8 Rekomendasi Area untuk Jalan Santai di Singapura

27 komentar
Mau jalan-jalan santai tidak ambis di Singapura, mana saja rekomendasi area untuk jalan santai di Singapura?

jalan santai di singapura

Saya selalu menganggap Singapura sebagai kota rapi, modern, dan berkarakteristik terdekat dari Jakarta. Liburan ke Singapura adalah salah satu liburan ke luar negeri menyenangkan yang paling realistis mengingat hanya mengeluarkan dana dua juta rupiah saja sudah bisa beli tiket pesawat PP. Belum lagi kalau belinya pas promo.

Meskipun luas negaranya tidak lebih dari area Jabodetabek, tiap kesana rasanya ada saja tempat baru yang ingin dikunjungi. Kami kesana terakhir cuma menginap 2 malam saja. Waktu itu sudah ada si sulung berusia 2 tahun. Tentu obyek wisata kami seputar memanjakan anak seperti Singapore Zoo dan S.E.A Aquarium.

Sering terbersit di pikiran saya kayaknya bakal seru deh jalan-jalan di Singapura tidak ambis, cuma strolling town, mengamati sendi kehidupan, foto-foto urban, keluar-masuk kafe, museum, dan toko buku saja. Lah, kok banyak agendanya, tidak jadi tidak ambis donk haha.

Yah pokoknya alhamdulillah jalan-jalan tidak ambis tanpa rentengan bocah (yang sekarang sudah tiga itu) insya Allah mulai terlihat hilalnya! Selain itu, rencananya saya dan suami hanya berpergian berdua dalam rentang waktu cukup lama, hampir seminggu.

Jadi, daftar ini saya buat sebagai referensi (pribadi) jalan-jalan no ambis nantinya. Lebih bagus lagi kalau ikutan bermanfaat bagi yang ingin tahu referensi jalan-jalan no ambis di Singapura.

Mana saja rekomendasi area untuk jalan santai di Singapura?

Ingin menikmati Singapura? Ini rekomendasi area untuk jalan santai di Singapura!

Singapura tidak hanya kota bisnis saja, tetapi kota yang memiliki magnet sendiri turis mancanegara, termasuk turis di Indonesia. Selain itu, Singapura juga dikategorikan sebagai kota surga pejalan kaki, termasuk yang ingin santai menikmati Singapura.

1. Bugis

bugis singapore

Bugis atau yang dikenal juga dengan Little Arab merupakan salah satu lokasi wisata untuk jalan santai di Singapura, terutama bagi kamu yang beragama Islam dan tidak ingin sulit mencari makanan Arab atau makanan halal lainnya. Daerah Bugis termasuk daerah dengan gedung-gedung tua unik campuran melayu dan timur tengah dengan jalan ikoniknya yang bernama Haji Lane.

Di Area Bugis juga berdiri megah Mesjid Sultan yang merupakan landmark ikonik di sana. Tertarik shalat di sana?

2. Little India

little india singapore

Tidak kalah menariknya dari Bugis, Little India adalah rekomendasi area untuk jalan santai di Singapura yang cocok bagi kamu pecinta makanan India. Gedung-gedung tua yang berdiri di area Little India ini juga mengandung unsur Asia Selatan. Berdiri pula dengan megah kuil Hindu tua yang bernilai sejarah bagi masyarakat keturunan Indian-Singapura. Kalau kamu berminat menggali sejarah India-Singapura, ada Indian Heritage Centre yang bisa kamu eksplor.

Oh ya, bagi kamu yang doyan belanja, di dekat Little India ada Mustafa Centre, si toko serba ada yang buka sampai tengah malam!

3. Little China

little china singapore

Nah, Little China cocok bagi kamu yang ingin eksplor gedung bernuansa peranakan serta mengeksplorasi makanan khas China. Muslim harus lebih berhati-hati jika ingin makan di Little China, pastikan ada stempel Halalnya karena rentan dijual makanan mengandung Babi dan turunannya. Bahkan, saya pernah lihat rekomendasi Bolo Bun "selebgram" di Instagram, eh ternyata gorengnya pakai lemak babi (lard) haha.

Oh ya, banyak kafe-kafe ikonik terkenal loh di Little China seperti Baristart Coffee dan Five Oars Coffee.

