KEB 11 Tahun, Semakin Matang dengan Berjejak dan Berbagi

17 komentar
KEB 11 tahun, jujur saya sedikit kaget. Pasalnya, saya cenderung mengenal KEB agak lebih belakangan, padahal KEB adalah salah satu komunitas blogger yang muncul di awal. Bahkan, Komunitas Blogger perempuan pertama di Indonesia.

keb 11 tahun

Setelah dilanda Pandemi kurang lebih 2 tahun, KEB akhirnya mulai mengadakan kembali berbagai acara luring sejak tahun 2022, salah satunya KEB Roadshow yang diadakan di beberapa kota besar di Indonesia termasuk di Jakarta. Sayangnya, beberapa kali saya belum rejeki menghadiri acara luring Kumpulan Emak Blogger karena beberapa kali juga jadwalnya bentrok.

Begitu ada informasi via grup Whatsapp soal akan diadakannya selebrasi KEB 11 tahun secara luring, tentu tanpa pikir panjang saya segera mendaftar pasca mendapat izin dari suami. Kebetulan juga acara diadakan di Jakarta Selatan dan merupakan area yang sudah familiar bagi saya.

Sudahkah kamu mengenal KEB? Sudah bergabung? Kalau belum yuk kita mengenal KEB bersama-sama. 

Kalau tidak kenal maka tak sayang.

Mengenal KEB

keb 11 tahun


KEB memiliki kepanjangan Kumpulan Emak Blogger. Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa komunitas ini beranggota 100% perempuan. Berawal dari perkumpulan kecil yang terdiri dari Mira Sahid, Indah Julianti Sibarani, Sary Melati, dan Nike Rasyid yang merupakan kumpulan emak yang hobi blogging. Kemudian tercetus oleh Mira Sahid, mengapa tidak melanjutkan saja menjadi bentuk yang lebih serius. Maka terbentuklah KEB pada tanggal 18 Januari 2012.


Eh berawal dari sedikit iseng-iseng, ternyata keterusan dan sekarang KEB sudah menapaki usianya yang ke-11 tahun. KEB menganggap bahwa kemajuan masa depan bangsa dan negara banyak dipengaruhi oleh “campur tangan perempuan”. Blog menjadi wadah bagi perempuan Indonesia untuk bersuara dan berbagi inspirasi, sesuai dengan visi misi KEB. KEB ingin berkembang menjadi wadah perempuan Indonesia untuk mengembangkan dirinya di berbagai aspek kehidupan.

KEB 11 Tahun, Berjejak dan Berbagi

keb 11 tahun

KEB memiliki tradisi unik, yakni memiliki sebuah tema dan jargon yang berbeda di tahunnya. Menjejaki usianya yang di 11 tahun ini, KEB memiliki teman KEB berjejak dan berbagi. Selisih 10 hari, dilakukan selebrasi kecil-kecilan KEB 11 tahun pada tanggal 28 Januari di Restoran Bali Notes Terrace yang berlokasi di Jl. Prof. Sutono SH No. 15, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Acara dimulai dari pukul 12.00 siang dengan total peserta kurang lebih 50 orang Kumpulan Emak Blogger. Dimulai dengan makan dengan sajian yang disediakan oleh Bali Notes Terrace dengan menu nasi kebuli, ayam bakar serta ayam goreng, sayur, dan puding. Waktu sejam digunakan oleh peserta untuk berbincang dan berjejaring.

Acara mulai tepat di pukul 1 siang dengan ditandai dibuka oleh MC.

“KEB 1 tahun, Berjejak dan Berbagi!” teriak MC dengan lantang mengumandangkan yel-yel acara di hari itu. Sekaligus memfamiliarkan tema KEB 11 tahun ini sebagai KEB Berjejak dan Berbagi.

MC pun memanggil founder Mira Sahid ke depan untuk berbicara mengenai KEB 11 tahun. Ia pun satu-persatu memanggil para co-founder ke depan dan memperkenalkan mereka juga yang dikenal dengan makmin ke depan audiens. Tak terasa suasana pun menjadi sedikit mengharu biru.

keb 11 tahun


Mira Sahid juga menegaskan bahwa KEB mendukung dan berpartisipasi kepada Gerakan Nasional Literasi Digital yang diprakarsai oleh Siberkreasi. Hal ini sangat berkesinambungan dengan KEB sebagai kumpulan emak blogger yang memiliki visi memberdayakan para emak untuk bersuara dengan blog sebagai medianya.

