Persiapan Traveliving bersama Tiga Anak

16 komentar
Ribet ga ya kira-kira persiapan traveliving bersama tiga anak?

Tidak terasa, keberangkatan Traveliving 2.0 (Traveliving bersama tiga anak) kami tinggal 3 bulan lagi! Traveliving sendiri artinya traveling selama sebulan. Tentu saja artinya kami traveling sekaligus living disana.

persiapan traveliving

Traveliving 1.0 di tahun 2018 hanya dijalani bertiga karena pada saat itu kami baru punya si sulung saja. Persiapan perjalanan tentu lebih ringkas, begitu juga pengkondisian saat di lokasi traveliving. Traveliving 1.0 kebanyakan di dalam negeri, artinya lingkungan sudah familiar dan tidak perlu banyak adaptasi. Traveliving 1.0 ke luar negeri pun hanya ke Thailand, tidak jauh dari Indonesia serta memiliki kultur, iklim, hingga biaya hidup yang hampir sama dengan di Jakarta.

Bagaimana dengan Traveliving 2.0, yakni traveliving bersama tiga anak? Tidak hanya jumlah anak saja yang membedakan dengan traveliving 1.0, tapi kali ini kami pergi lebih jauh, yakni melintasi 6 zona waktu. Untuk durasi waktu tinggal kurang lebih sama, sebulan.

Kalau 5 tahun lalu persiapan maksimal hanya 2 minggu sebelumnya, persiapan Traveliving bersama tiga anak sudah mulai disiapkan sejak 8 bulan sebelum keberangkatan! Apa saja yang lakukan pada tahapan persiapan traveliving bersama tiga anak?

1. Hunting tiket dan penginapan


2 bulan terakhir di tahun 2022 kami habiskan untuk hunting tiket pesawat dan penginapan. Kok buru-buru amat? Ternyata memesan tiket dan penginapan lebih cepat merupakan persiapan travelling bersama tiga anak paling pertama.

Kami melakukan traveliving 2.0 tepat di puncak liburan warga di negara setempat. Diprediksi, harga tiket pulang (kembali ke Jakarta) akan meningkat pesat jika kami menunda pembelian tiket. Benar saja, saat saya mengecek tiket pulang karena survei tiket untuk ortu yang akan menemani kami pulang, harganya sudah melambung hampir 4 juta lebih mahal!

Pun, berhubung kota tujuan kami bukan kota Metropolitan (meski kota terbesar ketiga di negara itu), pilihan maskapai juga sangat terbatas. Tercatat hanya penerbangan menggunakan Turkish Airlines dan Emirates Airlines yang hanya satu kali transit. Lainnya dua kali transit dan jelas jauh lebih mahal.

Karena kami membawa tiga anak, tentu kami ingin transit sedikit dan sebentar mungkin. Penerbangan juga sebisa mungkin disesuaikan dengan jam tidur anak. Akhirnya kami memilih penerbangan menggunakan Turkish Airlines karena selain relatif sesuai jam tidur anak juga tercepat dan termurah!

Penerbangan jam 9 malam dan sampai subuh waktu Turki, hopefully bocah tidur sepanjang jalan. Yah, walaupun bangun juga tidak lama-lama selama perjalanan. Dengan waktu transit yang relatif cepat, penerbangan tinggal memakan waktu 3,5 jam di pagi hari.

Lantas bagaimana dengan penginapan? Kenapa kami cepat sekali booking?

Berdasarkan pengalaman memesan Airbnb suami tahun lalu disana, cukup sulit mendapatkan penginapan selama sebulan dengan harga terjangkau. Hanya satu penginapan yang sesuai budget meski, yah, jaraknya jauh dari kota, tapi setidaknya relatif dekat dengan tempat internshipnya.

