Langsung ke konten utama

8 Alasan Memilih Asus Vivobook S14 untuk Permasalahan Laptop Keluarga Kami

Pengguna laptop di keluarga kami hanya saya dan suami saja. Saya untuk kebutuhan mengeblog dan pekerjaan mengetik lainnya, suami untuk kebutuhan kerja. Selain itu kami juga termasuk pemain musiman. Meski bermain tidak serutin itu, kemampuan mumpuni laptop untuk bermain tetap penting sehingga kami memiliki laptop permainan di rumah ini. 2 laptop kami kurang memuaskan untuk kebutuhan kami. Bahkan, suami sempat ingin beli laptop ketiga untuk menjembatani kekecewaannya. Hah, 2 orang pemakai aktif laptop tapi laptopnya ada 3? Sungguh suatu kemubaziran yang nyata.
asus vivobook s14 s433

Laptop-Laptop Kami

asus vivobook s14 s433

Opsi untuk mengganti laptop di keluarga kami sudah didengungkan oleh suami sejak 2 tahun yang lalu. 2 buah laptop yang kami miliki tidak bisa diandalkan sama sekali untuk gaya hidup yang kami miliki, apalagi suami. Saya memiliki sebuah laptop berukuran 14" yang dibeli pada tahun 2013 dengan merk yang sudah menghentikan purna jualnya di Indonesia sejak lama. Kemampuan WIFI laptop ini sudah sangat payah sehingga jika saya menggunakannya di meja kerja di kamar acap kali sinyal WIFI tidak tertangkap. Suami memiliki laptop bermain terbitan tahun 2016 yang berukuran 15,6" dengan bobot 2,5 kg. Bukan cuma itu, laptop bermain ini baterenya sudah soak, jadi tidak bisa digunakan kecuali dicolok langsung ke stop kontak. Sebuah laptop dengan kemampuan baterai yang mubazir. Suami biasanya berangkat kerja dengan menggunakan sepeda, otomatis membawa laptop bermain itu seperti duri dalam daging. Ia pernah mencoba membawa laptop saya (yang beratnya tidak ringan untuk laptop jaman sekarang) dan ditinggal di kantor. Ia tidak tahan dengan spesifikasi jadul laptop saya yang tidak memiliki obat. Sebagai contoh, penyimpanan masih Hard Disk SATA dan bukan SSD, sehingga tidak dapat memulai Windows 10 dengan cepat. Belum lagi membuka aplikasi-aplikasi lain dengan waktu tenggat yang cukup lama. Suatu hal yang sangat membuat ia muak.

Akhirnya suami mencoba membawa laptop bermainnya ke kantor untuk ditinggal disana. Laptop di rumah tinggal laptop kuno saya, otomatis kami tidak bisa santai bermain permainan komputer kalau sedang ingin. Pun, ia pakai laptop hanya karena jika ada kerjaan yang harus disetor pada malam hari itu juga. Tentunya menggunakannya dengan perasaan kesal.

Jujur, dengan mayoritas pemakaian laptop saya selama ini yaitu mengeblog, saya sedikit sekali merasa terganggu dengan performa laptop ini. Meski saya yang pakai, tapi suami gatal ingin mengganti laptop saya. Opsi pertama yang muncul adalah mengganti laptop saya dengan laptop terkini yang memiliki bobot ringan. Ia membawa laptop baru tersebut ke kantor dan tidak membawa pulang tiap hari kalau tidak penting. Bagaimana dengan saya? Saya disuruh mengeblog menggunakan laptop bermain πŸ˜…. Calon potensial laptop baru itu adalah laptop dengan anggaran kurang dari 10 juta rupiah.

Opsi kedua, opsi yang menurut saya mubazir adalah membeli komputer Desktop untuk di kantor. PC harga murah-murah saja, tidak mesti terdepan yang penting kemampuannya tidak mengesalkan. Opsi ini dinilai lebih murah ketimbang membeli laptop baru dengan spek yang bisa bikin puas.

Jadi sampai sekarang apa yang sudah kami perbuat?
Masih harus puas dengan 2 laptop ini saja πŸ˜…. Dengan banyaknya kebutuhan-kebutuhan di beberapa bulan yang akan datang dan pastinya memakan biaya tidak sedikit, kami coba memiliki pola pikir untuk bersyukur dahulu dengan apa yang kami punya πŸ˜€.

