptop lama saya. Saya sering mengetik di ruangan redup karena saya tidak bisa menghidupkan lampu utama agar bayi kami tidak terbangun, terutama saat malam hari.

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Betul sekali, anda tidak usah repot membeli sistem operasi secara terpisah karena Asus A516 sudah langsung dilengkapi dengan WIndows 10 beserta Microsoft Office.

ASUS A516 vs Laptop lama saya

Laptop lama saya tidak memiliki backlit sehingga mengetik di ruangan redup sama saja seperti mengetik buta dengan kesalahan ketik dimana-dimana. Benar-benar membuang waktu. Semakin kesini, saya menyadari betapa pentingnya fitur backlit untuk menunjang produktivitas saya seiring dengan penyesuaian terhadap rutinitas terhadap anak.

Laptop yang sudah langsung terinstal sistem operasi beserta penunjang kerja utama bernama Microsoft Office benar-benar memudahkan hidup. Banyak laptop dengan harga yang sama namun belum dilengkapi langsung dengan sistem operasi dan Microsoft Office. Melengkapi keduanya bisa menambah kocek 2 juta sendiri. Jatuhnya laptop pesaing menjadi lebih mahal dan Asus A516 lebih ekonomis!

Bigger, better

Itulah Asus A516 review. Masyarakat urban membutuhkan laptop yang dapat menunjang produktivitas mereka di tengah hiruk pikuk kondisi hidup. Asus A516 dapat memenuhi ekspektasi semua aspek itu: prosesor yang kencang, layar besar yang jernih, portabilitas, baterai tahan lama, tangguh, hingga praktis. Kebayang kan punya laptop layar 15” dengan portabilitas 14” tanpa harus mengocek harga yang mahal?

Asus A516 dijual mulai dari harga Rp 5.299.000 untuk prosesor Intel® Celeron® Rp 7.599.000 untuk prosesor Intel® Core™ i3-1005G1 (Asus A516JA), dan Rp 10.999.000 untuk prosesor Intel® Core™ i5-1005G1 (Asus A516JP) Rp 11.099.000. Temukan spesifikasi lengkap ASUS A516 disini!


“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”

33 komentar

  1. Artikelnya keren dan informatif sekali, pengen juga laptop Asus yang performanya kenceng dan harga yang pas di tabungan..

    BalasHapus
  2. Suka sama speknya Asus Vivobook ini, memudahkan buat bekerja secara multitasking dengan prosesornya mantap dan layarnya yang lebar.

    BalasHapus
  3. Mantap nih Asus, aku sendiri pake laptop Asus yang udah dari zaman kapan gitu loh. Tapi performanya masih lumayan mendukung sampe sekarang. Coba dikasih Asus A516 ini, betapa senangnya hati ini hehe

    BalasHapus
  4. Produk asus keren banget dah, produknya sekarang makin hari makin bertambah, jadi pusing mau beli yang mana hehehe

    BalasHapus
  5. Mantap kak, snagat informatif, dikupas tuntas nih speknya si ASUS. Salah satu laptop incaran saya juga, karena laptop lama udah minta pensiun. Huhu

    BalasHapus
  6. ASUS 15 A516 memang speknya oke banget euy... Ditemaninya terasa semua mimpi dan harapan akan lebih mudah terealisasi. Termasuk mimpi dan harapan bu-ibu.

    BalasHapus
  7. ASUS memang paling top, apalagi ASUS 15A516 ini perfomanya mantap bangt,, kalauteman-teman dikantor bilang mereka udah jatuh cinta dengan ASUS, mulai dari desain dan manfaatnya sangat menunjang kita untuk bekerja. Laptop impian semua kalangan ya mbak

    BalasHapus
  8. ASUS ini top banget emang. Perangkat yang bagus emang sangat mendukung kerjaan.

    Kayak aku nih mba, kalo make up in orang, konon katanya "The magic not in your product, but your hand" apaan dah? Produk yang bagus jelas beda hasilnya buat make up in orang daripada yang abal-abal.

    Sama kaya Asus ini, perangkat canggih pasti lebih banyak keuntungannya.

    BalasHapus
  9. Bikin mupeeeeng. Aku dari dulu naksir sama asus karena design luarnya tuh luxury gituu kayak yang canggih bgt tapi belum kesampaian punya haha. Waktu kerja dikasih pinjem laptop sama kantor asus juga dan enak bgt dipakenya. Pas resign kan yaaaa harus dibalikin ya wkwk

    BalasHapus
  10. Ya ampun, saya merasa bodoh. Udah selama ini dan baru tau pengertian laptop (lap & top) dari blog ini.
    Sebagai blogger, emang laptop adalah peralatan utama kita. Walaupun udah ada HP tetap aja lebih nyaman ngeblog di laptop.
    Semangat yah mba, semoga menang lomba blognya.