Kami berharap dengan booking lebih cepat maka kami mendapatkan pilihan penginapan yang lebih baik dan tentu dengan harga yang lebih bersahabat pula. Akhirnya rezeki kami menemukan penginapan yang cukup murah untuk tipe sejenis. Dekat dengan jalur metro (kereta bawah tanah), dekat dengan kota, banyak pusat perbelanjaan, cukup luas untuk ditempati berlima, dan memiliki fasilitas untuk sehari-hari yang lebih dari cukup. Kekurangannya cuma terletak di lantai 2 (2 kali naik tangga) tanpa lift serta kulkas yang kecil. Selebihnya tampak direkomendasikan, sesuai dengan testimoni bintang lima dari pengguna yang sudah ratusan.

Keputusan tepat kami memesan Airbnb lebih cepat, saya cek sekarang saja sudah relatif penuh bookingannya. Ternyata benar selaku itu! Yah, semoga menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk kami sebulan disana ya.

2. Les Bahasa asing


Bukan bakal kali pertama kami traveliving di negara bukan berbahasa Inggris dan Indonesia. Sebelumnya kami sudah pernah traveliving di Chiang Mai. Berbeda dengan Bangkok, Ibu kota yang setidaknya lebih memudahkan wisatawan asing, orang-orang di Chiang Mai hampir tidak ada yang bisa berbahasa Inggris kecuali semacam pegawai hotel.

Meski mereka tidak berbahasa Inggris dan saya pun hanya mentok berbahasa Thailand berupa angka-angka saja, perasaan saya santai dan tidak gentar selama di sana.


Berbeda dengan traveliving 2.0 nanti, meski sebenarnya mereka lebih banyak yang bisa berbahasa Inggris ketimbang di Thailand, tapi tetap saya dan suami harus mempelajari bahasa setempat.

“Kamu cari yang bisa ngasih les privat Prancis yang bisa datang ke rumah akhir pekan buat ngajarin kita ya!” Pinta suami.
Maka les bahasa asing adalah tahapan yang harus dimulai sedini mungkin dalam persiapan traveliving bersama tiga anak.

Akhirnya kami mendapatkan guru privat Bahasa Prancis yang bisa mengajarkan kami berdua, baik grammar maupun percakapan. Pas awal-awal si sulung juga ikut belajar agar bisa berbicara sederhana seperti menyapa dan membelikan adik-adiknya croissant dan macaron di toko roti setempat.

Kami mulai les sejak awal bulan Januari 2023. Lumayan, semoga setengah tahun les privat bisa memberi kami bekal berbahasa disana untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Sebenarnya suami tahun lalu sudah mengambil les Prancis IFI sampai selesai A1. Setahun berlalu tentu ia sudah lupa kemampuan Bahasa Prancis yang masih dasar itu.

Jujur sebenarnya saya deg-degan menjelang keberangkatan traveliving 2.0, bisa tidak ya saya beli ini-itu disana, “nyambung” tidak kalau nanti ada yang mengajak saya bicara, bisa tidak saya mengutarakan kebutuhan saya saat sedang membutuhkan sesuatu.

“Walaupun agak (pakai) isyarat, tapi mereka senang benar kalau kita ngomong bahasa sana.”

Lyon, kota yang akan kami tinggali sejenak bukanlah kota metropolitan sebesar Paris. Tentu saja yang mampu berbahasa Inggris lebih sedikit. Meski begitu, menurut pengalaman seorang teman lama yang mengambil doktorat disana, warga Lyon lebih hangat menyambut orang asing yang berbahasa Prancis meski tidak fasih.

Perasaan sedikit lebih lega. Ah bodo amat, yang penting mau memanfaatkan semaksimal mungkin berbahasa Prancis disana. Urusan bisa langsung mencerna percakapan balik itu urusan belakangan, hehe.

Berhubung saya yang bertanggung jawab terhadap anak-anak saat suami kerja, maka persiapan traveling bersama tiga anak ini harus benar-benar diseriusi.

