Masak Seru Bareng Ibu Bikin Lumpia Keju

18 komentar
“Mama, Hasan mau jualan makanan, biar uangnya cepat nambah buat beli kartu Pokemon.”

masak seru bareng ibu

Seminggu belakangan ini Hasan sibuk berpikir mau jualan apa di kelasnya sejak merasakan nikmatnya menabung dan mengeluarkan uang sendiri dari dompet lalu menyerahkannya ke pegawai toko mainan untuk ditukarkan dengan Kartu Pokemon.

“Jualan donat gimana? Pasti teman kamu banyak yang suka. Bawa 10 biji dulu buat tes selera.” Tawar saya.

“Masa donat? Ga mau ah!” Tentang si sulung.

“Yah terserah aja sih, pikir aja dulu mau jualan apa.”

Si sulung pun bingung seminggu lebih cuma memikirkan makanan apa yang dijual. Tiba-tiba saja saya ingat pernah membeli kulit lumpia saat belanja bulanan. Lalu, saya teringat cemilan yang cukup sukses jaman saya kuliah dulu sebagai bagian dari usaha danus jurusan saya. Wow cemilan apakah itu?

Cemilan simpel tapi enak 

“Kamu mau bikin sesuatu cemilan ga daripada nganggur nunggu adik-adik kamu bangun? Yuk!” Ajak saya.

Hasan yang tidak senang tidur siang itu langsung beranjak dari sofa dan kemudian menuju dapur sambil penasaran dengan cemilan apa yang hendak dibuat. Saya mengeluarkan kulit lumpia dan keju dari kulkas dan kemudian menuangkan gula ke piring. Keju saya potong berbentuk kotak panjang, kemudian saya balurkan gula. Saya sisipkan keju bersalut gula tersebut ke dalam kulit lumpia yang saya lipat.

“Ini namanya Lumpia Keju. Dulu pas mama kuliah, cemilan ini dibuat sama teman-teman mama kemudian dijual buat nambah biaya kegiatan.” Terang saya.

masak seru bareng ibu

Hasan lalu mengangguk dan kemudian ia langsung bersemangat mengerjakan lumpia keju tersebut mulai dari memotong keju, membalurkan gula, hingga melipat kulit lumpia. Semuanya kami lakukan bersama-sama. Tidak terasa, dalam 5 menit telah tersedia lumpia keju yang siap digoreng. Anak sulung saya itu dari kecil memang sangat baik motorik halusnya. Tak heran cuma diajarkan melalui visual saja dia sudah bisa melakukannya dengan baik.

masak seru bareng ibu

Karena belum memperbolehkan Hasan menggoreng, maka saya pun yang melakukannya. Hanya dalam waktu singkat, lumpia keju goreng pun sudah tersusun cantik di piring. Hasan pun tak sabar untuk segera menggigitnya.

masak seru bareng ibu

“Hmm enak banget, bikinnya juga gampang, Hasan mau coba jualin ini ah ke teman-teman!”

Tak lama berselang, terdengar suara tangisan dari kamar tamu. Ternyata adik-adik Hasan sudah pada bangun! Melihat abang mereka mengunyah sesuatu, sontak mereka juga ikut meminta. Mereka nambah dan nambah terus. Cuma dalam waktu singkat, 25 buah lumpia keju ludes dan hanya tinggal sisa 2 buah.

masak seru bareng ibu

Terlihat semburat wajah bahagia di wajah Hasan. Senang karena masak seru bareng Ibu dan senang karena adik-adiknya senang cemilan buatannya.

Pentingnya masak bareng Ibu

Sebagai keluarga yang senang masak bareng, saya dan suami melihat bahwa sepenting itu melibatkan anak untuk masak bareng. Ketiga anak kami memang senang nimbrung saat kami sedang masak, namun mereka tampak lebih bahagia jika dilibatkan untuk masak bersama. Hasan sendiri mengingat usianya yang 7 tahun sudah berkali-kali masak bersama saya ataupun suami. Mulai dari menggiling adonan pizza, memecahkan dan mengupas telur, membuat puding, hingga kini membuat lumpia keju.

Masak bareng Ibu dan Babeh adalah momen bonding bagi kami sekeluarga. Kami tidak hanya masak, tapi juga bercengkerama. Ada komunikasi saat orangtua mengajar dan anak menyerap. Ada perkembangakan kemampuan yang diasah saat dia masak bareng Ibu dan Babeh mulai dari motorik halus, visual, hingga daya konsentrasi.