ASUS Vivobook S14 S433: 8 Alasan kenapa Pilih Ini

1. Desain yang Menarik

asus vivobook s14 s433

Saya mengikuti perkembangan ASUS melalui Instagram resminya. Saya cukup tertarik saat melihat status terbaru soal Asus Vivobook S14 S433. Spesifikasi dan harga yang dibanderol cukup realistis. Ini laptop keluaran baru dari Asus yang diklaim cocok untuk generasi Z. Tersedia pilihan 4 warna keren yang bisa dipilih sesuai kepribadian: Resolute Red, Gaia Green, Dreamy Silver, dan Indie Black. Tidak cuma itu, supaya laptop ini tampak kekinian, Asus juga menyediakan stiker-stiker agar laptop tampak lebih edgy, khas dan tidak pasaran.

Asus S14 S433 juga memiliki desain yang ergonomis yang benar-benar membuat nyaman penggunanya. Keyboard yang memiliki jangkuan layak, touchpad di tengah, lipatan layar-keyboard  dengan sudut yang baik sehingga enak untuk digunakan.
asus vivobook s14 s433

Model laptop saya yang sudah ketinggalan jaman, model laptop suami yang kaku, membuat Asus Vivobook S14 S433 layaknya oase di tengah padang pasir bagi kami.

2. Performa yang Kencang dan Bisa Ditingkatkan

asus vivobook s14 s433

Asus Vivobook S14 S433 ini merupakan seri Vivobook tertinggi yang sudah dilengkapi dengan fitur terbaik di kelasnya. Laptop ini sudah memiliki dapur Intel Core i5 10210U, yakni generasi 10 yang merupakan generasi terbaru. Prosesor generasi terbaru dari Intel ini tidak hanya bertenaga penuh, tetapi juga hemat daya. Melalui pengujian menggunakan Cinebench R20 dan PCMark 10, Vivobook S14 S433 berhasil mencapai skor yang memuaskan.
asus vivobook s14

asus vivobook s14
Meski RAM tidak dapat ditingkatkan, Asus sudah menyediakan RAM 8 GB Dual Channel sehingga kecepatannya tidak dapat diragukan lagi, kapasitas penyimpanan yang disediakan mungkin tergolong kecil, hanya SSD 512 GB. Kapasitas ini terasa kurang apalgi jika ingin memfasilitasi data permainan dan kerjaan secara bersamaan. Namun jangan khawatir, ada slot SSD tambahan sehingga kita bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan jika butuh. Ternyata tidak hanya kapasitas penyimpanan yang bertambah, slot tambahan yang berfungsi maksimal ini juga bisa menambah kecepatan laptop.

Selain itu, SSD yang ditanam pada Vivobook S14 S433 telah dilengkapi dengan Optane Memory berkapasitas 32 GB. Ini adalah teknologi eksklusif Intel yang memanfaatkan memori tambahan sebagai cache. Dengan adanya cache, SSD mampu mengakses data yang sering diakses secara lebih cepat.
asus vivobook s14 s433

Saya yang sudah terlalu lama berkubang dan terbiasa dengan laptop yang lemot pasti akan merasakan betapa ngacirnya Asus Vivobook S14 S433 ini. Suami yang selalu rewel sama kelemotan laptop, pasti tidak akan komplain lagi jika sudah memiliki laptop ini.

3. Kemampuan Baterai yang Efisien

asus vivobook s14 s433

Daya tahan baterai cukup superior. Vivobook S14 S433 mengadopsi baterai 50Whrs, lebih besar dibandingkan laptop sekelasnya. Digabungkan dengan kemampuan prosesor Intel Core 10th, Vivobook S14 mampu bertahan selama 12 jam saat diuji menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office. Suami suka rewel soal kecepatan pegisian daya barang elektronik. Sebagai contoh, malah dia yang rewel karena kemampuan pengisian daya HP saya menggunakan pengisi daya lama bisa sampai 4 jam πŸ˜…. Otomatis untuk laptop yang memiliki fungsi krusial, dia akan sangat pemilih. Beruntung, Asus Vivobook S14 S433 mengklaim bisa mengecas daya sampai 60% pada 49 menit pertama. Wow! Jadi kalau butuh laptop buru-buru, cuma menunnggu 50 menit sudah bisa terisi 60% dan dapat menikmati 7 jam tanpa mengecas.

