5 Rekomendasi Tempat Wisata Pangandaran yang Underrated Bagi Keluarga

9 komentar
“Masih pulang besok kan? Yuk besok dari jam 3 kita berangkat ke Pangandaran, bagus-bagus disana. Sekalian beli ikan, murah-murah dan segar disana!” Ajak tante (rahimahullah) impulsif, beberapa bulan/tahun lalu.

 


Masih segar terpatri di ingatan, tante yang sering secara impulsif mengajak kami ke Pangandaran setiap kami menginap di rumah Bandung. Apakah saya pernah ke Pangandaran? Lupa-lupa ingat. Rasanya pernah tapi lupa gimana rasanya. Mungkin pas masih kecil ya.

Semakin sering disinggung Pangandaran, semakin penasaran buat merencanakan liburan ke Pangandaran. Yah, meski agak kurang realistis karena jarak ke Pangandaran dari Jakarta cukup jauh, 8 jam lebih!

Orang Bandung biasanya doyan mencari hiburan pantai di Pangandaran. Ternyata di Pangandaran tidak sekedar pantai, tapi berbagai wisata alam yang indah. Memang ada apa aja sih di Pangandaran?

Rekomendasi Tempat Wisata Pangandaran

Di Pangandaran tidak sekedar wisata pantai, tapi juga cagar alam, ngarai, sungai. Wah komplit ya. Sini aku bocorin beberapa tempat wisata Pangandaran yang bikin kamu merasa tidak cukup cuma menginap hanya 2 malam saja.

1. Pantai Madasari


Tidak tahu apa-apa soal Pangandaran, Pantai Madasari adalah rekomendasi tempat wisata Pangandaran pertama yang saya incar. Sesimpel karena penginapan yang saya incar ada di area sana sih, hehe. Terletak di sudut timur menghadap teluk Pangandaran. Pantai Madasari memiliki pasir berwarna hitam. Karena belum banyak terjamah, jadi pantai ini masih terasala asri dan alami. Akses jalanan menuju ke Pantai Madasari juga belum terlalu bagus.

Pantai ini memberikan pemandangan pulau-pulau yang terhampar padu di kejauhan. Batu Karangnya unik dan pantainya landai sehingga cocok untuk main pasir di pantai. Tapi pantai ini agak bahaya untuk main ombak mengingat reputasi pantai selatan dengan ombak cukup kencang. Kamu juga bisa berkemah dan melakukan kegiatan outbound di sini sambil menikmati suara deburan ombak dan memburu matahari terbit.

2. Green Canyon


Tidak jauh dari Pantai Madasari, terdapat objek wisata Green Canyon. Rekomendasi tempat wisata Pangandaran ini cukup beken di kalangan teman-teman mahasiswa. Uniknya, Green Canyon ini dipopulerkan oleh Warga Prancis pada tahun 1993. Orang Sunda sendiri menyebutnya dengan Cukang Taneuh yang artinya jembatan tanah.

Merupakan plesetan dari Grand Canyon yang berada di Amerika, Green Canyon berbentuk ngarai yang terjadi akibat erosi tanah dari aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun lalu. Ngarai ini menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang menawan.

Untuk mencapai Green Canyon, kita harus menyewa perahu kayuh dari dermaga Ciseureuh dan menempuh perjalanan 30-45 menit. Jangan khawatir, sudah banyak kok agen wisata yang menyediakan tur perjalanan Green Canyon dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 200.000/sampan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Grand Canyon mulai dari main kayak, berenang, memancing, panjat tebing, atau cuma sekedar menikmati pemandangan alam saja.

3. Pantai Batu Karas


Pantai Batu Karas juga termasuk rekomendasi tempat wisata Pangandaran yang paling terkenal. Pantainya landai dan ombaknya tenang membuat pantai ini menjadi primadona turis karena nyaman dijadikan sebagai tempat mandi pantai. Belum lagi kita juga disuguhkan pemandangan yang indah dari pantai yang bersih dan batu hiu yang terlihat. Di sini selain berenang, kamu juga bisa berselancar dan berkemah.

Banyak penginapan di sekitar pantai Batu Karas, salah satunya pondok wisata yang dikelola langsung oleh Disparda Kabupaten Ciamis.

4. Citumang (Green Valley)


Ada Green Canyon, ada juga Green Valley.