4. (S)hopping di Orchard Road

orchard road singapore

Bisa dibilang tujuan utama (mayoritas) turis Indonesia yang ke Singapura! Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk shopping. Namun, ternyata Orchard Road tidak identik sebagai area shopping di Singapura saja kok!

Setelah saya eksplorasi (via Google Maps) lebih lanjut, ternyata di Orchard Road banyak lokasi untuk cafe hopping, bookstore/library hopping, hingga lokasi menunaikan misi mulia seperti Apple Store 😝! Bagi kamu pecinta kopi dan teh, ada Bacha Coffee dan 1872 Clipper Tea di ION Orchard. Kamu bibliogeeks? Tuh ada Kinokuniya besar di Takashimaya dan ada juga perpustakaan besar Library@Orchard.

Benar-benar banyak jenis keriaan di sepanjang Orchard Road mulai dari stasiun Metro yang bercokol dibawah ION Orchard hingga stasiun Metro Dobby Ghaut.

5. Fort Canning Park

fort canning park

Fort Canning Park adalah salah satu rekomendasi area untuk jalan santai di Singapura bagi kamu kaum no ambis dan ingin menikmati udara segar Singapura. Cuma mutar-mutar di sekeliling Fort Canning Park saja mungkin sudah menghabiskan waktu 2 jam. Tidak sekedar taman, tetapi juga ada situs-situs peninggalam Inggis era Perang Dunia seperti museum Battlebox dan terowongan Fort Canning Tree yang terkenal instagrammable  itu.

Belum lengkap pengalaman "healing" kamu mengitari Fort Canning Park? Bisa digenapkan dengan mengunjungi National Museum of Singapore yang berada di seberangnya!

6. Joo Chiat Road

joo chiat road

Jujur saya baru tahu soal Joo Chiat Road ini gara-gara melihat postingan Instagram-nya Willgoz! Ternyata Joo Chiat Road sempat memenangkan UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conversation atas bangunan arsitekturalnya yang unik. Sekarang Joo Chiat Road menjadi area populer nan hippie bagi anak gaul Singapura dan turis mancanegara. Bagi kamu pecinta makanan, ada banyak restoran Michelin di sepanjang Joo Chiat Road, lho!

Hmm, kalau saya kayaknya berburu Dickson Nasi Lemak saja di Joo Chiat Road, atau ada yang punya rekomendasi restauran (halal) harga bersahabat lainnya?

7. Gardens by the Bay

gardens by the bay

Jujur Gardens by the Bay adalah salah satu bucket list saya semenjak ke Singapura terakhir. Sayang, waktu kami terbatas sehingga tidak sempat mengunjungi Gardens by the Bay. Ternyata Gardens by the Bay terdiri dari berbagai "wahana" botanikal yang bisa dinikmati. Beberapa yang populer adalah Flower Dome dan Supertree Groove.

Biaya masuk Gardens by the Bay juga bervariasi, tergantung "wahana" mana yang hendak dimasuki. Salah satu biaya masuk "wahana" termahal adalah Cloud Forest yang seharga setengah juta rupiah per orang. Namun, ada juga kok area yang gratis untuk keliling-keliling seperti Supertree Groove.

8. Sentosa Trail (Fort Siloso dan Fort Imbiah)

fort siloso

Tercatat, seingat saya baru dua kali ke area Sentosa selama ke Singapura. Kunjungan ke Sentosa pertama kali bersama orangtua dan abang saya. Kami menjelajah cukup jauh ke Sentosa, main ke wahana-wahana kecil non Universal Studio Singapore (USS). 

Kunjungan kedua ke Sentosa juga belum kesampaian ke USS karena berasa belum efektif karena membawa si sulung yang baru berusia 2 tahun. Jadi kami cuma menyebrang ke Sentosa via Cable Car dan berfoto di depan globe USS dan lebih memilih mengunjungi S.E.A Aquarium. Yah, ditambah makan siang dan beli coklat di area sana lah!