3. Sounding ke anak



Sounding ke anak adalah persiapan traveling bersama tiga anak yang tidak boleh dilewatkan dan tentunya harus dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Kalau traveliving 1.0 cuma membawa satu anak usia tiga tahun yang sangat kooperatif, maka traveliving 2.0 harus membawa tiga anak yang salah duanya adalah balita. Tentu sounding ke anak sejak jauh-jauh hari adalah syarat mutlak persiapan traveliving bersama tiga anak.

Perjalanan traveliving tengah tahun nanti merupakan perjalanan pertama menggunakan pesawat bagi kedua balita kami. Sekalinya naik pesawat langsung belasan jam ya, haha. Saya rutin sounding ke anak bahwa nanti akan ada perjalanan pesawat panjang, supaya mereka sabar, sehat-sehat, dan tidak saling berantam. Kepada si sulung pun saya menceritakan tentang perjalanan belasan jam tersebut. Bahwa akan ada entertainment on-air berupa tv pesawat yang bisa digunakan untuk nonton dan main game agar tidak kebosanan serta menjelaskan agar ia bisa kooperatif serta membantu kami orangtuanya dalam menenangkan adik-adiknya agar tidak kebosanan.

Tidak hanya soal perjalanan ke Prancis saja, tetapi juga soal selama ada di Prancis. Menerangkan kepada tiga anak seperti pekerjaan rumah apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu saya disana hingga menjelaskan soal lingkungan dan bahasa yang bakal berbeda dibandingkan kehidupan kita di Jakarta.

Sounding sudah kami lakukan sejak awal tahun dan berulang-ulang saat secara tidak sengaja percakapan kami mulai menjurus ke traveliving 2.0 nanti. Semoga sewaktu saatnya tiba, mereka sudah lebih siap, ya. Aamin!

4. Menyiapkan Visa


“Daftar Visa yuk!” Ajak suami di pertengahan Januari kemarin.
“Loh, kita berangkat hampir setengah bulan lagi lho, daftar sekarang , kemudian Febuari baru dipanggil, dan Visa mungkin baru kelar paling lambat Maret. Apa ga kecepatan tu?” Pikir saya.

Ternyata setelah daftar Visa melalui web resmi dan mengajukan jadwal wawancara di situs TLS (lembaga resmi pembuatan Visa Prancis), kami baru mendapat jadwal di pertengahan April!

Loh kok? Hahaha.

Tampaknya berbondong-bondong orang hendak ke Prancis pasca pandemi. Kalau tahun lalu suami hanya menunggu pengajuan wawancara TLS tidak lebih dari sebulan, kalau kami sekarang bisa tiga bulan! Akhirnya saya baru paham cerita mertua saat travel temannya re-route jadwal tur Eropa via Polandia karena ramai sekali antrian wawancara Visa Prancis. Kalau dihitung, pengurusan Visa bisa memakan waktu 4 bulan mulai dari pengajuan hingga Visa selesai, alias turis biasa yang mepet mau berangkat tidak bisa buru-buru.

Kalau semua lancar, diharapkan akhir April kami sudah mendapatkan Visa. Visa didapatkan 2 bulan sebelum keberangkatan Insya Allah lebih dari jarak aman.

Pendaftaran Visa kami lakukan sendiri, sejujurnya lumayan jereng juga ya sekali mengurus Visa 5 orang di situs resmi Visa Prancis. Setelah keluar dokumen pendaftaran Visa, pendaftaran wawancara via TLS jauh lebih sederhana karena detil yang dimasukkan relatif sedikit.

Kami sudah mulai menyiapkan dokumen pendukung sejak pertengahan Maret ini dengan alasan agar menjalani ibadah Ramadhan lebih tenang. Dokumen pendukung dasar seperti akte dan kartu keluarga tinggal cetak dari Google Drive. Dokumen pendukung seperti reservasi tiket dan penginapan juga tinggal cetak. Sisanya adalah pembelian asuransi perjalanan dan pencetakan rekening koran.

