5 Tips Lulus Seleksi CPNS, Menjadi ASN kini bukan Mimpi Lagi

Tidak ada komentar
Menjadi Aparatur sipil negara (ASN) masih menjadi mimpi bagi sebagian orang, bagaimana tips lulus CPNS?

seleksi cpns

Layaknya SPMB (eh ketahuan deh umurnya), tes seleksi CPNS menjadi momok bagi beberapa orang yang sangat bercita-cita menjadi ASN. Meski menjadi ASN di jaman sekarang bukan menjadi impian utama di masyarakat, nyatanya banyak yang masih menapaki seleksi CPNS demi lolos menjadi pegawai negeri. Sebut saja, menjadi dosen Perguruan Tinggi Negeri, harus melalui tes seleksi CPNS.

Saya dan suami pernah sama-sama menapaki tes seleksi CPNS. Bedanya, suami sampai lulus tes seleksi CPNS dan kini sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) resmi pengangkatan. Sementara saya, tidak lulus dan mentok di seleksi berkas hehe. Suami mendaftar via pengangkatan RSCM dan saya dulu daftar masuk melalui pengangkatan dosen tetap pegawai negeri IPB.

Berdasarkan berita yang beredar, Menteri PAN-RB Azwar Anas mengatakan seleksi CPNS 2023 akan dibuka pada bulan September dan dibuka untuk 1.030.751 formasi termasuk pegawai pemerintahan dan perjanjian kerja. Dari pengalaman saya dan suami, saya ingin berbagi pengalaman kira-kira apa saja tips lulus seleksi CPNS.

5 Tips lulus seleksi CPNS paling konkrit

Tahap pertama dalam mengikuti seleksi mengikuti tes seleksi CPNS adalah mencari tahu kapan formasi di kementerian atau departemen terkait dibuka karena tidak semua formatur dibuka secara bersama-sama. Setelah itu, kamu bisa mengikuti 5 tips lulus seleksi CPNS paling konkrit di bawah ini.

1. Menyiapkan berkas dengan seksama

Tiap formatur melalui tahap yang berbeda-beda. Contohnya, saya yang masuk dari formasi dosen negeri IPB harus melalui tahap psikotes terlebih dahulu dan kemudian baru masuk tahap seleksi berkas. Sementara, suami saya di formasi RSCM harus melalui seleksi berkas terlebih dahulu. Pastikan semua dokumen yang akan kamu masukkan sesuai dengan persyaratan berkas yang diminta. Berkas yang tidak sesuai dengan permintaan bisa menyebabkan kamu gagal di tahap ini.


Saya gagal di tahap seleksi berkas, karena pada saat itu kualifikasi pendidikan calon formatur diharuskan lulusan Teknik Sipil, sementara saya lulusan sarjana dan magister Teknik Lingkungan. Entahlah, saat itu atasan saja menyuruh yang penting dimasukkan saja dan berakhir dengan saya yang tidak lulus.

2. Banyak belajar soal ujian tahun-tahun sebelumnya

Salah satu tahapan tes seleksi CPNS adalah tes tertulis awal yang meliputi tes kewarganegaraan dan psikotes. Jujur saja, bagian tes kewarganegaraan seperti soal yang munculnya random. Mau belajar darimana? Belajar materi sebanyak apa?

Cara yang paling taktis dari menempuh tes tertulis seleksi CPNS adalah banyak belajar tes-tes di tahun-tahun terdahulu. Saya dan suami menempuh cara ini dan alhamdulillah, kami termasuk jajaran nilai tes tertulis tertinggi di lokasi kami menempuh tes.

3. Ikut bimbel CASN

seleksi cpns


Sayangnya, di masa saya dan suami ikut tes seleksi CPNS belum ada semacam bimbel yang membantu kelulusan tes seleksi CPNS.

Kini Skill Academy membuat inovasi terbaru untuk masyarakat Indonesia yang sedang mempersiapkan seleksi CPNS melalui rangkaian bootcamp dan kelas paket. Bimbel CASN ini diajar langsung oleh lulusan ASN dengan menggunakan kurikulum yang sudah didesain sedemikian rupa.

Bimbel CASN ini sudah meliputi:
  • Bootcamp online & offline
  • Kelas Paket SKD: TIU, TWK, & TKP
  • 20+ tryout & latihan soal
  • 24+ sesi live mentoring\

seleksi cpns


Saat ini sedang ada diskon 50% untuk kelas live Basic, Regular, dan Intensive. Daftar sekarang atau tidak sama sekali karena kelas perdana akan dimulai pada 24 Juli 2023. Kami bisa cek Bimbel CASN lebih lanjut jika kamu kepo bakal dapat saja sih di Bimbel CASN.

seleksi cpns

Alur pembelajaran di diagram di atas adalah contoh untuk alur belajar Bootcamp Online / Kelas Live Interaktif “Basic” yang hanya terdiri dari 6 sesi pembahasan soal dan 1 Tryout. Untuk bootcamp online “Regular” dan “Intensive” juga akan mengikuti struktur pembelajaran serupa tapi dengan jumlah pembahasan soal dan tryout yang lebih banyak.

Sudah tidak sabar untuk mendaftar? Kamu bisa segera Cek Info Bimbel CASN.

4. Tidur cukup

Belajar sudah, mempersiapkan berkas, tahap berikutnya yang sering diremehkan orang adalah tidur cukup. Padahal, tidur cukup adalah tahap yang krusial karena mempermudah kita untuk lebih fresh saat mengerjakan tes seleksi CPNS keesokan harinya. Tidur yang cukup memiliki fungsi mengosongkan cache memory otak, singkat kata, meminimalisir kejadian lupa bahan pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya. Asal kita tidak belajar SKS, tidak ada alasan untuk tidak cukup tidur menjelang tes seleksi CPNS.

5. Banyak berdoa

Tawakkal sudah, kini tinggal waktunya berdoa semoga kita dimudahkan oleh Allah dalam mengerjakan soal ujian tes seleksi CPNS. Berdoalah dengan minta yang terbaik, karena acap kali yang menurut kita bagus belum tentu baik bagi Allah dan yang menurut kita jelek belum tentu jelek bagi Allah.

Mungkin tahun ini adalah tahun kamu lulus tes seleksi CPNS

Beberapa orang mungkin sudah menempuh tes seleksi CPNS berkali-kali dan belum rezeki untuk lulus. Jangan khawatir, miliki mental sekuat baja. Evaluasi kembali usaha apa yang bisa dibenahi sehingga persiapan menempuh tes seleksi CPNS tahun ini lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Salah satunya dengan cara mengikuti bimbel CASN di https://skillacademy.com/casn.

Yuk jangan patah semangat! Siapa tahu tahun ini adalah tahun kamu lulus tes seleksi CPNS.

Tidak ada komentar