Manfaat Jalan Kaki ke Sekolah bersama Anak

13 komentar
Meski jarak SD si sulung dari rumah kurang dari 3 km, saya rutin jalan kaki ke sekolah bersama anak. 

Tiap hari saya mengantarkan si sulung ke sekolah menggunakan mobil. Kadang-kadang banget sih babehnya antar, karena biasanya babehnya sudah sepedaan ke kantor sejak jam setengah 7. Terakhir babehnya mengantarkan si sulung saat dua adik gadisnya si sulung sakit dan ART saya pulang bulan lalu.

Lho, katanya antarnya naik mobil, kok tetap jalan kaki ke sekolah bersama anak?

manfaat jalan kaki

Begini, jarak sedekat itu kalau full menggunakan mobil harus spare waktu hampir 40 menit sebelum jam masuk supaya si sulung tidak telat masuk. Harus mengantri lampu merah simpang dan mengantri di jalan kecil depan sekolah si sulung lah yang menyebabkan waktu perjalanan sangat lama.

Tidak rela dong saya rumah dekat banget tapi butuh 40 menit mengantarkan sekolah. Beruntung saat awal-awal suami mengantarkan si sulung ke sekolah, ia menemukan jalur pintas ke sekolah supaya tidak usah repot-repot antri lampu merah dan antri di jalan kecil. Jadi, mobil cukup diparkirkan di lahan parkir depan depo gas dan bengkel di samping gang, kemudian kami jalan melewati gang rumah-rumah warga sejuah 300 m.

Kini kami bisa berangkat 20 menit sebelum jam masuk sekolah! Meski harus combo jalan kaki ke sekolah bersama anak, justru saya semangat menyambut pagi tiapi mau antar anak ke sekolah. Tidak kebayang jika saya harus menghabiskan 40 menit untuk mengantar si sulung sekolah 5 hari dalam seminggu. Sudahlah capek hati, habis bensin pula.

Ternyata ada beberapa manfaat jalan kaki ke sekolah bersama anak yang membuat saya bersemangat tiap Senin hingga Jumat meski harus bangun lebih pagi.

1. Menaikkan mood

manfaat jalan kaki
Saya tipe orang yang saat keluar rumah, inginnya sudah mandi. Dulu aja jaman kuliah pagi jam 7, saya rela mandi meski hanya 2 menit saat telat bangun pagi (dulu sehabis subuh suka tidur lagi ehehe). Ketimbang saya keluar rumah dalam keadaan pliket, muka berminyak, panas, tidak segar, dan hanya membungkus diri dengan jilbab dan jaket tambahan, mending saya maksa mandi meski kilat tapi dalam keadaan penampilan sudah siap beraktivitas.

Saat jalan kaki ke sekolah bersama anak pun membuat diri terpapar sinar matahari. Jalan kaki 600 m pulang-pergi artinya membuat saya melakukan aktifitas fisik ringan di tiap Senin dan Jumat.

Menurut buku Why We Sleep karangan Matthew Walker, langsung beraktifitas saat matahari terbit membuat tubuh memaksimalkan siklus sirkadian yang menandakan tingginya kewaspadaan. Terpapar matahari pagi juga menekan pelepasan melatonin dalam tubuh yang merupakan hormon tidur. Melatonin ini bisa terus dikeluarkan oleh tubuh saat dalam keadaan gelap. Makanya, Ikut jalan kaki bersama si sulung dibandingkan di rumah saja sangat berpengaruh untuk mood saya seharian itu.

Jalan kaki ke sekolah bersama anak pulang-pergi sejauh 600 meter menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit tergantung jalan cepat atau jalan santai. Saya yang tipe introver pemikir ini tentu akan sangat memaksimalkan momen kesendirian ini karena saya bisa sendiri dan berpikir dengan tenang sembari menghirup udara segar di luar ruangan. Bagi saya kesendirian ini tiap harinya cukup penting mengingat saat pulang ke rumah saya relatif tidak memiliki waktu untuk pikiran sendiri karena harus berinteraksi sama 2 adik gadisnya si sulung.

Inilah manfaat jalan kaki ke sekolah bersama anak yang selalu saya rasakan tiap harinya.

2. Bonding

manfaat jalan kaki
Si sulung dan adik tertuanya berjarak 3,5 tahun lebih, artinya selama 3,5 tahun itu pula saya mudah melakukan bonding time degan si sulung, termasuk saat melakukan traveliving. Semua berubah saat adik kedua dan ketiganya lahir. Bisa dihitung, saya cukup jarang melakukan bonding time lama bersama si sulung saja tanpa terdistraksi adik-adiknya. Terakhir yang saya ingat adalah saat mengantarkan Hasan ke dokter kulit berdua saja 2 tahun lalu.

Meski si sulung sudah beranjak besar, tangki perhatian untuk si sulung harus diisi selalu. Kalau saya dapat berduaan dengan si sulung minimal 20 menit tiap 5 hari dalam semingu, why not? Selama di mobil kami bisa ngobrol tanpa terdistraksi adik-adiknya yang minta perhatian. Begitu juga saat jalan kaki ke sekolah bersama anak. Bahkan hal-hal remeh temeh pun bisa kita perbincangkan dan menjadi salah satu momen pergi sekolah.

Saat sampai di sekolah, saya juga bisa lebih proper mengantarnya di depan sekolah. Menyalami dan mencium pipinya. Rasanya beda jika saya melepas si sulung pergi sekolah di rumah saja.