Alhamdulillah dokumen kami lengkap, tapi kami agak deg-degan mengingat tahun lalu hasil pengajuan Visa suami yang kurang memuaskan. Dulu dia mengajukan tiga bulan (karena tiga bulan internshipnya) dan hanya mendapat izin perjalanan sebulan saja. Sekarang kami pergi berlima, tentu pertimbangan dari pihak yang mengeluarkan Visa lebih besar. Namun bedanya sekarang agak lebih tenang karena suami mengajukan Visa business dengan surat undangan sebagai acuan. Kami yang pengajuannya di bawah suami artinya juga berangkat dibawah business Visa meski jenis Visa yang kami ajukan adalah jenis Tourist Visa.

Yah, semoga semua berjalan lancar dan mudah. Tinggal 2,5 minggu lagi nih! Tidak disangka mengajukan permohonan Visa merupakan persiapan traveling bersama tiga anak ke Prancis yang harus disiapkan dari berbulan-bulan sebelumnya.

5. Menabung dan merencanakan keuangan


Menabung adalah persiapan traveliving bersama tiga anak yang sangat krusial. Memang sejauh pengalaman kami traveliving 1.0, tidak ada lonjakan biaya hidup bulanan kami. Apalagi hampir semua traveliving kami di kota kecil Pulau Jawa dimana biaya hidupnya lebih rendah dibandingkan di Jakarta. Biaya hidup di Chiang Mai meski beda negara juga relatif sama, bahkan lebih murah. Lonjakan pengeluaran berarti paling berupa sewa tempat tinggal dan biaya keinginan cafe hopping serta berwisata.

Namun bagaimana dengan traveliving 2.0? Kami akan ke negara yang kami prediksikan biaya hidupnya 2-3 kali lebih besar dibandingkan di Jakarta. Termasuk pula biaya sewa tempat tinggal yang di traveliving 1.0 hanya maksimal 2 jutaan namun di traveliving 2.0 yang ah sudahlah berkali-kali lipatnya 😏.

Belum lagi fakta bahwa selama 3 bulan suami internship disana tidak ada pemasukan. Tidak hanya suami yang menabung, tapi saya juga menabung Euro via rekening Jenius tiap bulannya sejak  akhir tahun 2022. Saya berharap dengan tabungan saya itu bisa menambah sumber pengeluaran kami selama traveliving itu sekaligus sebagai sumber dana buat jajan pribadi.

Dengan lonjakan pengeluaran ekstra di tengah tahun, tentu kami harus merencanakan keuangan, baik sebelum berangkat, saat disana, dan saat kami pulang traveliving (suami masih tinggal dua bulan disana). Saya juga sudah mulai merencanakan teknik-teknik dan strategi traveliving bersama tiga anak agar tidak boncos.

Gimana caranya? Tunggu ya di tulisan blog berikutnya!

6. Menyiapkan peralatan dokumentasi (dan menyusun rencana konten)


Berbeda dengan traveliving 2.0 dimana saya hanya mengandalkan peralatan dokumentasi berupa kamera HP, kini saya ingin menggunakan peralatan yang lebih baik. Ditambah lagi fakta kalau sekarang kami harus sambil membawa tiga anak saat sedang traveliving, tentu saya menginginkan peralatan yang memudahkan dokumentasi selagi menjaga bocah-bocah sebagai persiapan traveliving bersama tiga anak.

Saya bukan travel blogger/vlogger, hanya seorang momblogger yang ingin mendokumentasikan perjalanan pribadi sekaligus kecil-kecilan dibuatkan konten. Maka daftar rencana peralatan dokumentasi kami hanya ini saja.


Setelah mendapat racun dari teman, DJI Osmo Pocket adalah most wanted list saya. Saya pun menabung dan merencanakan untuk membeli seken agar lebih murah di bulan April/Mei. Alhamdulillah, ternyata suami sangat murah hati dan membelikan DJI Osmo Pocket 2 dari rencana DJI Osmo Pocket 1. Kebetulan DJI Osmo Pocket 2 seken yang kami beli harganya sangat terjangkau dengan bonus sangat banyak. Bonusnya termasuk memory card 256 MB, tripod kecil, hingga wireless dual mic. Alhamdulillah mengurangi pengeluaran dokumentasi.