Ternyata Pulau Sentosa ada hal lain yang tidak kalah seru dari itu,  yakni Sentosa Trail yang meliputi area Fort Siloso dan Fort Imbiah. Kedua benteng ini sebenarnya adalah peninggalan Inggris di masa perang dunia. Kayaknya bakal seru nih trekking ringan sekalian mengamati dan memfoto drama Inggris - Singapura di Pulau Sentosa! Tidak lupa ada Fort Siloso Skywalk yang merupakan jembatan tinggi dimana kita bisa menikmati pemandangan Pulau Sentosa dari atas.

Kamu pilih jalan santai di Singapura di area mana?

Wah tidak disangka, setelah dirinci ternyata ada 8 rekomendasi area untuk jalan santai di Singapura. Pun, kedelapan rekomendasi area untuk jalan santai ini tidak bisa dikunjungi dalam satu kunjungan saja, soalnya nanti ga jadi deh jalan non ambil judulnya, hehe.

Pilihan area untuk jalan santai di Singapura ternyata bergantung pada kepribadian pelancong. Misalnya saya si pecinta sejarah dan urban hopping yang mencari wisata kuliner halal. Saya akan lebih memilih berkelana di Bugis, trekking di Fort Siloso, cafe and book hopping di Orchard Road, dan merenung di Fort Canning Park.

Bagaimana dengan kamu? Lebih suka pilih area mana untuk jalan santai di Singapura?

Tulisan ini  diikutsertakan ke dalam “Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog"

jalan santai di singapura

27 komentar

  1. Ah jadi kangen Singapore, sejak pandemic belum pernah kesana lagi, dan sekarang mobil kami sudah lebih dari 10 tahun, ga bisa masuk Singapore deh haha.

    Di area Bugis enak-enak ya Mba makanannya, even Nasi Padangnya pun enak dibandingin dengan Nasi Padang di Malaysia.

    Favorit kami di Singapore kayanya Garden by the Bay deh, dulu pas anak masih kecil tiap ke Singapore pasti main kesana dan bisa seharian di playground-nya, gratis dan bagus banget. Garden by the Bay pas malam juga bagus banget, ada light show, dan gratis :D

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata Garden by the bay bisa seseru dan segratis itu! Tepat ni memutuskan nginap di Bugis wkwk. Hatur nuhun teh!

    BalasHapus
  3. Wah seru banget mb, semoga nanti bisa juga liburan ke spore aaamiin :)

    BalasHapus
  4. Oh my God, ya ampun, Mamah Zeneth, terima kasih banyak atas listicle-nya. Ini yang saat ini sedang saya perlukan. Pengen jalan-jalan ke SG tapi bingung menentukan tujuan. Karena dulu pas ke sana rasanya 'itu-itu aja', wisata shopping lagi, wisata shopping lagi.
    Fix saya save tulisan Teteh. Hanupis ya Mamah Zeneth. :)

    BalasHapus
  5. Aduh teh aku jadi pengen ke Singapura dan hunting foto. Pastinya semua cantik dalam frame. Makasih, bisa jadi referensi artikel ini kalau ke Singapura

    BalasHapus
  6. Singapore sukaaa bangettt ga bosen kalau kesanaa.. bener teh singapore itu luar negeri paling realistis apalagi kalau nemu tiket promo hihi.. pengen banget bener2 pandemic free dan bs jalan2 ke SG lagii ❤️

    Nuhun ya teh Zeneth dah ikut tantangan Landmark bulan ini :)

    BalasHapus
  7. Udah lama banget ga ke SG...
    Pengen jalan jalan lagi kesana bareng anak anak... Liat dunia luar hehe

    BalasHapus
  8. waaaa, mau juga jalan-jalan ke 8 tempat di atas kl main ke Singapura. Suka semua nih, apalagi setiap tempatnya punya ikon sendiri, ya. Jadi, nggak membosankan. Semoga tahun depan bisa bawa anak jalan2 ke sana. Aamiin

    BalasHapus
  9. Wah, asik banget nih
    Ternyata ada banyak spot yang bisa digunakan untuk jalan santai saat ke Singapura
    Oke, next kalau ke sini wajib mampir

    BalasHapus
  10. Bugis sama Little India. Pengin menikmati masakan Arab dan India. Tahunya cuma virtual aja ni Mbak belum pernah merasakan. Apalagi ngakak kalau lihat medsos cara penyajian masakan India *waduuuuh. Tapi enggaklah ya mbak kalau di sana, higienis nomor satu tentu

    BalasHapus
  11. Kalau saya diajak ke Singapura yang kepikiran langsung Chicken Hainan. Di kota saya sebenarnya ada, cuma pingin merasakan aromanya langsung dari tempat asal.