    BalasHapus
  11. Btw salut banget deh kl lagi pergi keluar kota apalagi ma anak-anak tetep bisa ngeblog..aku lah mana mungkin, Mbak hihi...cuma digotong sana gotong sini doank tu laptop. Tapi emang Asus Vivobook 15 a516 ini beda ya. Semoga makin semangat ngeblog seandainya mendapat kejutan dapat laptop keren ini. Salam kenal ya Mbak

    BalasHapus
  12. Aku suka laptop ASUS ini karena udah pakai SSD dan HDD. Jadi kalau dipakai buat ngonten bakalan lancar dan ringan banget. Apalagi layar 15 inchnya yang super lebar. Buat nonton video jadi lebih seru.

    BalasHapus
  13. Dengan layar lebih besar, ASUS A516 hanya memiliki bobot 1,8 kg saja!
    Wahh, ini mantuull banget.
    bisa dibawa mobile ke mana aja ya
    makin semangat bikin konten!

    BalasHapus
  14. Aku suka sekali laptop ini. Melihat spesifikasi nya rasa nya ingin sekali memiliki laptop ini.

    BalasHapus
  15. kalau layar 15 inchi ini kayaknya aku betah berlama lama deh kak soalnya di rumah adanya lebih ke note book gitu lebih kecil layarnya. Mudahan ada rezeki bisa beli ASUS ini

    BalasHapus
  16. wah udah 10th gen, mantap jiwaaaa :D

    BalasHapus
  17. huaaaaa makin pengin laptop baru buat kerja di rumah huhuhu.

    BalasHapus
  18. Wah keren sekali ya kak laptop Asus ini mumpuni banget buat kita-kita sebagai blogger ini, cantik lagi modelnya

    BalasHapus
  19. Wah benar2 keren ini Asus A516, layarnya lebih lebar dan batre tahan lama. Saya juga pake Asus sejak pertama kali mulai menulis mbak, alhamdulillah cocok sampai sekarang.

    BalasHapus
  20. Yaampun Mbak menyebutkan sesekali gaming, saya jadi kangen main game niihhh. Udah juarang banget main game di laptop karena nggak mau anak ikut-ikutan suka ngegame juga. Hahaha. Duh kok salfok ya komennya 😅

    Asus ini emang andalan banget dari dulu. Dua laptop saya sebelumnya yang bukan Asus nggak awet padahal belum sampai yang bertahun-tahun banget gitu. Pakai Asus sampe sekarang alhamdulillah nggak ada kendala..

    Tergiur banget ini sama Asus A516 😍😍😍

    BalasHapus
  21. Kayaknya saya akan berpindah ke Asus A516. Sebulumnya juga pake ASUS dikasih si bungsu tahun 2013. Terima kasih Mbak Zeneth

    BalasHapus
  22. Kayanya dream laptop banget ya. Aku pernah bawa laptop pas nginep di rumah sodara dan yah ngga begitu kepake, 5 menit aja paling :)) sisanya ngurus anak dan paksu

    BalasHapus
  23. Duh laptop idaman ini, mah....bung tabung dulu dunk biar laptop ASUSnya bisa kebeli.

    Nulis kelebihan dan spek²nya cukup lengkap ini, Mbak Zeneth. Saya merasa terbantu tanpa harus ngoprek di web nya ASUS.Thankiss Mbak Zeneth

    BalasHapus
  24. Auto blink-blink mata saya melihat harganya masih ada yang jauh di bawah 10 juta.

    BalasHapus
  25. Udah ga bisa digeneralisir lagi ternyata ya kalau laptop yang lebar itu sama dengan berat. Pake A516 ini udahlah layarnya bisa full, nikmat untuk bekerja ataupun menonton film, ga bikin encok pula kalau dibawa kemana-mana. Mantap.

    BalasHapus
  26. Bigger, better..aku lebih pilih layar lebar buat lapotop apalagi kalau produk ASUS yang terkenal performanya juara...Ku kepoin deh ASUS A516, wah harganya bervariasi ya, bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan

    BalasHapus
  27. Seneng banget yaa...kalau bisa memiliki laptop Asus A516 yang speknya bikin semua orang semakin produktif. Lancar, cepet dengan memori yang bikin lega banget.

    BalasHapus
  28. Laptop ASUS A516 ini emang bagus kualitas dan speknya
    bikin kerja makin produktif ya mbak

    BalasHapus
  29. Keren banget. Bikin mupeng. Apalagi laptop saya juga usianya sidah 10 tahunan.

    BalasHapus
  30. ini nih yang saya cari cari
    semoga bisa kebeli
    laptop yang bisa mendukung kerja lebih maksimal dengan harga terjangkau

    BalasHapus
  31. wah ternyata walau layar besar tapi bisa tetap nyaman ya mbak pakai laptopnya. saya juga selama ini sukanya laptop dengan layar kecil karena ringkas cuma memang sih kayak monitor komputer juga lebih nyaman yang besar kan yaa. btw saya baru tahu nih laptop itu ada singkatannya. hihi

    BalasHapus
  32. Wah keren juga nih. Layar 15" Tapi size 14" Aja. Tampilan small tapi kualitas big ya. Layar besar menurutku kebutuhan juga. Karena lebih nyaman saat menggunakannya. Tampilan lebih penuh dan menyeluruh. Asus memang tahu yang dibutuhkan.

    BalasHapus