Resep Tart Susu, Cemilan High Protein untuk Anak

19 komentar
Sebenarnya cemilan tart susu ini saya buat untuk suami yang menjalankan diet keto. Setelah dipikir-pikir, ternyata tart susu ini juga cocok menjadi cemilan high protein untuk anak. Kenapa?

Bagi orang yang menjalani diet keto, untuk makan besar sehari-hari cukup mudah, tinggal masak makanan tanpa menggunakan karbohidrat besar dan pemanis seperti gula. Makanan utama pun tidak mesti harus menyantap masakan rumah yang dibuat agak “customize”, beli di warung makan pun bisa seperti restoran padang atau sekedar beli ayam goreng di warteg.

Tidak untuk makanan cemilan.

Merupakan wajib adanya cemilan bagi suami secara dia penyuka manis. Inginnya sehabis makan besar ya ngemil yang manis-manis. Cemilan keto yang biasa ada di rumah biasanya es krim, cheese cake, dan selai kacang yang sering ia bikin sendiri. Roti juga kalau bisa rutin ketersediaannya. Nah, kalau ini saya yang buat meski proses pembikinannya lebih rumit dan lebih lama dibandingkan roti biasa hehe.

Stok roti sudah habis, tapi saya belum punya mood dan waktu agak banyak untuk membuat cemilan keto suami karena anak kurang sehat. Harus bikin cemilan keto apa?

Akhirnya terpikirkan oleh saya untuk bikin tart susu yang resepnya pernah dibagikan oleh mertua yang rutin buat camilan tersebut di rumahnya. Resepnya cepat, gampang dan instan. Hanya butuh waktu kurang lebih 50 menit untuk menyelesaikan tanpa perlu skill khusus. Karena tujuan utamanya untuk orang dengan diet keto, maka tepung terigu diganti menjadi tepung keto dan gula menjadi Lakanto serta sukralos.


Setelah tart susu jadi, saya random berpikir, wah satu loyang saja pakai 10 telur, bisa banget kan buat cemilan tinggi protein dan tinggi kalori buat anak. Apalagi jika gula diganti menjadi lakanto, bakal menjadi cemilan tanpa gula.

Oh ya, whipping cream bisa kok diganti susu cair biasa, tapi saya merekomendasi susu UHT atau Pasteurisasi, jangan susu bubuk dicairin ya.

Resep Tart Susu

resep tart susu



Bahan:
  • 10 telur pisah kuning dan putih
  • Whipping Cream (bisa ganti susu cair) 250ml
  • Air 250ml
  • Mentega 2 sdm
  • Tepung terigu 1 sdm
  • Gula 250 gr (Lakanto 70gr sukralos 20 tetes)
  • Vanilla 1 sdt
  • Garam secukupnya
  • Cream of tartar 1 sdt

Cara membuat:
  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius
  2. Campur kuning telur, whipping cream atau susu, air, mentega, tepung terigu, dan gula atau pemanis, vanilla, dan garam
  3. Masak di panci sambil terus diaduk agar tidak hangus hingga timbul letupan kecil
  4. Tuang ke wadah kaca tahan panas yang sebelumnya sudah dilumuri mentega
  5. Panggang 30 menit di dalam oven
  6. Campur putih telur dengan Cream of Tartar dan kocok cepat hingga kaku
  7. Setelah 30 menit, keluarkan adonan kuning telur yang sudah dipanggang dari oven
  8. Tuang adonan putih telur yang sudah mengembang dan ratakan. Hias bagian atas dengan memberi irisan kurma atau kismis
  9. Panggang kembali selama 10 menit
  10. Biarkan tar susu yang panas hingga menjadi temperatur ruang sebelum dimasukkan ke dalam kulkas
  11. Sajikan saat dingin!

Tips!

Beberapa tips, saat memisahkan antara putih dan kuning telur, diusahakan agar putih telur tidak terkena kuning telur (yang mungkin saja ada yang pecah) dan air. Kalau terkena dua bahan tersebut ada dua kemungkinan: Putih telur kurang mengembang atau tidak mengembang sama sekali.

Adonan kuning telur juga sebenarnya bisa saja tidak usah dimasak dahulu. Namun, proses pemasakan ini mempercepat kematangan. Kalau dimasak dahulu butuh setengah jam di oven, maka dibutuhkan waktu 1 jam pemanggangan oven kalau kamu memutuskan untuk tidak memasaknya.