Memasuki jam setengah 2 siang, acara KEB 11 tahun dilanjutkan dengan acara utama mini workshop yang mengundang dua narasumber yang namanya sudah tidak asing lagi, yakni Oktora Irahadi yang merupakan CEO dan INFINA dan Ali Muakhir yang telah menghasilkan belasan hingga puluhan buku.

keb 11 tahun

Oktora Irahadi atau yang dikenal dengan nama gaul Tora (bukan Sudiro) membawakan mini workshop yang berjudul cara cuan bagi emak. INFINA sendiri sebagai sebuah perusahaan yang membantu para UMKM Indonesia dan membantu mereka menghubungkan mereka dengan pemengaruh sehingga didapatkan paparan bisnis dan produk yang diharapkan. Tora sendiri memiliki latar belakang malang melintang di dunia agency. Pengalamannya yang banyak ini membuat ia pede mendirikan INFINA.

Tora menghadirkan di layar beberapa data hasil riset pasar yang dilakukan ia dan timnya.

Social commerce adalah calon bintang masa depan di dunia digital, catat perkataan saya ini.” Tekan Tora.

Dari materi yang dibawakan oleh Tora saya banyak mendapatkan insight perihal dunia pasar di Indonesia serta bagaimana trennya. Ada yang cukup menggelitik dimana diterangkan orang akan sangat terbuai dengan live streaming orang jualan seperti yang sering dilakukan di Tiktok. Meski disebutkan ini merupakan salah satu lahan basah masa depan, saya sangat tidak tertarik sama sekali melakukannya. Pun, saya juga tidak tertarik menyaksikan Live streaming jualan semacam itu.

keb 11 tahun

Mini workshop berikutnya dilanjutkan dengan materi yang bertajuk “Menulis Kisah Inspiratif dengan Metode EMAK” yang dibawakan oleh Ali Muakhir. Bagi saya, nama Ali Muakhir ini tidak asing, terbukti dengan cerita beliau yang dengan sangat produktif menghasilkan berbagai banyak buku. Narasumber menjelaskan kiat-kiat menulis kisah inspiratif dengan singkatan EMAK.

keb 11 tahun

Rangkaian Mini workshop yang dibagikan oleh dua orang narasumber yang hebat ini membuat Kumpulan Emak Blogger semakin bersemangat untuk terus berkarya menghasilkan karya inspiratif yang disajikan dengan target audiens yang sesuai.

Ternyata KEB 11 tahun ini tidak cuma selebrasi haha hihi saja. Kumpulan Emak Blogger juga melakukan peluncuran e-book yang ditulis oleh makmin dan para Kumpulan Emak Blogger dengan judul “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas”.

2 minggu sebelum diadakan selebrasi acara KEB 11 tahun ini diadakan juga acara #KEBCharityRun yang dilakukan Kumpulan Emak Blogger. Acara ini merupakan bagian dari #KEBPeduli dan di acara KEB 11 tahun ini dilakukan penyerahan secara simbolis sebesar Rp 2.500.000 kepada RA Miftahul Jannah yang kebetulan berdomisili di Noborejo, Salatiga.

keb 11 tahun

Kemeriahan acara KEB 11 tahun belum berakhir, KEB memperkenalkan komunitas PPBN (Putra Putri Batik Nusantara) yang berusaha mempopulerkan batik kembali sebagai sebuah mode yang bisa digunakan oleh siapa saja dan untuk berbagai kegiatan. Selama ini batik dan baju nusantara dikenal cuma sebagai baju formal saja.

Para anggota PPBN yang terdiri dari berbagai rentang usia, fisik, dan latar belakang melakukan short runaway ala model yang tentunya membuat decak kagum para peserta KEB 11 tahun lainnya.

Acara belum berakhir. Mungkin belum lengkap selebrasi tanpa acara potong tumpeng. Maka secara simbolik Mira Sahid selaku founder Kumpulan Emak Blogger memotong tumpeng dan membagikannya kepada orang-orang penting yang berjasa untuk dirinya dan Kumpulan Emak Blogger.

Seolah-olah kebahagiaan tidak berakhir disitu juga, di acara KEB 11 tahun ini juga dibagikan berlimpah kado dan hadiah kepada banyak peserta. Mulai hadiah bagi peserta yang duduk di kursi dengan tulisan “hoki” di bawahnya hingga para peserta yang bisa menjawab pertanyaan terkait acara dan KEB 11 tahun.

