Review Tempat Makan Buka Bersama di Ayomakan: Variatif dan Impulsif

Tidak ada komentar
Asli, bawaanya ingin review tempat makan waktu bukan bersama di Ayo makan sabtu minggu lalu. Berkesan banget karena pilihannya variatif, harga terjangkau, dan cocok buat yang tidak ingin ribet.

Sebagai Ibu dengan 3 anak, rasanya malas sekali kalau harus ikut buka puasa bersama di luar rumah. Udah kebayang bakal rempongnya. Nyiapin anak dari abis Ashar, berangkat lebih awal apalagi tempatnya jauh, belum lagi nanti pulangnya sudah larut. Harus membereskan bocah untuk tidur ditambah harus melakukan rangkaian sholat panjang. Pusing!

Ternyata tidak semua masalah saat buka puasa bersama di luar dihadapi meski punya tiga anak. Jika…

review tempat makan

Masalah saat buka puasa bersama di luar


Semakin berumur, semakin anak nambah, semakin malas pula saya buka bersama di luar. Biasanya saya baru mau buka puasa bersama jika:
  • Bersama keluarga
  • Circle dekat
  • Lokasinya di rumah sendiri

Bukan tanpa alasan kalau sekarang saya pilih-pilih undangan buka puasa bersama (selain memang sekarang tidak banyak sih hehe). Ini dia alasannya!

1. Standby dari jauh sebelum waktu berbuka

Seingat saya, dulu biasanya saya sudah ada di lokasi buka bersama sekitar jam 5 sore. Alasannya tentu tidak akan bisa datang mepet meskipun sudah reservasi karena kita harus memasukkan pesanan makanan ke restoran. Kalau mepet buka puasa, riskan makanan belum tersaji di meja makan. Kan tidak enak.

Kalau sampai di lokasi buka bersama jam 5, biasanya jam setengah 5 kurang sudah berangkat. Itu baru berangkat, belum termasuk siap-siap. Praktis sehabis shalat Ashar sudah harus langsung mempersiapkan diri.

2. Tidak dapat tempat

Buka puasa bersama di luar riskan tidak dapat tempat. Banyak restoran menerapkan kebijakan untuk reservasi terlebih dahulu. Namun, ada juga yang memberlakukan FCFS (First Come First Serve) alias cepat-cepatan datang. Untuk resto model gini jam setengah lima sudah harus nongol biar aman. Malas banget kan!

Pun, restoran bagus yang bisa direservasi untuk buka puasa bersama seringnya sudah keburu penuh karena banyak orang yang mereservasi jauh-jauh hari. Apalagi kalau kita mau reservasi untuk banyak kursi, wah jangan harap reservasi mepet-mepet deh.

Setelah banyak menghubungi resto dan berhasil mengamankan reservasi, biasanya restoran nya…..

3. Pilihan makanan tidak variatif

Restoran yang masih tersedia tempat untuk buka bersama so-so, alias mungkin suasana kurang nyaman atau bahkan pilihan makanannya yang variatif.

Buka puasa bersama biasanya dihadiri oleh banyak orang. Cuma lima orang saja pasti punya selera yang berbeda-beda. Ternyata kita cuma berhasil reservasi di tempat makan ayam penyet. Eh, tidak semua teman kamu suka ayam penyet atau makanan pedas. Ada yang ingin makan burger, sate, atau bahkan makanan berkuah.

Kumpul-kumpul sosialisasi sih dapat, tapi rasanya bakal kurang jika makanan yang disantap tidak berkenan. Jatuhnya cuma pesan cemilan seadanya dan nanti larut malam setelah buka bersama baru cari tempat makan yang sesuai selera. Tentu tidak praktis.

Lantas bagaimana solusi praktis buka bersama?

Solusi jika buka puasa bersama dan review tempat makan di Ayomakan

Buka puasa bersama keluarga, checklist!
Buka puasa bersama circle dekat, checklist!
Buka puasa bersama circle lain?

Kebetulan Ayomakan mengadakan event Ayomakan Fast, Feast, Festive di Senayan Park, Jakarta Pusat. Bakal nyesel banget deh kalau Bulan Puasa kemarin kamu tidak buka bersama di Ayomakan Fast, Feast, Festive. Kenapa? Simak review tempat makan buka bersama di Ayomakan ini!

1. Bisa datang dadakan

Kalau mau buka bersama di luar biasanya harus sudah nongol minimal banget jam lima. Apalagi koordinator buka bersama, harus minimal jam setengah lima. Lebih baik jam 4! Nah gimana solusinya kalau kamu bersama teman impulsif mau buka bersama seperti buka puasa bersama rekan-rekan blogger yang saya datangi ini?

