Lebih Dekat dengan Keluarga Bersama Aplikasi Jagat

12 komentar

Mungkin percakapan seperti ini tidak terjadi andai kami belum mengenal Jagat App.

“Ga bales-bales lama banget. Sekarang sudah sampai dimana? Masih operasi?” Tanya saya tidak sabar setelah melihat status akun Telegram suami Last Seen 4 hours ago.

Suami adalah seorang dokter bedah tulang yang memiliki jadwal kerja cukup sibuk. Salah satu waktu dimana dia bisa menghilang cukup lama adalah waktu operasi. Sebenarnya dia sering bilang sih sebelum memulai operasi, apalagi operasi besar yang memakan waktu cukup lama. Tapi ya kan, kalau lama tidak dibalas bawaanya bikin hati tidak karuan.

Tidak hanya itu, sepeda adalah moda transportasi utama suami untuk berangkat dan pulang kerja. Kalau tidak ada hambatan, kurang lebih waktu perjalanan memakan waktu 1 jam. Namun, jujur kerap terbersit kekhawatiran di hati istri, sedang berada dimana suamiku? Mau di-chat juga percuma, mengingat tidak akan dibalas karena dia sibuk fokus mengemudikan sepedanya,

Sejauh ini sih komunikasi soal “hilang dalam radar chat” sih aman, tapi kayaknya kok bakal lebih menenangkan kalau bisa mengetahui lokasi dimana suami ya? Haha.

Akhirnya iseng lah saya mengunggah aplikasi Jagat di gawai saya. Juga di gawai suami.

Yuk mengenal Aplikasi Jagat!



Jagat App adalah aplikasi sosial yang memiliki fitur utama berupa berbagi lokasi. Loh, tapi kan banyak aplikasi yang bisa berbagi lokasi, Whatsapp dan Telegram juga bisa.


Eits, tunggu dulu, Aplikasi Jagat bukan aplikasi sharing lokasi biasa! Bisa dibilang, aplikasi jagat semacam gabungan aplikasi sosial dan semi-augmented reality.

Saya menjadikan gawai saya dan suami sebagai beta tester (pribadi) untuk mencoba seberapa fungsionalnya aplikasi ini. Ternyata..

Fitur Aplikasi Jagat yang bisa menambah kedekatan dengan keluarga

Mungkin saya tidak menggunakan aplikasi Jagat untuk menambah teman baru. Namun, menurut saya aplikasi Jagat ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan untuk menambah kedekatan dengan keluarga.

1. Berbagi Lokasi


Jujur aplikasi Jagat ini ternyata bukan sembarang aplikasi berbagi lokasi. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah ternyata aplikasi Jagat ini juga menampilkan persentase baterai pengguna. Ini artinya kalau tiba-tiba suami saya tidak balas pesan saya dan kemudian cek aplikasi Jagat, oh ternyata gawainya habis baterai.

Selain itu, Aplikasi Jagat juga bisa bekerja tanpa kita harus terus membuka aplikasi ini. Jadi, saat sang suami tidak membalas karena sedang bersepeda, saya bisa melacak posisi suami saya.

2. Unggah Foto & Video


Bisa berbagi lokasi, rasanya tidak lengkap jika tidak ada fitur unggah foto dan video. Nah, kamu bisa melakukannya di fitur NOW. Foto dan video yang kamu unggah secara real time akan muncul di peta Jagat dan pengguna lain bisa melihatnya. Tidak hanya teman, tetapi stranger juga bisa. So, be wise to upload your photo in NOW.

Oh ya, foto dan video yang kita unggah akan hilang dalam waktu satu hari ke depan.

Saat mengeksplorasi fitur NOW ini, saya memiliki kekhawatiran terhadap foto dan video apa yang diunggah oleh pengguna Jagat. Saya mengkhawatirkan akan adanya foto-foto tidak layak tampil yang muncul. Untungnya, selama ini saya belum lihat foto-foto NOW yang tidak pantas dilihat. Semoga pihak Jagat kedepannya memiliki prosedur otomatis dalam menyeleksi foto yang tampil di peta Jagat.

3. Menambah teman dengan mudah


Ada beberapa cara menambah teman. Teman ini dalam artian, kalau kita sudah menambahkan mereka, maka mereka bisa melihat posisi kita secara real time. Begitu juga dengan kita yang bisa melihat posisi mereka. So add your friend wisely. Karena saya bermaksud menggunakan aplikasi Jagat untuk orang-orang tercinta saja, maka tampaknya saya hanya akan menambah teman dari kategori keluarga saja.

Bagaimana cara menambah teman dengan mudah di aplikasi Jagat?

a. Scan QR code

Inilah adalah fitur penambah teman pertama yang saya temukan saat menggunakan aplikasi Jagat. Gampang saja, tinggal pindai barcode teman via menu “add friends”. Bahkan bisa juga menambah teman hanya menggunakan aplikasi kamera gawai.

b. Fitur Cheers

Ini fitur yang unik dan cocok kamu yang tidak suka rempong. Tinggal buka aplikasi Jagat dari gawai dan saling mengayunkan gawai masing-masing. Voila, kamu dan teman kamu langsung menjadi “friend”

c. Melalui ID

Masih bingung, cara tambah teman ini paling tradisional. Tinggal memasukkan ID teman yang ingin kamu tambahkan

d. Melalui NOW

Kamu juga bisa menambah teman langsung berdasarkan pengguna Jagat yang sedang mengunggah foto NOW

5. Personal footprint


Nah ini yang menarik dari aplikasi Jagat. Kita bisa melihat kemana saja kita beredar dari sejak kita menginstal aplikasi Jagat. Ini cocok banget bagi kamu yang hobi pelesir dalam maupun keluar kota. Bisa menjadi kenang-kenangan rekam jejak kita. Bahkan, kita bisa menjadikan data personal footprint ini untuk merencanakan perjalanan liburan ke depannya.