Saya baru tahu bahwa baterai laptop bisa lebih awet kalau dicas hanya 60% dari kapasitasnya. Beruntung Asus memiliki software pengisian daya yang bisa kita pilih modenya. Baterai maksimum yang bisa diisi hingga 100%, baterai seimbang yang bisa diisi hingga 80%, dan mode baterai awet yang membatasi pengisian hanya 60% saja. Mode ini membuat batere laptop bisa awet 3-5 tahun. Dengan pengujian tanpa adapter terpasang aja bisa mencapai skor konsistensi performa 450-460, sebuah konsistensi performa yang hanya bisa dicapai oleh laptop Core i5 lainnya dengan keadaan menggunakan adapter terpasang.
 

4. Bisa Bermain Menggunakan Graphic Card Teranyar

asus vivobook s14 s433

Dari jaman kuliah, saya termasuk pemilih dalam memilih laptop. Salah satu syarat utamanya karena laptop tersebut harus ditanam Graphic Card! Alasannya jelas, karena saya butuh untuk bermain permainan komputerπŸ˜…. Makanya kalau ada mamang-mamang BEC (Bandung Electronic Center) menanyakan apakah butuh laptop yang buat ketik-ketik saja, saya agak kesal.

Bermainan permainan komputer adalah preferensi esensial kami dalam memilih laptop. Tentu saja jangan khawatir, Asus Vivobook S14 ini sudah dilengkapi dengan NVIDIA GeForce MX250 2GB. Selain itu, fitur yang mengesankan adalah kita bisa mengganti apakah mau memakai Graphic Card NVIDIA atau mau memakai yang bawaan Intel saja. Sebagai contoh, saya menggunakan NVIDIA saat ingin bermain  dan menggunakan Intel UHD saat hanya mengeblog. Fitur penggantian ini sangat membantu untuk efisiensi daya baterai sehingga bisa lebih hemat dalam penggunaanya.

Bagaimana ya kira-kira bermain GTA (Grand Theft Auto) V di laptop ini? Loh kenapa GTA V, karena ini permainan favorit saya dan memang permainan standar favorit orang-orang di laptop. Menurut Jagat Review, dengan resolusi 1080P dan campuran pengaturan normal-tinggi, GTA V bisa dimainkan dengan sangat nyaman karena bisa mendapatkan 45-50 fps. 

4. Keyboard Nyaman dan Aman Anak

asus vivobook s14 s433

Fitur keyboard merupakan fitur penting buat kami, apa gunanya laptop yang memiliki fungsi utama untuk mengetik pekerjaan malah tidak nyaman keyboardnya? Berbeda dengan Asus S14 S433 ini, mereka mengklaim menyediakan keyboard ergonomis yang mengadopsi sensasi mengetik layaknya menggunakan PC Desktop. Keyboard cukup presisi dan memiliki jangkauan menulis sesuai tangan kita. Banyak laptop yang memiliki jangkauan menulis jelek, entah terlalu sempit atau lebar, membuat kita tidak nyaman untuk melakukan pekerjaan office sehari-hari.

Ada juga fitur keyboard maha penting yang sangat berharga bagi keluarga yang memiliki anak kecil. Apakah dia? Benar sekali, SPILL RESISTANCE! Meski kita sudah berhati-hati kepada laptop kita, tidak jarang kita kecolongan oleh tingkah laku anak. Sebagai contoh kelakuan mereka menumpahkan cairan ke laptop πŸ˜’. Spill Resistance adalah  fitur besutan Asus yang hadir pada tipe Zenbook, yakni laptop kelas bisnis. Berharga sekali makanya bisa merasakan fitur ini di laptop kelas serbaguna alias Vivobook, tentunya dengan harga lebih murah dibandingkan laptop kelas Zenbook. 

Keyboard sudah didukung dengan teknologi backlit keyboard dengan 3 mode cahaya yang bisa dipilih. Fitur berarti buat saya yang terkadang suka mengetik di ruangan remang-remang agar bayi kami tidak terganggu oleh cahaya lampu meja saat ia tidur malam.

5. Ringan untuk Dibawa

asus vivobook s14 s433

Material yang digunakan adalah alumunium alloy, jadi meski memililki bobot ringan (1.41 kg), laptop ini tetap kokoh. Desainnya yang clamshell dan diamond cut design pada sisi samping juga membuat bawaan laptop menjadi mewah dan ramping. Jika ditotalkan dengan berat casan, kira-kira kita hanya membawa 1,6 kg saja.