Tidak hanya peralatan dokumentasi, sepertinya sebelum berangkat saya juga harus mulai bikin rencana jadwal konten termasuk kapan harus dishoot. Pengalaman traveliving 1.0, banyak hal yang ingin saya tulis di blog dan posting di Instagram. Namun karena overwhelming, akhirnya hanya sekedar rencana saja di otak. Sayang kan? Saya harap dengan membuat perencanaan konten, saya tidak overwhelmed dan bisa berbagi konten travelling bersama anak yang bermanfaat bagi para orangtua lain.

7. Mencicil barang bawaan yang kurang



Karena kami melakukan traveliving dan bukan traveling belaka, maka barang-barang yang akan kami bawa tentu akan membludak. Tidak sekedar pakaian, alat mandi, serta obat-obatan dasar juga, tetapi  kami juga harus membawa beberapa perlatan dapur tambahan, starter pack food, hingga mainan dan buku anak-anak.

Untuk pakaian pun berasa ada yang kurang karena harus pergi panjang. Entah celana panjang anak kurang lah karena robek, kurang jaket lah, kurang kaos lah, pokoknya macem-macem. Starter pack food juga penting, apalagi untuk perjalanan jauh. Meski lokasi supermarket dan restoran halal dekat, pasti awal-awal sampai bakalan mager keluar. Belum lagi kami punya tiga buntut. Akan lebih simpel untuk menyiapkan starter pack food seperti beras, chicken nugget, kornet, sayuran frozen, dan lain-lain.

Peralatan dapur juga harus dibawa beberapa, contoh yang paling krusial ya rice cooker kecil. Meskipun di AirBnb sewaan kami ada dapur, kecil kemungkinan bakal ada rice cooker di dapur orang non Asia.

Perlengkapan-perlengkapan yang kurang ini jika dibeli sekaligus akan membutuhkan lonjakan dana yang cukup lumayan. Oleh karena itu kami menjadwalkan pembelian barang-barang yang kurang ini di beberapa bulan sebelum keberangkatan. Misalnya persiapan terkait barang dapur dan ransum yang kurang baru akan saya lengkapi sebulan terakhir tentunya.

8. Packing!


Aaaand,, it's almost there!

Packing harus sudah mulai direncanakan sebulan terakhir sebelum keberangkatan. Saat mulai packing, maka mulai terasa barang-barang apa saja yang kurang sehingga akan lebih mudah melengkapinya sebelum keberangkatan tiba. Minimal persiapan sih dua minggu sebelum keberangkatan sebenarnya, setidaknya sudah mulai pilih-pilih baju.

Meski secara defacto jatah koper kami bisa sampai 30 kg x 5 (orang) atau bisa sampai 5 koper besar, tapi tidak elok ya berangkat kayak mau minggat 😝. Jadi kami berencana bawa 1 koper besar, 2 koper sedang, 2 koper kabin, dan 1 twin stroller.

Koper tambahan nanti beli saja lah disana kalau ternyata barang bawaan pulang terlalu banyak haha.

Are you ready?

Keberangkatan tinggal beberapa bulan lagi. Jujur rasanya makin excited sekaligus rada overthinking. Bisa mulus tidak di perjalanan nanti? Bakal nemu kendala apa saja? Bagaimana kalau nanti selama disana ada dari kami yang tidak fit? Apakah kami bisa lancar melancong tanpa kendala bahasa?

Dan seribu pertanyaan lain.

Yah, yang penting sudah direncanakan supaya persiapan lebih baik kan? Antisipasi hal juga sudah dilakukan. Tinggal berdoa semoga diberi kemudahan dan kelancaran dari Allah 😀.




