5 Rekomendasi Game Online Edukasi Saat Liburan Sekolah

30 komentar

Main game tidak selamanya buruk, makanya nih aku kasih rekomendasi game online edukasi untuk mengisi liburan menjadi lebih bermanfaat!

rekomendasi game online

Banyak yang menyepelekan kegiatan main game bagi anak-anak. Pun, penggunaan gadget bagi anak-anak pun menuai pro dan kontra di kalangan para ahli parenting dan orangtua. Keluarga kami termasuk yang masih memberikan akses gadget dengan sangat terbatas. Anak-anak hanya boleh menonton TV maksimal 2 jam per-hari. Di akhir pekan, si sulung boleh main Nintendo Switch.

Di era digitalisasi ini, kami menganggap mau tidak mau anak-anak harus berkenalan dengan gadget cepat atau lambat. Oleh karena itu kami harus memastikan bahwa konten yang diterima saat penggunaan gadget harus bermanfaat sebanyak mungkin. Sebagai contoh, kami mengarahkan untuk menonton tontonan yang berkualitas. Contohnya KABI, sebuah channel Youtube tentang kisah para nabi dan sahabatnya dengan cara yang menyenangkan.

Bagaimana dengan game? Main game jika diberikan batasan-batasan yang tepat juga bisa memberikan efek yang positif. Masih ingat terpatri di ingatan, beberapa teman saya semasa SMP yang sangat jago berbahasa Inggris malah banyak belajar Bahasa Inggris dari game! Lebih tepatnya dari Game Suikoden, ada yang pernah main juga?

Berangkat dari pengalaman yang sama, saya juga ingin mengenalkan gamebermanfaat yang secara tidak langsung membuat anak-anak belajar dengan cara menyenangkan tanpa tertekan. Pasalnya banyak game yang sulit ketersediannya tanpa akses gadget memadai. Sebagai contoh, Game Suikoden yang dimainkan teman saya harus punya konsol Playstation terlebih dahulu. Banyak game komputer juga membutuhkan kapasitas penyimpanan Hard Drive yang besar dan juga spek komputer yang mumpuni. Tidak semua orang bisa memilikinya.

Sampai saya menemukan sebuah situs game online yang bisa diakses dimainkan dimanapun juga dan oleh siapapun juga.

Tanpa butuh spek komputer yang besar. Penasaran?

Rekomendasi Situs Game Online Edukasi

Ternyata ada situs games online edukasi yang bisa kamu akses dimana pun itu, asal punya koneksi internet. Kamu bisa langsung CEK DI SINI!

Hampir ratusan game online edukasi yang dapat kamu pilih di sini. Rata-rata berbasiskan tentang uang. Anak secara tidak langsung akan belajar bagaimana cara menghasilkan uang, memanajemen uang dan menghitung uang saat ingin membelanjakan sesuatu. Sangat menarik bukan?

Ada 12 kategori game online edukasi berbasiskan uang. Apa saja?
  • Game menghasilkan uang
  • Game mengelola properti
  • Game cryptocurrency
  • Game simulasi pertanian
  • Game manajemen toko
  • Game simulasi restoran
  • Game simulasi bisnis
  • Game pengembangan perangkat lunak
  • Game simulasi perkantoran
  • Game manajemen lingkungan
  • Game berdasarkan karakter populer
  • Game lainnya

Jadi tidak hanya main saja, tapi juga sekaligus belajar. Dari sekian banyak game yang bisa kamu pilih, ini 5 rekomendasi game online edukasi favorit saya!

1. LEGO City Adventures Build and Protect

rekomendasi game online

Ini adalah game online favorit saya dari situs kumpulan link tersebut, makanya saya jadikan rekomendasi nomor wahid, hehe.