Oh ya, personal footprint ini bisa kita setel siapa saja yang bisa melihatnya: Semua pengguna, teman, atau hanya kamu. Karena saya bermaksud menggunakan Jagat dalam lingkaran keluarga saja, maka saya akan menghidupkan opsi teman yang bisa melihat.

6. Planet

Jagat Planet merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar-gambar dengan hashtag yang sama dan menggabungkannya menjadi satu entitas visual yang disebut dengan ‘planet’. Fitur ini mengumpulkan dan menghubungkan momen-momen yang terkait dengan topi atau tema tertentu dalam satu tempat yang menarik.

Dengan kata lain, kalau kamu lagi gabut, fitur planet ini cocok banget untuk dieksplor. Misalnya sekarang sedang ada #Cat di Jagat Planet. Artinya saya bisa melihat berbagai macam foto kucing yang diunggah oleh pengguna lain di seluruh dunia.

7. Room


Ini adalah fitur yang menarik, karena kayak main simulasi, hehe. Jadi di Jagat kita juga bisa bikin Avatar. Tentunya kemungkinan kita “mendadani” avatar tergantung dari seberapa jauh kita sudah mengeksplor aplikasi Jagat. Selain itu, ada room yang “unlocked” dengan berbagai syarat seperti jumlah minimal teman dan berapa jam sudah kita habiskan di Jagat.

Nah, menariknya di Room adalah kita bisa mengundang teman yang kita ingini untuk berinteraksi di room tersebut. Cocok nih buat para pejuang LDR untuk sekedar lucu-lucuan, hehe.

Tertarik dengan Aplikasi Jagat?

Aplikasi Jagat tersedia hampir di semua platform! Tinggal meluncur ke App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android Phone. Saya sudah mencoba menggunakan aplikasi Jagat melalui kedua sistem operasi tersebut, sama-sama mendapatkan pengalaman yang menyenangkan!

Setelah mencoba aplikasi Jagat, rasanya ingin saya promosikan ke keluarga-keluarga terdekat saya untuk menggunakan karena begitu menarik dan fungsionalnya aplikasi Jagat.

Kalau kamu ingin lebih tau soal aplikasi Jagat, bisa kepoin ke sosial medianya di Instagram: @jagatapp_id dan di Tiktok: @Jagatapp_id.


12 komentar

  1. Menarik banget nih aplikasi Jagat. Penasaran saya pengen mencoba semua fiturnya. Akurat gak ya....
    Pastinya ya. Secara ini ternyata udah lama juga ya adanya

    BalasHapus
  2. Lucu ih aplikasinya, baru tahu ada aplikasi kayak gini, kepo ah...

    BalasHapus
  3. Wah aku juga suka khawatiran orangnga mbak. Suami meksi kantormya hanya ditempuh gak sampai 15 menit aja .kalo dah sampai kantor sja ngabarin. Kalo pakai jagat kita jadi tahu titik lokasi nya ya .boleh juga nih

    BalasHapus
  4. Wah, menarik ini aplikasinya
    Bisa tahu titik lokasi suami dan anak juga saat keluar rumah ya mbak

    BalasHapus
  5. Seru yaa.. aplikasi JAGAD ini.
    Kayanya dari semua apps yang bisa share loc, Fitur Aplikasi Jagat ini yang paling lengkap.

    BalasHapus
  6. Menarik juga aplikasi Jagad ini. Kaya semacam medsos juga ya ini. Asyiknya bisa share lokasi. Jadi penasaran sama app ini. Bisa bangun pertemanan juga. Pastinya asyik.

    BalasHapus
  7. Aplikasi Jagat ini semacam GPS tapi lebih terintegrasi ya Mbak? Bisa memantau atau saling cek posisi teman atau keluarga yang sudah terkoneksi dengan kita. Hanya mungkin bisa lebih private ya sepertinya settingan-settingannya. Menarik banget.

    BalasHapus
  8. Ini aplikasinya menarik sekali. Bisa buat menambah kedekatan keluarga. Gratis kah aplikasi ini?

    BalasHapus
  9. Wah menarik nih aplikasinya Kak, jadi ingin cobain juga, sekalian bisa tahu keberadaan orang terkasih ya hehehe, daripada saya suudzon kan ya

    BalasHapus
  10. Baru tahu ada aplikasi Jagat ini. Keren banget ya bisa melacak posisi kita dimana dan sharing apa aja.

    BalasHapus
  11. aplikasi jagat ini memang pas banget digunakan seluruh anggota keluarga ya, mbak jadinya kita bisa tahu anak dan suami lokasinya di mana bukan sekadar karena kepo tapi demi keamanan bersama juga kan yaa

    BalasHapus
  12. Aku belum punya aplikasi i ni, keren ini sih kalo bisa berbagi lokasi maacam drakor itu ya kak sama pasangan.

    BalasHapus