Masak seru bareng Ibu harus didukung dengan peralatan masak jitu

Sayangnya, sebagian keluarga menganggap bahwa anak masak adalah hal yang tabu. Aktifitas memasak hanya dilakukan orang dewasa dan anak-anak tinggal mengkonsumsinya. Melihat isu seperti ini, Miyako dan Rinnai berkolaborasi dengan tajuk Miyako x Rinnai dengan tema “Masak Seru Bareng Ibu”. Miyako dan Rinnai sendiri merupakan brand yang sudah terkenal di tanah air dan digunakan oleh jutaan rumah tangga. Masifnya penggunaan produk Miyako dan Rinnai disebabkan oleh harganya yang terjangkau namun didukung dengan kualitasnya yang premium dan bukan main-main sehingga cocok menjadi teman wajib anda.

masak seru bareng ibu

Dimulai dari Rinnai yang merupakan pemain lama di dunia kompor. Kompor Rinnai dikenal sebagai kompor dengan harga bersahabat dan awet. Keluarga saya sendiri cukup familiar dengan Kompor Rinnai. Misalnya kompor yang dimiliki oleh Ibu saya. Sebenarnya Ibu saya memiliki 2 kompor, Rinnai Grande dan freestanding oven merk lain. Ibu saya lebih senang memasak menggunakan Rinnai Grande karena lebih simpel, tidak mudah jorok, dan apinya besar. Kompor Rinnai 2 tungku ini sangat awet, terbukti umurnya lebih lama dari usia saya nikah, yakni 8 tahun.

Produk dari Miyako juga tidak kalah populernya, terutama Rice Cooker Miyako yang sudah melegenda. Ingat Rice Cooker ini?

masak seru bareng ibu

Saking awetnya, akun @biasalahanakmuda di IG mengatakan bingung kapan bisa ganti Rice Cooker karena Rice Cooker Miyako biru itu tidak rusak-rusak. Saya yakin Rice Cooker Miyako biru itu tidak hanya dimiliki oleh @biasalahanakmuda, tapi juga jutaan rumah tangga lainnya.

Termasuk saya.

Rice Cooker Miyako biru itu adalah Rice cooker yang saya miliki dari awal nikah sampai beranak tiga karena saya harus mengganti dengan Rice cooker baru dengan kapasitas lebih besar. Kapasitasnya yang hanya 1,2 liter cukup simpel dalam segi ukuran dan bisa mengisi mulut hingga 4 orang dalam sekali masak. Tidak cuma saya, Rice Cooker Miyako biru juga digunakan oleh Ibu saya hingga sekarang.

Seperti yang dikutip dari Silvia Putri sebagai Head of Digital Miyako. Kompetisi foto Miyako x Rinnai juga menjadi ajang kreativitas para Ibu mengabadikan momen masak bersama sang buah hati. Wow, apalagi kalau masaknya didukung oleh produk Miyako dan Rinnai ya!

Yuk, ikuti kompetisinya dan tonton Live Cooking-nya!

Selain mengadakan kompetisi foto, Miyako x Rinnai juga akan mengadakan LIVE cooking Demo di Instagram pada tanggal 23 Desember 2022. Semua Ibu yang berkompetisi dapat mengikuti LIVE Cooking Demo tanpa registrasi ulang. Selain itu, akan banyak hadiah menarik yang akan dibagikan selama acara berlangsung.

LIVE Cooking Demo berlangsung sebanyak 2 kali yakni pukul 09.00 - 10.00 WIB di Instagram Rinnai (@rinnai_indonesia) dan pukul 14.00-15.00 WIB di Instagram Miyako (@miyako_indonesia).

Ada alasan lainnya kenapa Ibu harus totalitas dalam mengikuti foto kompetisi. Pemenang kompetisi “Masak Seru Bareng Ibu” akan mendapatkan kesempatan masak bersama Chef Norman Ismail salama LIVE Cooking Demo berlangsung! Wow, bakal ditonton jutaan Ibu di seluruh Indonesia, lho! Info lebih lanjut tentang kompetisi ini langsung cek https://bit.ly/Miyakoxrinnai1

Tunggu apa lagi, segera ajak si kecil masak dan siapkan konten terbaikmu. Selamat bersenang-senang bersama si kecil!