Buat yang anaknya suka LEGO, sudah pasti senang main game online edukasi ini. Saya saja yang sudah dewasa sempat ketagihan mainnya hingga sampai upgrade ke kota berikutnya. Karena game ini berbasiskan riwayat cache penggunaan browser, game ini seolah-olah bisa di-”save” asal masih menggunakan satu gadget. Misalnya kamu berhenti bermain hari ini, besok saat kamu mengakses situs game online LEGO ini, kamu bisa melanjutkan progress game paling terakhir. 

Menarik bukan?

GAMEPLAY:
Kota pertama-mu berupa 25 lahan yang bisa dibangun beberapa properti berdasarkan ketersediaan LEGO yang kamu punya. Untuk mendapatkan stok lego, kamu harus menggali dengan biaya tertentu yang akan terus naik. Semakin banyak menggali maka harga tiap galian akan makin mahal. Tiap properti menghasilkan uang (kecuali Kantor Polisi dan Pemadam Kebakaran) dalam jangka waktu tertentu. Kadang-kadang terjadi pencurian dan kebakaran yang harus dipadamkan dengan cara mengklik tetikus berkali-kali. Kalau gagal memadamkan, maka properti kamu hangus dan harus dibangun ulang.

2. Grocery Cashier

rekomendasi game online

Game ini cukup sederhana tetapi sangat cocok untuk anak SD kelas 1 sampai 3. Anak akan belajar menggunakan kalkulator dan belajar berhitung yang langsung bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Total belanjaan berapa? Berapa kembaliannya?

Skill yang penting banget, bukan? Apalagi kalau bukan supaya tidak ditipu penjual warung saat mendapatkan kembalian uang, hehe.

GAMEPLAY:
Kita berpura-pura menjadi kasir. Pemain akan memasukkan angka di mesin kasir sesuai harga belanjaan. Setelah muncul harga total, pelanggan akan memberikan uang atau voucher. Selanjutnya, pemain akan menghitung berapa kembaliannya dan menggunakan uang pecahan apa.

3. Farm Town

rekomendasi game online

Sekarang kita berpura-pura jadi petani, lebih tepatnya pengusaha ladang. Kita belajar bagaimana mengurus ladang, mulai dari menentukan kapan membeli gandum dan tanaman yang lain. Kapan kita mau mengupgrade truk agar distribusi lebih cepat. Tiap level memiliki target yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu.

GAMEPLAY:
Tentukan tanaman yang akan dibeli. Ada waktu sebelum tanaman tersebut dapat dipanen. Lumbung memiliki slot terbatas. Kemudian kamu harus memindahkan stok di lumbung ke truk untuk didistribusikan agar menghasilkan uang. Uang yang didapat bisa untuk membeli tanaman pangan lainnya sehingga cashflow lebih cepat terkumpul untuk membeli mesin, upgrade teknologi dan ekspansi lahan. 

4. Coffee Shop

rekomendasi game online

Cocok untuk anak yang sudah lebih besar dan orang dewasa. Game online edukasi ini benar-benar mirip sekali dengan simulasi bisnis kafe di dunia nyata. Tiap hari sebelum buka toko, kita harus membeli gelas, kopi, gula, dan susu dengan modal awal yang dimiliki. Pembelian harus pas, jangan sampai kebanyakan beli gelas tapi terlalu dikit beli kopi, nanti rugi donk!

Kalau kamu sudah benar menentukan strategi pembelian, kamu juga bisa mengatur harga jual dan menentukan takaran resep. Benar-benar simulasi game online edukasi yang keren sebelum kamu memutuskan membuka kafe.

GAMEPLAY:
Tentukan jumlah gelas, kopi, susu, dan gula yang ingin kamu beli. Tentukan harga jual kopi. Saat game berjalan, ada suhu yang mempengaruhi kecenderungan pelanggan membeli kopi. Di akhir penjualan, akan muncul grafik omset dan kepopuleran kopi yang kamu jual. Atur harga jual dan kembangkan resep untuk mendapatkan penjualan dan popularitas maksimal dari penjualan kopi.

