Kuliner dan Tempat Makan Anti Ribet dengan Ayomakan!

12 komentar
“Kamu udah booking restorannya buat makan siang belum? Soalnya yang mau makan rame. Dibanding udah capek-capek datang eh penuh.” Ujar suami beberapa waktu lalu menuju jam kami sekeluarga hendak makan siang di luar.
“Duh bentar ribet, ini lagi cari nomor teleponnya di Google Maps dulu baru nelpon.”
tempat makan

Kemudian saat menelpon restoran kemungkinan langsung diangkatnya juga tidak 100%. Reservasi tempat makan di Indonesia mungkin stigmanya diperuntukan untuk restoran menengah ke atas, apalagi restoran yang ada di hotel. Restoran yang biasa di mall atau bahkan di pinggir jalan? Jangan harap deh. Padahal kita juga butuh kepastian saat makan di restoran kasual. Apalagi jika restoran tersebut terkenal dan banyak pelanggan. Biasanya kita harus datang agak di awal waktu agar dapat tempat duduk atau telat dan antri panjang.

Padahal tidak semua orang yang ingin makan di restoran pilihannya punya waktu yang relatif luang.

Jangan khawatir, kini kekhawatiran soal reservasi tempat di restoran pilihan tidak akan terulang lagi. Ada website yang akan membantumu untuk mencari tempat makan anti ribet.

Cari tempat makan, rekomendasi, dan reservasi dalam satu website

tempat makan
Mendekati jam makan siang dan malam biasanya krusial. Buka aplikasi, scroll, scroll, cek rekomendasi di Google Maps dan website, scroll, scroll, balik lagi ke aplikasi, scroll, scroll, close.

Tidak jadi pesan makanan atau makan di luar. 80% persen berakhir seperti itu. Bagi saya, pesan makanan melalui aplikasi atau datang langsung ke restorannya hanya diperuntukkan bagi orang yang punya ketetapan diri yang kuat karena dia tahu apa yang dia mau, yang mana sebagian besar orang tidak ada yang seperti ini.

Orang rata-rata cuma punya niat “pengen makan di luar” ataupun “pengen pesan antar makan” saja tanpa tahu jenis makanan apa yang dimau dan pilihan mana yang cocok buatnya. Makanya orang akan banyak menghabiskan waktu di scrolling dan googling saja tanpa menghasilkan pilihan akhir.

Meskipun akhirnya sudah menetapkan pilihan, sudah terlalu banyak waktu terbuang dan sudah masuk jam makan siang atau malam. Mau pesan antar bakal lama banget karena sudah rame. Begitu pula jika datang langsung ke tempat makan, kemungkinan besar antri.

Begitu saya diperkenalkan dengan aplikasi tempat makan Ayomakan!, saya merasa tercerahkan banget. Tinggal cari jenis makanan yang diingini maka akan muncul daftar restoran berdasarkan lokasi terdekat. Nanti kita akan disodorkan pilihan apakah hendak reservasi, pesan antar, atau ambil. Jika memutuskan pesan antar atau ambil, nanti kita diarahkan ke pilihan menu restoran. Kita tinggal pilih dan masukkan ke keranjang. Setelah menentukan metode pembayaran, maka pembayaran bisa diselesaikan dan makanan siap diambil atau diantar.

Mau reservasi restoran juga anti ribet. Tinggal pilih menu reservasi dan kita bisa santai berangkat ke tempat makan bersama keluarga ataupun teman tanpa harus dihadapkan kemungkinan mengantri atau pulang dengan sia-sia. Tidak ada lagi keribetan reservasi restoran dengan cara mencari nomor telepon via Google dan membuang pulsa telepon.

Mungkin beberapa ada yang heran kenapa di cuma website di jaman serba digital begini. Tentu saja jawabannya karena Ayomakan! sayang sama memori gawai kamu. Lah, buka Twitter, Facebook, bahkan Email saja saya lakukan via web gawai supaya saat mengambil video tidak terputus mendadak.

Ayomakan! Foodball Festival, ajang perkenalan sekaligus jajal kuliner

tempat makan

Untuk menjawab keresahan sebagian dari kita, Ayomakan! Melakukan Grand Launching websitenya dengan mengadakan Ayomakan! Foodball Festival di Senayan Park tanggal 16-18 Desember lalu. Momen Grand Launching ini bertepatan dengan Final Piala Dunia 2022. Apakah dibalik kebetulan ini?

Ayomakan! Foodball Festival diselenggarakan sebagai ajang uji coba pertama untuk merasakan pengalaman menggunakan website Ayomakan! Pertama kali dan merasakan fitur-fiturnya. Ayomakan! Sendiri merupakan besutan PT Esensi Solusi Buana (ESB) yang merupakan perusahaan pengembang teknologi software terintegrasi yang dirancang khusus untuk bisnis makan dan minuman.