Mudah dan cepat bukan resep tart susu ini. Biasanya tiap ada tart susu, semua anggota keluarga alngsung tertarik termasuk anak-anak. Putih telurnya ringan dan rasa kuning telurnya yang enak membuat anak nagih minta lagi dan lagi. 

Eh jadinya ini cemilan relatif mahal ya karena pakai 10 telur, apalagi jika pakai kuning telur omega haha.

Tertarik untuk memasak ulang resep tart susu ini?

19 komentar

  1. Sepertinya tidak susah ya. Jadi pengen nyoba juga Zeneth. Makasih resepnya.

    BalasHapus
  2. Ibu mertuaku bakal demen bgt dengan resep iniii
    Karena beliau suka bikin² kue juga.
    InsyaAllah aku share ah

    BalasHapus
  3. tart susu aku suka banget kak, wah bakalan recook ah buat camilan sore-sore enak banget sepertinya semua keluarga bakalan suka

    BalasHapus
  4. Bahannya mudah diperoleh, pembuatannya juga gak ribet. Cocok untuk cemilan cepat dan tepat di rumah. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  5. Membuat tart susu tanpa perlu skills baking yang expert, wah.. ini selera aku banget.
    Dijamin aku bisa kalau sudah dikasih tipsnya niih.

    hehhe...gak apa-apa ya.. percaya diri dulu.
    Karena sebenernya, aku lebih seneng baking ketimbang masak. Hehhe.. Padahal udahannya bikin cape ya.. Tapi ada kepuasan tersendiri ketike menyediakan camilan sehat untuk keluarga.

    BalasHapus
  6. Paksu termasuk suka hidangan yg kayak gini, bolehlah dicoba resepnya, kelihatan simpel pula.

    BalasHapus
  7. Mau bikin juga aahh di rumah, apalagi skrg rumah jauh dari mana-mana, kalo anak pengen camilan jadi bingung. mau gamau harus bikin sendiri wkwkwk cobain aahh

    BalasHapus
  8. Simpel n gampang nih kayaknya cara buatnya ya, Kak. Bisa nih dicoba sama yang nggak jago di dapur. Hehe.

    BalasHapus
  9. Wah cemilan baik untuk serumah berarti ya, ortu dan anak-anak, tart susu tinggi protein. Meski telur butuh 10 gapapa, pas pula punya telur omega, coba ah resepnya, thanks sharing-nya

    BalasHapus
  10. Terimakasih resepnya InsyaAllah mau recook pasti anak-anak suka nih

    BalasHapus
  11. Kayaknya enak nih, kaya nutrisi tapi aman di konsumsi anak-anak, terutama yang sedang dalam masa pertumbuhan biar ngak over konsumsi gulanya soalnya hampir semua jajanan favorit anak-anak memiliki kadar gula tinggi. Makasih mbak tips dan resepnya, semoga bisa recook pas weekend.

    BalasHapus
  12. Kata ibuku memang kalau roti yang enak biasanya telurnya agak banyak. Jadinya super lembut dan lebih nyess

    BalasHapus
  13. Saya suka banget dengan menu kayak gini...enak banget rasanya lain kali pingin coba ah

    BalasHapus
  14. Jadi pingin cobain bikin sendiri deh. Siapa tahu anak-anak suka kaan.

    BalasHapus
  15. Klo untuk yang ingin menghindari terlalu banyak telur, bisa dikurangikah takaran telurnya mbak? Ngeri juga membayangkan 1 porsi gitu pake 10 telur hehehe...

    BalasHapus
  16. waduh sayangnya gk punya oven nih.. ehmbisa jadi referensi buat camilan anak2 ya kak

    BalasHapus
  17. Aku ngebayangin kue tart ini dimakan dingin siang-siang sambil minum teh. Mesti enak. Kapan-kapan aku mau eksekusi ah.

    BalasHapus
  18. ini resep simple tapi butuh kehati-hatian yaa..butuh nyoba nih apalagi ramadhan sudah di depan mata 😍

    BalasHapus
  19. Sudah lama banget gak ngeluarin oven. Masih menggunakan oven tangkring. Tadinya kupikir agak ribet dimasak dulu. Tapi ternyata biar gak lama manggangnya ya.

    BalasHapus