5. Construct A Bridge

rekomendasi game online


Game online edukasi ini cocok untuk anak SMA yang sudah memiliki konsep dasar tentang fisika. Game ini juga cukup sulit bagi orang dewasa. Kita dituntut untuk membangun jembatan dengan hanya menentukan rangkanya saja agar mobil bisa menyeberang. Semakin tinggi level, semakin panjang juga jembatan yang harus kita bikin konstruksinya. Tertarik menerima tantangan?

GAMEPLAY:
Peraturan sederhana, tinggal menentukan rangka jembatan yang maksimal panjang tiap rangka tidak sembarangan.

Main game online tidak selamanya buruk…

Saya yang orang dewasa dan gemar asah otak, jujur menemukan kesenangan dan manfaat tersendiri dari main game online. Main game online untuk anak bisa memberikan manfaat, asal konten yang diberikan diatur dan dibatasi waktu mainnya.

Rekomendasi game online yang aku berikan di atas hanya sebagian kecil dari puluhan hingga ratusan game online yang ada di website tersebut. Mana rekomendasi game online favoritmu?

30 komentar

  1. Yappo setujuu banget
    game online banyak yg edukatif kok
    pokoknya kita yg kudu piawai memilah dan memilih yaa

    BalasHapus
  2. wah banyak juga rekomendasinya saya jarang main games tapi suka dampingin keponakan kalau main games dan rasanya belum pernah melihat games ini di hp dia, bisa saya rekomendasikan ke dia apalagi berbasis edukasi bagus ada manfaatnya pastinya

    BalasHapus
  3. Anak saya juga suka banget main Lego. Bakalan senang ia kalau saya kasih tahu ada game Lego ini
    Terimakasih banyak informasi nih
    Gak sabar pengen kasih kabar bagus ini ke anak

    BalasHapus
  4. Game edukasi online dapat menjadi cara yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak untuk belajar berbagai macam hal, seperti matematika, sains, bahasa, dan sejarah. Game ini biasanya dirancang dengan cara yang menarik dan interaktif, sehingga anak-anak akan termotivasi untuk terus bermain dan belajar.

    BalasHapus
  5. Aku suka, nih game permainan semacam farm town. Berkhayal punya kebun sendiri yg ditanamkn sesuka hati. Selama mengefukasi memang sah2 saja yaa, asal jngn lupa waktu. TFS kak

    BalasHapus
  6. Wah banyak juga referensinya, kebetulan aku lebih suka anak-anak main game yang ada unsur edukasinya, jadi ada banyak manfaat yang bisa didapat selain sebagai hiburan untuk anak-anak yang sedang liburan semester tapi di rumah saja.

    BalasHapus
  7. Main game online tetap menyenangkan kok asal tidak berlebihan dan berbatas waktu, memang permainannya menarik sih sehingga banyak anak yang suka dengan game online

    BalasHapus
  8. Saya juga yang suka main game sampai sekarang. Emang tidak selamanya main game itu buruk, selama waktu bermain dan jenis mainannya yang mendatangkan manfaat... aku penasaran sama game coffe shop nya sepertinya seru

    BalasHapus
  9. walaupun game online tapi gamenya ga hanya sekedar untuk bersenang-senang ya, ada belajar matematika dan fisika juga. Selain itu tidak hanya untuk anak SD saja tapi juga bisa dimainkan hingga anak SMA bahkan orang dewasa ya

    BalasHapus
  10. Orang tua harus benar-benar cermat ya....dalam memilih game online ini. Jangan ill feell dulu ada juga game online yang mengedukasi. Maksih Infonya

    BalasHapus
  11. Makanya saya gak pernah melarang anak-anak saya main game online. Saya juga suka main game online. Lagian memang banyak yang edukatif. Selama masih bisa dikontrol ya gak apa-apa.