Acara pun ditutup pada pukul 4 sore dan tidak lupa semua peserta, panitia, hingga tamu berfoto bersama di depan restoran Bali Notes Terrace.

keb 11 tahun

Bagaimana? Sudah lebih mengenal Kumpulan Emak Blogger atau yang dikenal dengan KEB? Yuk mari bergabung dan berdaya bersama. Siapa saja bisa ikut kok!




Syukuran KEB 11 tahun didukung oleh Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA, dan Bali Notes

17 komentar

  1. Kereen bangett KEB, pengen ikutan deh jadinya hihi.. gimana ya mba cara gabung jadi member KEB?

    BalasHapus
  2. Seru banget acara ulah tahun KEB yang ke 11 ini ya mbak. Karena jauh di pulau seberang, aku cuma bisa ngepoin lewat media sosial aja keseruannya.

    BalasHapus
  3. Seru banget acaranya. KEB ini termasuk salah satu komunitas blogger yang aktif terus dan banyak memberikan informasi-informasi terupdate seputar dunia blogging. Happy juga bisa jadi bagian dari komunitas ini karena banyak dapat spirit dan positive vibes dari temen-temen blogger. Semoga panjang umur KEB!

    BalasHapus
  4. KEB ini komunitas blogger pertamaku dan termasuk yang paling aktif berbagi serta punya kegiatan yang keren-keren. Semoga panjang umur KEB dan para pengurusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lhoo
      Inget banget, karena follow twitter mba Alfa aku jadi tahu KEB..
      KEB 11 tahun, semoga panjang umur makin eksis.. berlimpah pahala buat emak-emak admin dibalik layar eksistensi KEB, sehat-sehat semua aamin

      Hapus
  5. wah seru banget ya kak acaranya, nggak terasa ya sudah 11 tahun keb membersamai emak-emak blogger di indonesia untuk terus bersinergi ... semoga keb makin sukses kedepannya

    BalasHapus
  6. wah seru banget nih acaranya mana dapat ilmu juga dong yaa. kayaknya metode EMAK ini juga bisa diterapkan kalau kita mau nulis novel ya, mbak biar novelnya bisa selesai

    BalasHapus
  7. Pingin banget gabung KEB. Semoga ada waktu untuk bisa gabung event-nya KEB

    BalasHapus
  8. Salah sayu komunitas pertamaku juga saat belum TLD, hanya tau grup fbnya doang. Hehe. Alhamdulillah kemarin bisa ikutan juga, ketemu dirimu walaupun ga sempet ngobrol banyak ya Mbak

    BalasHapus
  9. Yap 11 tahun KEB dan ngak terasa sudah hampir 11 tahun juga bergabung di KEB sejak pertama kali di approved oleh mak Sari yang sekarang sudah ngak aktif lagi. Kebetulan saya juga hadir dalam momen perayaan ini, dan seneng banget bisa bertemu blogger jadul. KEB adalah rumah pertama yang nyaman untuk aktivitas ngeblog saya, semoga kita semua diberikan kesehatan agar bisa kopdar dari di tahun depan.

    BalasHapus
  10. Terima kasih Mbak Zen sudah menuliskan reportase Milad KEB. Sekilas saja tahu tentang KEB ini dari para bloger perempuan yang kadang menuliskan tentang komunitas ini.

    Semoga KEB semakin sukses, semakin berjejak dan berbagi🤩

    BalasHapus
  11. Masyaa Allah, udah 11 tahun aja nih, padahal baru kenal kemarin saya.y, apalah daya blogger pemula

    BalasHapus
  12. Nggak kerasa ya udah 11 tahubn KEB ada dari zaman ketuanya masih mak Mira sampai udah ganti berapa kali

    BalasHapus
  13. Masya allah keren...udah 11 tahun ..masuk usia remaja . Keren KEB memberdayakan perempuan

    BalasHapus
  14. Note untuk metode Emak nya dalam menukis dari Ali Muakhir. Beliau keren sekali ya sebagai penulis. Selamat ya KEB semoga semakin jaya dan menginspirasi

    BalasHapus
  15. Serunya ya bisa ikut acara Milad KEB yang ke-11 tahun dan bisa ketemu sesama Emak2 Blogger. KEB ini juga termasuk komunitas blogger yang saya kenal di awal2 ngeblog sekitar 10 tahu lalu which is belum lama juga berdiri pada masa itu tapi salutlah bisa eksis zampai sekarang dan semoga ke depannya ya . Bisa lebih merangkul lagi para emak2 blogger

    BalasHapus
  16. Siapapun bisa menjadi berdaya dan berjaya di era digital ini.
    Bareng KEB makin cethaarr ya

    BalasHapus