Dikenal juga dengan Citumang, merupakan sungai yang mengalir membelah hutan jati dan goa dengan air yang jernih kebiruan. Di badan sungai terdapat batu-batu padas dengan relung yang dihiasi relief alam aliran sungai. Green Valley bisa dicapai dengan berjalan 300 meter dari pintu masuk.

Citumang sendiri berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, si Tumang yang berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar membuat nama sungai yang melintasinya bernama Citumang. 

5. Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran


Di tengah Kabupaten Pangandaran, ada ujung daratan yang lokasinya dijadikan TWA Pangandaran. Daerah kawasan konservasi wisata alam ini dikelola oleh Perum Perhutani. Disini banyak terdapat goa-goa dan kawasan karst yang masih alami serta flora dan fauna yang masih cukup banyak jenisnya. Salah satu jenis fauna yang banyak terdapat di TWA Pangandaran adalah jenis primata.

Terdapat Goa Cirengganis di taman wisata ini yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya serta kepercayaan masyarakat lokal terhadap gua ini.

Menginap di Mana?

Wah, dari yang sebelumnya saya cuma pernah dengar soal Pantai Madasari dan Pantai Batukaras saja, ternyata ada banyak objek wisata alam di Pangandaran yang tersebar di penjuru Kabupaten Pangandaran. Kayaknya ke Pangandaran tidak cukup cuma menginap 1-2 malam di 1 penginapan, tapi idealnya bisa 4-5 malam biar bisa merasakan banyak objek wisata alam sekaligus. 

Ada banyak rekomendasi Hotel Murah di Pangandaran yang bisa kamu eksplor mulai dari Rp 85.000 semalam. Dengan hanya Rp 600 ribu, kamu bisa menghabiskan seminggu menginap di area Pangandaran.

Bagaimana? Menarik bukan?

9 komentar

  1. Banyak juga tempat wisata yg memesona begini. Tp paling bkin penasaran malah legenda buaya Tumang yg akhirnya jd nama Citumang.

    Yg lainnya tetep indah, viewnya cantik banget😍kalau terus terjaga kbersihannya pasti bakal asri banget seterusnya

    Apalagi TWA juga bener2 diurus ya jadinya pasti lestari

    BalasHapus
  2. Menariikk!!! Beberapa kali naik kereta ke Jawa dari Bandung, selalu ada bule2 yang naik kereta sampai pangandaran, bawa2 papan surving pula. Pengen ke sana tapi masih bingung sama penginapan dan transportasinya ehehehe.

    BalasHapus
  3. Wah ternyata banyak juga tempat wisata di Pangandaran, jadi ngak hanya wisata pantai, jadi kepingin ke Pangandaran tapi kalau Lebaran pasti rame ya, harus nginep nih apalagi tarif hotelnya juga bervariasi, cusslah ke Pangandaran bareng keluarga.

    BalasHapus
  4. wisata air ini jadi favoritku banget sih, karena berasa menyejukkan. Healing di wisata air ini bikin hati tenang. Aku penasaran dengan Citumang nih, pengen kesana

    BalasHapus
  5. Wah, pas banget Mbak, saya lagi butuh info ini. Beberapa kali ingin ke Pangandaran, tapi bingung daerah mana saja sih yang harus dikunjungi. Terutama tempat main di pantai yang ombaknya relatif aman. Kalau dilihat di sini, sepertinya Batu Karas cocok juga ya. Wisata pangandaran ini kebetulan memang sedang sering lewat di timeline medsos hehehe, jadi rasanya menarik juga kalau bisa pergi ke sana.

    BalasHapus
  6. pas baca Pantai Batu karas langsung ingat sama novel Rapijali Dee Lestari yang salah satu setting lokasinya di sana. berharap banget euy rapijali difilmkan kayak perahu kertas dulu

    BalasHapus
  7. Pangandaran memang banyak tempat wisatanya ya.. Hotelnya ringan biayanua nih kalau liburan keluarha bisa nih untuk destinasi wisata

    BalasHapus
  8. masyaallah indahnya alam Indonesia, banyak wisata airnya ya, bisa jadi referensi nih saat main ke Pangandaran, ada referensi tempat menginap pula, terima kasih ya Kak

    BalasHapus
  9. Pangandaran ini wisatanya bagus-bagus banget ya kak... Wah seru banget kalau berwisata bareng keluarga disana.

    BalasHapus