Band Alternative rock dan Perubahan Sudut Pandang Musik Mereka

2 komentar
Setelah sedikit lama apatis dari dunia permusikan jaman sekarang,,
Kini saiah ingin sedikit menjejakkan kaki lagi ke dalam musik jaman sekarang lagi. Bermula dari reviewan di sebuah milis, mengenai Panic at the disco yang mulai mencoba-coba bereksperimental dan kesan album Sgt. Peppernya beatles di album terakhir mereka. Album terakhir ini influence mereka lebih bergeser ke The Beatles dan The Beach Boys. Terlihat dari gaya pakaian mereka ketika di poster ataupun musiknya sendiri. Penggunaan Harmonisasi vokalnya juga lebih banyak
Tidak cuma Panic at the Disco, masih ada My Chemical Romance (MCR), pada album The Black Parade, konsep musiknya mulai agak berubah meskipun tidak seekstrim Panic at The Disco. MCR mulai menggeser influencenya ke arah musik rock 70-80-an(atau memang awalnya begini?) seperti Queen, Pink Floyd (??????) dan David Bowie. Kostum yang mereka pakai di album terakhir ini [juga] terinspirasi dari Sgt. Pepper (lagi?). Entahlah,,saiah belum mendengar ketiga album mereka secara lengkap.
Franz Ferdinand, salah satu band yang saiah ikuti perkembangannya sejak album pertama. Berkat si Elmo, gw jadi bisa dapet bootleg dan singlenya (tanx! :D). Di album ketiga mereka yang akan rilis awal tahun ini, mereka menambah sudut pandang musiknya ke arah musik-musik Afrika dan penggunaan Synth (wow!). Terlihat dari single terbaru Ulysses dan yang sebelumnya, Turn it on.
Apa kesamaan dari 3 band diatas? Tiga-tiganya sama-sama mengusung musik dengan basis Alternative Rock, gw sedikit tidak sependapat kalau MCR dan Panic terkategori Emo. Bagi saia emo lebih ke Saosin, The Used dan Avenved Sevenfold (tapi A7x lebih ke metal sih). Yah, meskipun untuk kasus Franz Ferdinand saiah kekeuh mereka lebih ke Disco Punk. Sebenarnya ada satu lagi, Fallout Boys. Cuma saiah belum menemukan sesuatu. Kemudian 3 Band di atas tiba-tiba di album terakhir masing-masing sedikit berubah dari kealternative rock-an mereka, yah, meskipun masih banyak bekas Alternative rocknya.
Akhir-akhir ini saiah ingin melihat lebih lanjut tentang 2 hal, yang pertama, perubahan aliran ini, yang kedua,,,ehm,,,,jazz :D. Saiah belum mendengar secara lengkap semua album mereka (kecuali Franz Ferdinand). Saiah jadi sangat ingin mereview tentang ini. Mungkin setelah UAS nanti saiah ingin benar-benar mendengarkan semua album mereka dan membaca beberapa referensi lalu menuliskan reviewannya dari berbagai hal dan sudut pandang yang ingin saiah tulis. Semoga!

2 komentar

  1. nah, don't worry mereka cuma dengerin doang koq lagu2 Afrika itu.
    buat album teteup ke disco punk nya.
    emang wartawan2 aja sotoy :p

    BalasHapus
  2. hohoho,,,harus dunk,,disco punk!! lagu franzy suka menggelitik telinga :D

    BalasHapus