16 komentar

  1. Waaa semoga lancar-lancar yaaa neth

    BalasHapus
  2. Wah...seru banget. Semoga semua sehat² di sana. Ga sabar mau baca artikel kisahnya di blog...

    BalasHapus
  3. Seru banget ya jalan2 sambil menetap sementara. Pasti banyak pengalaman yang didapat

    BalasHapus
  4. Wah semoga lancar liburannya. Bawa anak liburan, apalagi ke negeri yang jauh, memang susah-susah gampang ya. Persiapan harus sematang mungkin.

    BalasHapus
  5. Meski banyak yang harus dipersiapkan, travelling bersama anak itu seru
    Bisa meningkatkan bonding sekaligus mengukir kenangan indah bersama anak ya mbak

    BalasHapus
  6. Sounding kepada anak anak bahwa kita akan bepergian kemana, bagaimana di sana, apa yang harus dan bisa kita lakukan, itu sangat penting supaya anak bisa diajak kerjasama sejak awal ya. Salut emang berpergian dengan tiga anak apalagi salah satunya balita itu...

    BalasHapus
  7. Semoga lancar selama diperjalanan ya mbak, memang lumayan merepotkan tapi cukup terbantu dengan kemudahan mengakses berbagai informasi dan melakukan pemesanan secara online, tapi semua itu akan terbayarkan dengan pengalaman yang pastinya tidak akan mudah terlupakan.

    BalasHapus
  8. Semoga lancar traveliving-nya di Prancis nanti. Dimudahkan dan dilancarkan. Saya tunggu update blog-nya Mbak. Insya Allah sulung saya Januari berangkat lanjut study ke sana. Kemungkinan saya ngantar atau jenguk dia tahun depan. Sudah pernah ke sana sih dulu backpacker-an..Tapi info terbaru tentu perlu..
    Btw, happy traveliving buat Mbak sekeluarga!

    BalasHapus
  9. Semoga lancar dan menjadi perjalanan yang penuh keberkahan untuk semua.
    Seneng banget dan pastinya excited juga menghadapi akan ada petualangan apa yang menanti selama perjalanan nanti?

    BalasHapus
  10. wah jadi penasaran nih nanti sama cerita perjalanan di Parisnya. semoga lancar ya, mbak nanti perjalanannya

    BalasHapus
  11. MasyaAllah mba jujur aku ngebayanginnya udah kek mau nangis nyiapin printilan sebanyak itu wkwkwk. Dulu pas ke Malaysia waktu single aja udah empet banget persiapannya. But, ini bisa banget aku bookmark siapa tau suatu saat nanti juga bakal traveliving ke negara lain sekeluarga. Thank you mba sharingnya!

    BalasHapus
  12. Semoga lancar perjalanan menuju Lyon ya mbak. Semoga dimudahkan segala urusanmu. Jadi ga sabar nungguin kisah selama tinggal di sana nanti. Pasti seru nih merantau bersama keluarga.

    BalasHapus
  13. Wah senangnya bisa ngerencanain traveliving bareng anak-anak. Pasti banyak yang harus dipersiapkan. Moga anak-anak juga cepat beradaptasi di sana.

    BalasHapus
  14. Masya Allah lumayan juga y mbak 1 bulan coba. Luarbiasa moga lancar dna sehat ya mbak selama proses persiapan maupun perjalanan. Kenapa aku pun ikut deg degan hehhee..

    Keren mbak jadi pengen juga nyoba nih

    BalasHapus
  15. Semoga lancar persiapan dan keberangkatannya ya mbak, kok saya ikut dag dig dug bacanya hehehe. Hepi banget pasti ya anak-anak mau traveling. Nah, dokumentasi ini sangat penting ya karena traveling ke luar negeri sayang sekali jika tidak diabadikan

    BalasHapus
  16. Memang ya mbak, traveling sama anak- anak itu riweuh banget tapi tanpa anak- anak dunia juga rasanya hampa. Ya, itulah seninya traveling sama anak- anak.

    BalasHapus