Buka bersama di Ayomakan Fast, Feast, Festive tidak usah mikir dan takut kehabisan tempat. Buktinya, saya baru sampai di tempat pukul lima sore lewat. Masih banyak tempat duduk tersedia karena lokasinya sendiri sangat luas.

Datang mepet azan maghrib juga jangan khawatir. Kamu bisa berkeliling dahulu memesan makanan sembari mengincar tempat duduk kosong atau take away sekalian saja.

2. Bisa pilih dan pesan dari gawai

Alur buka puasa bersama di Food Court biasanya cari tempat duduk, baru kemudian berkeliling mencari makanan yang cocok untuk selera. Proses ini biasanya memakan waktu banget, setengah jam paling cepat!

Review tempat makan buka bersama di Ayomakan ini memiliki sisi positif yang cocok bagi kaum milenial. Selagi dalam perjalanan, kamu bisa berselancar melalui ujung jari kamu melalui gawai mencari makanan apa yang lagi diincar. Tinggal klik, klik, klik, beres!

Sesampainya di Ayomakan Fast, Feast, Festive, kamu tinggal mengambil makanan di stand resto pilihan kamu dan langsung menuju tempat duduk kosong. Praktis, efisien, dan hemat waktu!

3. Pilihan makanan variatif

Berbeda dengan buka bersama biasanya. Buka bersama di luar biasanya sudah di tempat yang disediakan. Biasanya pasrah saja dengan ketersediaan menu. Nah, review tempat makan buka bersama di Ayomakan yang paling saya senangi adalah pilihan makanannya yang variatif!

Bahkan saat masih di rumah, saya sudah menetapkan shortlist menu makanan apa saja yang akan saya pesan di Ayomakan Feast, Fast, Festive.

Saat itu di kepala saya cuma terbersit makan Nasi Kapau. Duh, kebayang nikmatnya.

Sayang sekali, rencana kerap kali tidak sesuai harapan. Di hari saya buka puasa bersama rekan blogger di Ayomakan, saya terkena combo radang tenggorokan dan sariawan di tenggorokan! Saya masih menggantungkan harapan beli makan di stand Nasi Kapau. Begitu saya lewati stand-nya, ulala, pilihan menunya menggoda sekali! Asli saya tergoda banget buat pesan nasi kapau dengan lauk Tambunsu.

Namun ternyata realita berkata lain, setelah berkeliling saya tergoda memesan Mie Laksa Singapore dengan toping udang dan cumi.

Stand menarik lainnya adalah burger bakar dengan tampilan stand yang dilengkapi alat smoke dan stand leliwetan. Terbukti dari laporan rekan blogger lain, semua menu di leliwetan terjual habis saat azan berkumandang.

Di Ayomakan Feast, Fast, Festive ini juga menyediakan takjil gratis yang disediakan oleh beberapa merchant disana. Saya pun mengambil sebungkus roti.

Azan berkumandang, saya pun membatalkan puasa dengan air putih dan langsung menyantap laksa. Hmm, lezat, kaldu gulai udangnya sangat gurih dipadu dengan untaian mie bihun dan dilengkapi dengan tekstur chewy empuk dari cumi. Sesaat sebelum selesai menyantap, saya memesan Souffle Pancake melalui gawai dengan menggunakan voucher. Lumayan banget loh, cuma beli 25 ribu rupiah saya bisa mendapatkan voucher 50 ribu rupiah.

Selesai menyantap, saya langsung menuju ke stand Soufle Pancake dan langsung mengambil pesanan. Ini oleh-oleh untuk anak di rumah hehe. Lumayan banget, 4 soufle Pancake cuma seharga 45 ribu rupiah karena adanya voucher!

Review tempat makan buka bersama bersama yang menyenangkan

Ini bukan pertama kalinya saya menggunakan aplikasi Ayomakan. Bukan pertama kalinya juga saya menghadiri festival kuliner yang diselenggarakan oleh Ayomakan. Saya sangat puas dengan sistem pemesanan di Ayomakan ini. Anti ribet dan praktis sehingga cocok dengan saya.

Ayomakan Fast, Feast, Festive ini juga menurut saya ide yang brilian sekali karena bisa menangkis paradigma buka bersama seperti harus datang awal waktu, risiko tidak ada tempat, hingga pilihan makanan yang tidak variatif.

Pokoknya, kamu harus coba buka bersama di Ayomakan saat Bulan Ramadhan tahun depat!

Tidak ada komentar