18 komentar

  1. Dua merek legend dan juga di miliki mayoritas ibu-ibu di Indonesia, Rinnai dan Miyako. Aku juga punya hehe. Sampai bingung kapan mau ganti rice cooker dan kompor karena bandel dan awet banget.

    BalasHapus
  2. Wah seru juga masak bareng ibu seperti ini
    Apalagi masaknya pakai kompor Rinnai ya mbak

    BalasHapus
  3. Enaaaak banget euuii..
    Namanya cheese stick bukan, kak? Biasanya kalau Ramadan suka ada yang jual namanya pisang aroma. Jadi kulit lumpia yang isiannya pisang gula dan meses.

    So yummiii~ yaah..
    Si kulit lumpia ini ajaib bisa divariasi isi apa aja dan jadi cemilan nikmat. Anak-anak seneng, Mama juga seneng karena masak bareng begini adalah aktifitas bonding sekaligus masa-masa yang akan menjadi pembelajaran untuk anak.

    Kudu banget didukung dengan alat masak yang awet seperti Rinnai.
    Masak apa aja, pakai Rinnai dan Miyako, bisa menjadi pengalaman bersama Ibu dan diikutkan dalam Kompetisi foto Miyako x Rinnai. Dapat semakin banyak kebaikan.

    BalasHapus
  4. Hwaa kayaknya enak, mau jugaa ah bikin ntr.. kebetulan ngga ada yang ngga suka keju di rumah wkwkw. Jadi camilan sore yang bikin akur ini mah wwkkw

    BalasHapus
  5. Seru banget nih Kakak Hasan masak sama Ibu n Babeh.😍

    BalasHapus
  6. Btw, pengin nyobain masakan Hasan dooong. Pasti enak banget, sampai2 25 lumpia ludes sisa 2 doang. Hhh
    Komporku juga Rinnai, ricecookerku juga Miyako. Dududu, pas amat. Xixi

    BalasHapus
  7. Bentuk Miyako warna biru itu agak unik, seperti wajah orang tersenyum. Atau saya yang berimajinasi?

    BalasHapus
  8. Waktu kuliah pakai rice cooker biru persis di foto blog ini ukuran paling kecil. Awet mpe turun temurun ke adik saya yang kuliah. Pas nikah, awet juga mpe 7 tahun dan masih bagus. Nggam dipakai karena ganti yang ukuran besar di rumah mertua.

    BalasHapus
  9. Resepnya cukup mudah dicoba anak-anak ini..mau buat ah bareng anak-anak.

    BalasHapus
  10. Asik banget emang kalau masak bareng gini tuh, lebih seru aja walau kadang lebih berantakan. Btw, Miyako ini produk favorit ku karena terjangkau dan gampang dicari dimana2~

    BalasHapus
  11. Simpel banget ya mba. Berarti itu cuma keju digulung aja ya di kulit lumpia. Kreatif juga nih hihi

    BalasHapus
  12. Mas Hasan keren sudah mempunyai jiwa entrepreneur sejak dini. BTW lumpia kejunya mau saya contek ya mba...pasti yummy

    BalasHapus
  13. Wah lumpia keju,jadi ide resep buat masak seru bareng anak...mudah dan mantap enak,anak suka pasti
    Memang masak seru perlu didukung peralatan yang oke, seperti Miyako dan Rinnai

    BalasHapus
  14. Kayak.y lumpianya enak nih, krispi dan lumer dalamnya jadi pengen coba jg

    BalasHapus
  15. wah simpel banget ya ini kuenya mbak. bisa buat bekal anak juga. memang nih penting banget mengajak anak masak itu biar mereka punya skill memasak juga ke depannya

    BalasHapus
  16. Boleh juga tuh idenya utk jualan lumpia keju, cara buatnya mudah dan rasa gurihnya pasti disuka anak-anak. Seru yaa... dari ide gini bisa masak bareng ibu dan anak.

    BalasHapus
  17. Wah enak nih lumpia keju. Aq di rumah juga kompor Rinnai ga rusak2 euy. Kalau Miyako belum pernah coba rice cookernya nih.

    BalasHapus
  18. Keren ibunya pintar masak dan tahu banget anaknya butuh kegiatan positif apalagi bisa dimakan bareng adik2nya. Rinnai ini juga komporku sejak zaman nikah. Miyako rice cooker banyak ya keunggulannya

    BalasHapus