Cara Ampuh Menentukan Letak Kamera Cctv yang Tepat!

Tidak ada komentar
https://unsplash.com/photos/KNt4zd8HPb0

Kamera CCTV merupakan salah satu perangkat pendukung untuk menjaga keamanan. Perangkat ini sudah awam digunakan baik itu di kantor, pusat perbelanjaan, jalan umum bahkan di rumah atau kediaman pribadi.

Agar cctv ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya maka ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Utamanya yang berkaitan dengan penentuan letak kamera yang tepat dan strategis. Sehingga akan memaksimalkan cara kerja IP CCTV tersebut.

Dalam menentukan posisi letak kamera pengawas yang tepat, ada sejumlah cara atau tips yang bisa Anda pertimbangkan. Apa saja tips dan cara tersebut, berikut ulasan lengkapnya.

Cara Menentukan Letak Kamera CCTV yang Tepat

Untuk memasang kamera pengawas, kemungkinan besar Anda akan merasa sedikit kebingungan terutama dalam hal menentukan letaknya. Apalagi jika ada banyak titik yang memerlukan pemasangan kamera ini. Sehingga Anda harus benar-benar menentukan letak yang tepat karena akan berpengaruh pada performa kamera itu sendiri.

Nah, untuk memudahkan Anda menentukan titik dan letak pemasangan yang tepat, coba ikuti cara berikut ini.

  • Menentukan titik pemasangan yang paling prioritas

Untuk menentukan letak kamera cctv yang benar-benar tepat, Anda harus menemukan terlebih dahulu titik mana yang paling prioritas. Sebagai contoh, jika Anda ingin memasang kamera CCTV di area ruang kerja maka fokuskan kamera menghadap ke meja kerja. Anda juga bisa memfokuskan kamera pada lemari atau brankas yang menyimpan dokumen penting.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan penempatan kamera pengawas yang tepat. Jika salah menempatkan CCTV maka Anda tak akan mendapatkan manfaat dari kamera pengawas tersebut. Dengan kata lain, percuma saja memasang kamera pengawas kalau ternyata tak bisa memberikan hasil yang maksimal.

Hal yang harus Anda perhatikan dalam penempatan kamera ini yaitu hindari menempatkan kamera terlalu rendah dari permukaan lantai. Namun jangan juga letaknya terlalu tinggi. Supaya semua area yang ingin Anda pantau masuk dalam sudut jangkauan kamera pengawas.

Selain itu, Anda juga meletakkan kamera pengawas di tempat yang tersembunyi dan tak gampang orang temukan. Dengan demikian Anda bisa mengawasi semua aktivitas secara diam-diam.

  • Perhatikan sudut jangkauan kamera pengawas

Saat ini kebanyakan kamera pengawas yang ada di pasaran memiliki sudut jangkauan yang sangat luas. Yakni sebesar 90o sampai 120o. Luas sudut jangkauan ini tergantung pada ukuran besar kecilnya focal length pada kamera pengawas tersebut. Dengan semakin kecilnya focal length maka sudut jangkauan kamera akan bertambah luas.

  • Menyesuaikan kemampuan kamera dengan pencahayaan

Intensitas cahaya sangat mempengaruhi kinerja kamera cctv. Terutama yang berhubungan dengan hasil rekaman gambar. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menempatkan kamera pengawas berdekatan dengan lampu. Jangan juga meletakkan kamera pengawas yang langsung mengarah ke sumber cahaya.

Kedua posisi tersebut akan mengakibatkan hasil rekaman gambar bisa saja menjadi silau. Sehingga kualitas hasil gambar atau rekaman akan menurun dan tidak maksimal.

Adapun jika ingin memasang IP CCTV di area gelap atau kurang cahaya, Anda bisa menggunakan kamera dengan infrared. Dengan bantuan infrared ini, kamera pengawas akan mampu menangkap gambar dengan jelas dan sempurna.

  • Memilih kamera indoor atau outdoor

Cara jitu untuk menentukan letak kamera pengawas yang tepat salah satunya yaitu memilih kamera indoor atau outdoor. Jika ingin memasang di area outdoor maka pilihlah kamera pengawas yang lebih tahan terhadap cuaca. Dengan begitu kamera bisa awet dan berfungsi dengan optimal dalam jangka waktu yang lama.

Ini artinya, Anda harus memastikan letak dan jenis kamera harus sesuai sebelum melakukan pemasangan.

  • Memperhatikan permukaan tempat pemasangan kamera CCTV

Hal yang juga penting untuk Anda perhatikan ketika menentukan letak kamera pengawas adalah permukaan tempat pemasangan CCTV. Ada baiknya jika Anda memasang kamera pengawas ini pada permukaan dinding atau plafon yang rata. Sebisa mungkin permukaan tersebut tak ada objek apapun yang dapat menghalangi CCTV.

Dengan begitu Anda bisa melakukan pemantauan terhadap semua aktivitas yang masuk dalam jangkauan CCTV dengan maksimal.

https://unsplash.com/photos/zBTYRFCeaS0

Hikvision ColorVu, Kamera CCTV Berkualitas dan Berteknologi Tinggi

Sebelum memutuskan untuk memasang kamera pengawas, Anda perlu memilih kamera yang tepat. Sehingga bisa membantu menjaga keamanan dengan maksimal. Diantara banyaknya pilihan kamera pengawas yang ada di pasaran, Hikvision ColorVu adalah salah satunya.

Kamera pengawas ini terbukti memiliki kualitas yang terbaik karena didukung oleh teknologi tinggi. Teknologi tinggi tersebut bisa Anda lihat dari perangkat keras yang canggih. Kamera ini bisa memproses gambar menggunakan teknologi ISP dan penyelarasan aktif sehingga sangat bisa Anda andalkan.

Dari teknologi canggih tersebut, tak ayal membuat kamera pengawas Hikvision ColorVu memiliki sejumlah keunggulan, yakni:

  • Mampu merekam semua momen dengan warna terang
  • Kamera mampu menghasilkan warna cerah
  • Resolusi kamera hingga 4K
  • Teknologi cerdas dalam ColorVu

IP CCTV Hikvision ColorVu merupakan teknologi dengan kecerdasan gabungan yang berasal dari dua teknologi terbaik yaitu ColorVu dan AcuSense. Perpaduan keduanya membuat kamera pengawas ini mampu menangkap target yang bergerak dengan warna hidup dan terang.

Bukan itu saja, dengan menggunakan ColorVu, Anda akan mudah mencari rekaman gambar yang diperlukan. Anda juga bisa menggunakan fitur Live Guard yang memiliki fungsi mencegahnya adanya penyusup dengan cara yang mudah meskipun jaraknya jauh. Yakni menggunakan alert secara pendengaran dan visual.

Dari keunggulan yang ada para Hikvision ColorVu tersebut, sudah dapat dipastikan kalau kamera pengawas ini sangat layak untuk digunakan. Di manapun nanti Anda memasangnya, kamera ini akan mampu mengawasi keadaan dan kondisi sekitar. Kemudian akan memberikan hasil rekaman yang jernih sehingga Anda akan melihatnya dengan jelas. Untuk merasakan keunggulan di atas, Anda perlu membuktikan sendiri kecanggihan teknologi kamera CCTV ini. Jadi tunggu apa lagi, gunakan kamera pengawas Hikvision ColorVu sekarang. Cek detail keunggulannya di sini.

Tidak ada komentar