Laptop ini tipe 14", dengan dimensi 32,4 x 21,3 x 1,59 cm. Cukup tipis untuk laptop zaman sekarang. Layar sudah full HD dengan resolusi 1920x1080 pixels dan menggunakan display nanoedge, membuat rasio layar-badannya menjadi sebesar 85%.

Ringannya laptop menjadi sangat esensial di masa sekarang, apalagi jika dicocokkan dengan gaya hidup kami. Suami tidak perlu keberatan lagi jika harus membawa laptop saat bersepeda ke kantor. Tas saya juga lebih ringan saat berpergian dan harus membawa laptop. Dimensinya juga menjadi relatif lebih kecil untuk kelas laptop tipe 14" karena rasio layar-badannya yang cenderung besar, membuat lebih hemat tempat saat dibawa maupun disimpan.

6. Menggunakan Harman/Kardon untuk Audio

asus vivobook s14 s433

Saya selalu menyukai laptop yang menggandeng perusahaan audio ternama karena membuat laptop memiliki suara berkualitas yang tidak kaleng-kaleng meski tidak memakai pengeras suara tambahan ataupun earphone. Cocok untuk menonton film ataupun menambah dramatisasi efek suara pada permainan komputer. Asus Vivobook S14 S433 ini menggaet Harman/Kardon yang reputasinya sudah tidak diragukan lagi di dunia audio. Pengeras suara laptop berada di kaki kanan dan kiri laptop.

7. Dilindungi oleh Asus Perfect Waranty

asus vivobook s14 s433

Pembelian laptop Asus sudah termasuk garansi 2 tahun dengan ASUS Perfect Waranty pada tahun pertama. Menurut saya, Asus cukup berani mengambil langkah penuh risiko seperti ini. Ini menunjukkan keseriusan ASUS dalam membesut setiap produknya. Siapa yang tidak mau coba, bahkan kerusakan laptop yang disebabkan oleh kelalaian pengguna seperti layar pecah ditanggung oleh Asus sebesar 80%. Pengguna dapat mengklaim sebanyak satu kali dan cukup membayar 20% dari total biaya. Misal total perbaikan sebesar 5 juta rupiah, kita hanya membayar 1 juta rupiah saja! Benar-benar menguntungkan. Ini cukup bermanfaat terlebih jika kita memiliki anak. Kecerobohan orang tua yang meletakkan laptop tidak pada tempatnya bisa memberi kesempatan anak kecil mencederai laptop tanpa sengaja. Semoga tidak terjadi kejadian-kejadian yang tidak diharapkan pada laptop kami 😒.

Menariknya, tidak semua tipe laptop Asus yang mendapatkan ASUS Perfect Waranty. Makanya saya sebut Asus S14 S433 ini sangat eksklusif karena memiliki keuntungan mendapatkan ASUS Perfect Waranty.

8. Fitur Premium berupa Windows Hello dan Pemindai Sidik Jari

asus vivobook s14 s433

Windows Hello merupakan fitur yang memudahkan pengguna untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Sistem pemindai sidik jari yang terdapat pada touchpad sudah terkoneksi pada Windows Hello. Fitur ini membuat Asus Vivobook S14 S433 tampak menjadi lebih premium. Login menjadi lebih praktis, laptop juga lebih aman karena tidak semua bisa memiliki akses membukanya. Ditambah dengan kecepatan prosesornya, masuk langsung ke windows dari keadaan laptop mati benar-benar hemat waktu. Dadah laptop lemot dan rempong!
asus vivobook s14 s433

Konektifitas dan Spesifikasi

Asus Vivobook S14 S433 memiliki konektor cukup lengkap. Pada sisi kiri terdapat 1 DC IN (colokan casan), 1 HDMI, 1 USB 3.2 gen 1 Type A, 1 USB 3.2 gen 1 Type C, dan 1 2.5 mm audio jack. Pada sisi kanan ada 2 USB 2.0 dan 1 USB SD card reader. Terdapat cukup banyak USB slot, yakni sebanyak 4 buah dan sudah bisa mendukung USB teknologi teranyar, USB 3.2.
asus vivobook s14 s433
asus vivobook s14 s433