    BalasHapus
  12. Kalau ada kesempatan ke SIngapura, saya ingin ke Bugis dan Fort Siloso, Little India. Ingin menikmati masjid yang jadi salah satu ikon di sana

    BalasHapus
  13. Seru juga ya jalan-jalan ke Singapura, area jalan santai juga banyak pilihan ya. Dari yang bernuansa islam dan budaya negara lain, alam, kota tempat shopping dan tempat kulineran, sampai nuansa sejarah juga ada ya. Jadi ingin ke sana, semoga suatu saat Allah beri kesempatan, aamiin. Makasih rekomendasinya Mbak

    BalasHapus
  14. Masyaa Allah bisa jadi rekomendasi tempat wisata di Singapore ni. Semoga kapan-kapan bisa kesana.

    BalasHapus
  15. Sepertinya susah si ya mba kalo ke Spore nggak ambis hihi, soalnya banyak banget spot wisatanya, spot instagramable-nya.. kalau aku suka banget suasana kota, view jalan dan gedung2 di malam hari seperti orchard road. Selain mandatory wisata di SG, list di atas bisa jadi pilihan yang mau liburan ke sana nich :)

    BalasHapus
  16. aih asik juga ya kalo k Singapura keluyuran suka-suka menemukan kejutan d tiap sudutnya.thanks infonya kak

    BalasHapus
  17. aku dah lamaaaa bgt ngga explore Sing.

    trakhir th 2017 cuma transit aja di changi.

    kapan2 mau cuss ama kluarga

    BalasHapus
  18. Terakhir ke singapore ternyata sudah belasan tahun lalu hihihi. Kebayang suasana orchard, bugis, dan jejeran mall setiap turun MRT. Pengen juga rasanya ke sana lagi, kemarin sudah sempat list beberapa hal yang mau dicoba bareng anak-anak, termasuk garden by the bay dan duck tour. Seru rasanya..

    BalasHapus
  19. Hwaaaa baca tulisan ini seperti jalan2 ke memoriku masa lalu. Beberapa tempat yang mba sebutin aku udah ke sana. Ternyata juga banyak tempat yang baru dan mupeeeng. Aslinyaaa, jalan2 doang, keluar masuk museum, foto urban uda bikin happy bangettt!

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah! Ada rekom dari mba. 😅

    Bisa ni saya ajak anak saya yang kerja di Batam untuk mejeng sekedarnya di Singapura.

    BalasHapus
  21. Yeee... Jadi pingin juga kesana...ya aku juga suka Bugis.. karena banyak khas Indonesia.. tapi kapan ya bisa kesana juga

    BalasHapus
  22. Wah ternyata banyak juga destinasi wisata untuk dikunjungi di Singapura yah, kapan ya bisa jalan-jalan ke Singapura bareng anak-anak, selain ngak terlalu jauh jaraknya dari Indonesia juga sebagai wisata edukasi untuk anak-anak.

    BalasHapus
  23. wah singapura ini kayaknya cocok banget buat saya yang suka wisata sejarah dan bangunan gitu. penasaran banget sama lokasi-lokasi di atas. semoga suatu hari nanti saya bisa mengunjungi kota singapura ini

    BalasHapus
  24. aaaaa jadi mupeng pengen jalan jalan ke sana lagi, belum lagi tempatnya memang asyik buat jalan kaki (saat itu cuaca belum sepanas sekarang) dan bersih nyaman tempatnya, aduh jadi pengen dolan

    BalasHapus
  25. Dari rekomendasinya jalan-jalan seru ke Singapura ini jadi ada bayangan negaranya yang multi-culture sehingga tetap bisa melihat kebudayaan bangsa lain di Singapura.

    BalasHapus
  26. Dulu pernah ke area Bugis situ. Enak banget buat pejalan kaki. Apalagi dekat dengan MRT ya kalau ngga salah

    BalasHapus
  27. Bugis? Aku kira jalan itu tentang suku bugis makassar, ternyata ada arab-arab.y jg ya. Jd pengen ke sana jg

    BalasHapus