    BalasHapus
  12. Sampai saat ini masih belum.bisa nerima anak-anak main game.. tapi game ini jadi auto pingin kasih ke anak-anak

    BalasHapus
  13. Wah ini cocok untuk direkomendasiin ke anak anak. Biar mereka belajar sambil bermain. Apalagi pilihannya banyak tuh gamenya.

    BalasHapus
  14. anak-anak saya juga suka mbak main game online di komputer tapi mereka masih belum biasa sih sama mouse-nya jadinya sering pusing sendiri pas main game hihi

    BalasHapus
  15. Jangankan untuk anak-anak, akupun kalau di suruh main game ini juga mau, seru banget 🤣

    BalasHapus
  16. Aku suka banget main games strategi dengan bangun kota dan berbisnis.
    Hehe, malah takut kalo ada berantem berantemnya.
    Games online memang semenyenangkan itu yaa.. Tapi semoga anak-anak gak terjebak toxic comment dari pemain lain yang gak bertanggungjawab.

    BalasHapus
  17. main game itu kadang selingan kalo lagi blocking saat garap kerjaan atau nulis apalah, hehe, karena kita udah dewasa bisa lebih kontrol ya, alias lebih sadar banyak kerjaan menanti klo kita ga udah udahan mainnya hahaha

    BalasHapus
  18. Kok bagus-bagus ya game nya 😍 jadi mupeng.
    Saya paling suka main game, apalagi kayak game edukasi gitu.
    Kayak membangun pertanian, membangun kota, duh bisa seharian tuh saya mainnya dulu 😅

    BalasHapus
  19. Favorit ku adalah game simulasi pertanian. Seneng pas nanem-nanem dan pas panennya. Berasa jadi pengusaha pertanian, hehe. Game online MMG tidak melulu buruk ya, kak, ada juga keuntungannya.

    BalasHapus
  20. Aku tertarik dengan coffee shop karena engga asal beli bahan modal buka kafe, perlu perhitungan yah. Berasa simulasi bisnis. Mau coba ah mumpung masih liburan biar ada sesi belajar bisnis dengan anak.

    BalasHapus
  21. Main game online bisa belajar bisnis juga ya jadi ada edukasinya bagus juga nih buat anak anak

    BalasHapus
  22. Nah kalau game online-nya edukatif, aku setuju banget anak memainkannya dengan batasan waktu. Grocery cashier menarik nih, mau coba ah untuk anak aku.

    BalasHapus
  23. Permainan Lego membuat memoriku akan masa kecil terulang kembali... Sungguh indah masa-masa itu

    BalasHapus
  24. Anakku selama liburan ini juga ngegame terus tiap hari. Aku belum bisa ajak jalan-jalan soalnya. Game nya free fire. Seperti bagus jiga dikasih rekomendasi game disini

    BalasHapus
  25. Liburan sekolah bikin anak bosan tentunya ya kak. Daripada bosan mending main game online tapi tentunya ada edukasi agar anak juga tetap belajar

    BalasHapus
  26. kesukaan anakku main LEGO City Adventures Build and Protect di laptop mbak. Katanya seru banget hehe. Menurutku permainannya emang seseru itu, dan aman untuk usianya. Gratis pula.

    BalasHapus
  27. Terkadang gapapa sih main game, asal bisa pilah-pilih game yang bermanfaat seperti beberapa game diatas. Buat refresing otak dan membuang rasa jenuh dari rutinitas.

    BalasHapus
  28. Pastinya seru deh main games, apalagi games kesukaan dan gak perlu install ya kak. Sehingga sat set buat melepas penat

    BalasHapus
  29. Wah ini pas libur dapat rekomendasi games. Gamesnya simple tapi fi dalamnya kita seperti sedang belajar sekaligus bermain

    BalasHapus
  30. Wah rekomendasi yang bagus mbak. Zaman digital sekarang memang mustahil utk memisahkan anak dengan gadget, kita hanya perlu mengarahkan anak agar menggunakan nya ke arah yg positif

    BalasHapus