Layar Asus Vivobook S14 S433 ini sudah sRGB hingga 100% sehingga cocok sekali untuk mengedit foto. Selain itu, Asus Vivobook S14 S433 sudah menggunakan WIFI 6 yang merupakan teknologi komunikasi data nirkabel generasi teranyar. WIFI 6 menjanjikan kecepatan transfer data hingga tiga kali lipat, kapasitas jaringan hingga empat kali lipat lebih banyak, dan latensi hingga 75 persen lebih rendah. Selamat tinggal browsing lamban nan memuakkan!
asus vivobook s14 s433

Kesimpulan

Asus Vivobook S14 S433 ini benar-benar cocok untuk kebutuhan keluarga kami, tepatnya kebutuhan saya dan suami. Ditunjang dengan desain kekinian, performa yang terbaik di kelasnya, hadirnya graphic card NVidia GeForce MX250 untuk gaming, kapasitas penyimpanan SSD yang bisa ditingkatkan, baterai irit, dan keyboard mumpuni, rasanya laptop ini telah memberikan lebih banyak  dibandingkan harga yang harus dibayarkan.

asus vivobook s14 s433

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baby Gear: Stroller #1 Kriteria

Halooo,,
Wah parah setelah ngecek query,  ternyata udah lama banget ga nulis, terakhir sekitar setengah tahun lalu :o Yah baiklah, untuk kembali mengkatalis tingkat keproduktifan, mari mulai menulis kembali!
Seperti layaknya mak-mak lainnya, teruma first-mom-to-be, udah pasti euforia menunggu kelahiran si lucu-lucu. Hihi. Mulai dari shopping frenzy sampe riset mencari baby gear semacam ini #eaaa. Nah bagian mencari baby gear termasuk bagian favorit saya. Kenapa? Well, emang dari dulu sih hobinya ngeriset barang yang mau dibeli. Bahkan teman perempuan saya kalau mau cari gadget suka nanya saya merekomendasikan barang apa ke mereka. Dan saya dengan senang hati merisetkan barang-barang untuk mereka :D Salah satu hasil riset saya yang paling berhasil adalah Nikon D90. Mid rangecamera yang dari bertahun-tahun lalu gw beli sampe sekarang harga belinya relatif sama dan dinobatkan salah satu kamera paling versatile. Hihi.


Back to topic!

Holycow Steak: Cara menjadi Karnivora

Jarang-jarang saya ke daerah Bintaro, atau Tangerang Selatan dan sekitarnya. Jangankan ke daerah sana, ke daerah perkotaan Jakarta saja saya malas. Punya rumah di pinggiran, Cibubur dan lagi saya pun beraktifitas pada weekday bukan di Kota Jakarta, yang mana Alhamdulillah :D.
Jadi sekalinya ke daerah Bintaro, ya tadi dalam rangka mencari pengajian karena pengajian rutin biasa sedang libur. Bintaro bagi saya daerah suburban. Pemukiman. Kebiasaan saya memang senang melihat sekitar sampai akhirnya saya melihat plang restoran Holycow tepat di pinggir jalan Bintaro sektor 5. Berhubung saya sering melihat tweet ataupun instagram teman saya, Echa berkoar-koar tentang Holycow, spontan saya langsung menjadikan tempat itu untuk anceran makan siang. Buat kalian-kalian yang serta merta penggemar kuliner Jakarta, Bandung dan sekitarnya, segera follow twitter dan instagramnya. Reviewan objektif serta jitu yang akan kalian dapatkan serta kepuasan. *punten, I take the credit for you Cha, haha.
Saya …

Baby Gear: Aprica Karoon Review

Sewaktu masih hamil hasan trimester kedua, saya udah mulai rajin buka tutup review stroller di pelbagai website. Banyak faktor yang dibutuhkan untuk memilih stroller yang pas. Pertimbangan saya dalam memilih stroller dapat dilihat di artikel saya sebelumnya mengenai kriteria stroller disini. Melihat segala kriteria saya dan budget yang dimiliki, muncul beberapa shortlisted. Namun, ternyata alhamdulillah Hasan mendapat kado stroller dari Datuk Aya. Berhubung dikadoin, saya mah pasrah apa aja. Apalagi lebih mahal dari budget kita hehe. Stroller yang dikasih Aprica Karoon. Seperti ini penampakannya.