Acara diadakan di halaman Senayan Park. Dengan hanya menunjukkan tiket voucher hasil mendaftar di web, kita bisa langsung masuh setelah tangan dicap dengan UV stamp. Langsung terlihat jejeran tempat makanan dan minuman. Beberapa Merchant tersebut adalah Kimukatsu, Pepper Lunch, Pempek Sriwijaya, Tuan Tanah, Salad Point, Sushi Kaiyo, Beef Mafia, Pisgor Srikaya, Izakayo, Jack & John, Melt Down, Penyetan Cok dan masih banyak lagi.

tempat makan

Bagian tengah lapangan diisi jejeran bangku dan kursi untuk makan. Di sisi bagian yang menempel dengan gedung Senayan Park terdapat panggung besar dengan warna identitas merah khas Ayomakan! Karena saya datang jam 12 siang, belum ada acara digelar dan saya pun langsung keliling survei incaran makanan. Akhirnya saya memesan Bakso Rusuk Bozz mama dan Kopi Susu Koba untuk makan serta Croissant Bakerzin untuk bekal oleh-oleh untuk anak.

tempat makan

Sistem pembayaran Ayomakan! Cukup unik. Kita tinggal memesan makanan via website di menu Foodball, pilih merchant untuk menu pickup, dan tinggal masukkan makanan serta minuman yang kita ingini. Metode pembayaran cukup variasi, tinggal kita pilih dan tidak lama kemudian makanan bisa kita ambil di tempat makan yang kita pilih. Sangat praktis, pesan makanan bisa duduk-duduk saja, cocok saat cuaca mendung seperti hari itu.

Minusnya, pemesanan dan pembayaran cuma bisa per satu merchant saja. Namun, kamu bisa memasukkan berbagai vocer yang kamu punya untuk satu merchant.

Sambil menyisip kuah bakso dan menyeruput kopi, sayup-sayup saya mendengar suara sapaan MC yang mengajak pengunjung seru-seruan.

tempat makan

Tidak hanya datang pesan makanan dan makan saja, tapi juga banyak aktivitas seru lainnya di Ayomakan! Foodball Festival. Salah satu kompetisi Dart Footbal dan Foosball di jam-jam yang sudah ditentukan. Untuk hari Sabtu, 17 Desember dan Minggu, 18 Desember juga ada nonton bareng sampai dini hari! Seru banget kan? Jadi terjawab mengapa Ayomakan! Foodball diadakan bertepatan dengan Final Pialan Dunia 2022.

tempat makan

Yang tidak kalah menariknya, panitia Ayomakan! Juga sangat detil seperti memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Terlihat dari banyaknya tong sampah dan wastafel. Panitia Ayomakan! Juga banyak yang patroli, siap bertanya dan membantu apabila menemukan muka pengunjung yang kebingungan.

tempat makan

Website atau Aplikasi? Reservasi Klik atau Telepon?

Mencari rekomendasi, memilih menu, hingga melakukan reservasi restoran kini semudah menjentikkan jari. Ayomakan! Sendiri dengan percaya diri melakukan terobosan dengan website all in one-nya alih-alih aplikasi yang lebih populer sekarang.

Kalau kamu setuju tidak dengan website Ayomakan! Aku sih suka asal semakin diperbaharui secara berkala sehingga minim glitch.

12 komentar

  1. Asyik bangettt klo ada website macam inii
    Pengalaman berkuliner makin enjoy.
    No ribet ribet yak

    BalasHapus
  2. Ih, enak banget ini, kita jadi nggak buang-buang waktu lagi ya. Berarti kalau sistem ambil juga gitu ya, kita ke sana pesanan kita udah jadi. Ah enaknya. Ngantrinya bisa dari rumah dong.

    BalasHapus
  3. Setuju banget...jadi enggak usah repot kalau mau makan harus antri.keren deh

    BalasHapus
  4. asiknya kalau pesan makan di Ayomakan ga perlu instal aplikasinya jadi ga perlu repot. udah gitu pilihan makannya banyak banget bisa milih dan ganti-ganti menus etiap hari

    BalasHapus
  5. Iya, aku sejujurnya pernah reservasi hanya untuk acara makan sekeluarga besar. Kalau hanya keluarga kecil, kayanya nothing to lose banget deh...makan dimana aja.

    Tapi sejak ada website Ayomakan! rasanya penting merencanakan akan makan dimana, terutama ketika weekend, ini mall yang ada tempat makan keshayangan bisa penuh pissaan.. Kudu reservasi dulu bisa dapet tempat makan yang nyaman melalui website Ayomakan!

    BalasHapus
  6. Wah mau coba ah.. kalau nanti makan diluar bareng keluarga

    BalasHapus
  7. Praktis banget nih!😍 Berguna banget buat kita yang harus sering-sering atur menu makan bersama ya.

    BalasHapus
  8. Website Ayomakan! ini ternyata bisa banget jadi referensi untuk berburu kuliner ya Mbak. Banyak banget pilihan-pilihan tempat makan yang bisa dicoba. Infonya pun lumayan lengkap, banyak makanan atau minuman unik yang ternyata belum pernah saya dengar namanya tapi ada di sini.

    BalasHapus
  9. Aku masih setia menunggu ekspansi ayomakan di Surabaya dan sekitarnya nih . Ga sabar mau nyobain platform keren ini.. sepertinya praktis, no ribet-ribet club..

    BalasHapus
  10. Aku mah setuju kalau bentuknya web. Kalau aplikasi harus install. Dan.ga semua orang punya memori hp gede.

    BalasHapus
  11. boleh juga nih, pasti berguna banget untuk teman-teman yang ada di kota besar apalagi kalau lagi rame atau pas weekend pasti rebutan tempat makan gak sih, jadi perlu juga booking pakai Ayomakan!

    BalasHapus
  12. Menarik banget nih. Apa lagi bisa datang langsung ke eventnya, pasti seru ya. Penasaran sama web nya ayomakaaan yang banyak 🤭.

    BalasHapus