4 Transportasi Umum di Pulau Sentosa Singapura

Tidak ada komentar

Tahukah kamu kalau bahwa ada 4 transportasi umum di Pulau Sentosa Singapura yang bisa kamu gunakan untuk menjelajah?


Pulau Sentosa Singapura adalah pulau kecil yang berada di selatan daratan utama Singapura yang identik dengan berbagai resor dan wahana. Sebut saja Universal Singapore, S.E.A Aquarium hingga resor terkenal seperti Hard Rock Hotel.


Pulau Sentosa identik dengan bakal mengeluarkan kocek mahal. Eits jangan salah, berkeliling Pulau Sentosa bisa gratis, lho! Di postingan berikutnya bakal dibocorin perjalanan setengah hari di Pulau secara gratis.


Ada apa saja transportasi umum di Pulau Sentosa? Berapa saja sih biayanya? Atau jangan-jangan ada yang gratis?


4 PIlihan Transportasi Umum di Pulau Sentosa yang belum dimaksimalkan

Mayoritas turis yang hendak ke Sentosa berpedoman kepada tujuan wisata kemana baru menyesuaikan dengan menggunakan transportasi umum apa. Selama ke Singapura, baru saat terakhir kali kunjungan kesana saya mengecek opsi transportasi umum apa di Sentosa baru kemudian menentukan mau kemana saja. Maklum, namanya juga solo trip (di hari itu) hehe. 


Ternyata, dengan mengeksplor berbagai transportasi umum di Pulau Sentosa membuat itinerary tempat tujuan wisata saya lebih variatif. Ada apa saja transportasi umum di Pulau Sentosa Singapura?

1. Sentosa Express (LRT)

Sentosa Express layaknya kendaraan umum gerbang masuk ke Sentosa. Kamu hanya mengeluarkan $4 saja dan bisa menggunakan Sentosa Express berapa kali pun dan dengan stasiun pemberhentian mana pun yang kamu mau. Sentosa Express yang menggunakan gerbong kereta LRT ini memiliki jalur melintang dari utara ke selatan.


Sentosa Express bisa kamu naiki melalui lantai paling atas mall VivoCity dan pembayaran di gate bisa menggunakan paywave card atau bisa beli tiketnya di dekat gerbang masuk. Total ada 4 stasisun pemberhentian Sentosa Express:

  1. Vivo City Station: Gerbang masuk ke Sentosa

  2. Waterfront Station: Kalau kamu mau ke Universal Studio, Adventure Cove Waterpark, dan S.E.A Aquarium

  3. Imbiah Station: Kalau kamu mau ke Madame Tussauds dan Skyline Luge

  4. Beach Station: Kalau kamu mau ke iFly, menikmati pantai, atau nonton Wings of Time


2. Bus umum

Bus umum adalah transportasi umum yang bisa kamu gunakan kalau ingin mengeksplorasi Pulau Sentosa Singapura dengan arah barat ke timur atau sebaliknya. Ada 3 trayek bus umum yang bisa dipilih: Bus A, Bus B, dan Bus C. Rute bus tidak jauh berbeda antara satu trayek dan trayek lainnya. Menggunakan bus umum adalah pilihan yang paling taktis karena berhenti di banyak halte, meski begitu, waktu menunggu bus bisa sangat lama karena armadanya juga tidak terlalu banyak. 


Jam operasi bus juga cukup lama, dari jam 7 pagi hingga tengah malam. Oh ya, kamu bisa naik bus berapa kali pun karena gratis! Asal naiknya dari halte yang ditandai dengan plang gambar bus ya!


3. Beach Tram

Mirip dengan bus umum, Beach tram adalah bus kecil terbuka dengan 2-3 gerbong sekaligus. Sesuai dengan namanya, beach tram beroperasi di jalanan yang ada di sepanjang pantai selatan. Mirip dengan bus, kamu harus naik dan turun di halte yang sudah ditentukan. Jam menunggu tiap armada juga cukup lama karena ketersediaan armada yang tidak banyak. Contohnya, saya sampai menunggu hampir setengah jam menunggu kedatangan beach tram berikutnya karena saya sempat ketinggalan hehe.


Kamu bisa naik dan turun berkali-kali menyusuri pantai berkali-kali karena gratis!


4. Cable Car

Berbeda dengan ketiga transportasi umum lainnya di Pulau Sentosa, kereta gantung atau yang dikenal dengan Cable Car memiliki harga tiket yang cukup merogoh kocek. Ada 2 jalur cable car di Pulau Sentosa:

  1. Sentosa Line: 3 stasiun (Merlion, Imbiah Lookout, Siloso Point Station)

  2. Mount Faber Line: 3 stasiun (Mount Faber Station, HarbourFront Station, Sentosa Station)


Harga tiket Mount Faber Line dan Sentosa Line berbeda dan tidak bisa dipakai terusan. Jika kamu berniat menyeberang ke Pulau Sentosa menggunakan Cable Car Mount Faber Line dan lanjut menggunakan Sentosa Line, kamu harus membeli tiket terusan yang tentunya harganya akan,, sangat pricey hehe.


Kalau kamu belum pernah naik Cable Car di Sentosa, maka sangat direkomendasikan untuk setidaknya mencoba sekali karena menawarkan pemandangan Singapura dari atas yang sangat indah.


Cara lain mengeksplorasi Pulau Sentosa Singapura

Selain menggunakan 4 opsi tranportasi umum di Pulau Sentosa Singapura, ada dua cara asik lain mengeksplorasi Pulau Sentosa: Jalan kaki dan sepedaan.


Banyak tempat penyewaan di Pulau Sentosa, bisa ditemui di dekat stasiun-stasiun Beach Tram, Cable Car, Bus, bahkan Sentosa Express. Dengan menggunakan sepeda, kamu bisa mengeksplorasi seluruh Pulau Sentosa dengan mudah.


Saat di Pulau Sentosa Singapura saya juga kerap melihat orang-orang Jogging. Mungkin pilihan jogging dan bersepeda di Pulau Sentosa cocok bagi kamu yang memang 

Tidak ada komentar