Namun, kami tidak selalu berdua saja. Si tengah suka sudah bangun dan akan merengek untuk ikut mengantar abangnya. Dibanding bertengkar, mending saya boyong saja sekalian hehe. Lumayan, si tengah yang suka “manja” itu jadi terpaksa ikut jalan kaki 600 meter dan secara tidak langsung berjemur di bawah matahari sambil menghirup udara segar.

Coba kalau di rumah di ajak jalan keluar, pasti suka malas-malasan dia. Lumayan kan salah satu manfaat jalan kaki ke sekolah beserta si tengah juga termasuk melatihnya mampu jalan jauh. Mempersiapkan fisiknya saat travelling nanti.

3. Mengamati sekitar

manfaat jalan kaki

Ada banyak hal yang bisa diamati saat jalan kaki dibandingkan saat naik transportasi umum atau naik mobil pribadi. Saat naik kendaraan bermotor, kita begitu cepat melewati suatu area sehingga tidak sempat mengamati sekitar lebih detil. Itulah makanya saat travelling, saya sebisa mungkin menyempatkan jalan kaki di pinggir jalan demi mengamati hal-hal yang "tidak" terlihat.

Misalnya saat kami traveliving sebulan di Yogyakarta. Meski kami bawa mobil, kadang-kadang saya jalan-jalan bersama si sulung naik trasportasi umum yang pastinya harus disertai kombo berjalan kaki. Saat saya berjalan kaki di area Malioboro, saya bisa mengamati jenis manusia apa yang lalu lalang, arah tujuan manusia yang bersliweran, hubungan harga-waktu-pengunjung di Gudeg Mbah Lindhu, hingga menemukan hidden gem berupa kafe di gang semping Sosrowirjan.

Mengamati sekitar adalah manfaat jalan kaki yang selalu saya nikmati. Saat jalan kaki ke sekolah bersama anak pun saya bisa melihat denyut dan sendi kehidupan warga di sekitar sekolah si sulung. Mengetahui bahwa banyak guru sekolah si sulung yang ngekos di area tersebut. Ada juga adik-kakak yang sama-sama murid satu sekolah dan secara kebetulan sering kami lihat saat mereka berangkat sekolah.

Hal-hal lucu lainnya adalah ternyata area gang-gang pemukiman di sekitar sekolah si sulung sering dipakai untuk syuting. Belakangan saya baru tahu (lebih tepatnya akhirnya tahu karena ngintip hehe) bahwa itu adalah syuting sinetron “Tukang Ojeg Pengkolan”. Kami juga melewati kandang ayam yang terkadang ayamnya sudah bersliweran serta kandang yang berisi musang yang ditangkap warga dan sepertinya kemudian dipelihara.

Begitulah manfaat jalan kaki ke sekolah bersama anak yang benar-benar saya nikmati di tiap harinya. Alih-alih tertekan karena harus sudah bersiap sejak pagi, saya malah menyambut dengan sukacita karena bisa merasakan banyak hal dengan hanya jalan kaki ke sekolah mengiringi si sulung.


Mood yang stabil, bonding bersama anak, aktifitas fisik ringan, terpapar sinar matahari, hingga mengamati hal unik di sekitar. Hampir tidak ada deh alasan tidak senang ikut jalan kaki ke sekolah bersama anak :)

13 komentar

  1. Saya juga sering jalan sama ortu waktu masih kecil. Walaupun berjarak jauh, tapi kita enjoy aja sambil bicara hal-hal remeh-temeh. Quality time justru muncul saat kita jalan bareng.

    BalasHapus
  2. Jadi keinget waktu sekolah dulu dari SD sampai SMP suka sekali jalan kaki, Mbak. Berjalan bersama temen-temen membuat jarak tempuh yang jauh tidak lagi terasa. Eeee sampai rumah pasti langsung makannya lahap dan banyak, hahaha

    BalasHapus
  3. Benar sekali mbak
    Mengajak anak jalan kaki saat ke sekolah punya banyak manfaat
    Aku juga gitu
    Antar jemput anakku ke sekolah dengan jalan kaki

    BalasHapus
  4. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan berjalan kaki bersama pasangan, anak dan orang tua.

    BalasHapus
  5. Buanyaaakkkk banget manfaat jalan kaki.
    Baik utk kesehatan fisik mental.
    Bonding dgn anak.jg ya 😍🙏

    BalasHapus
  6. Betul banyak manfaatnya jalan kaki ke sekolah kalau memang lokasinya dekat. Bisa ngajarin anak biar ga manja juga ya

    BalasHapus
  7. Jadi ingat masa kecil dijemput sekolah sama emak trus dipakein payung. Mental dan physical health.y dapat semua

    BalasHapus
  8. saya termasuk jarang nih mbak jalan kaki. kemana-mana naik motor. heu. padahal jalan kaki itu bagus juga ya buat kesehatan

    BalasHapus
  9. sepakaaat mbaaaak, jalan pagi ke pasar juga enak banget, anak-anak bisa mengenali lingkungannya jugaa

    BalasHapus
  10. Jalan kaki di pagi Hari ini menjadi Kita lebih sehat ya mbak. Mood seharian jadi lebih bagus ya mbak anak-anak juga lebih senang

    BalasHapus
  11. Wah jadi pengin juga. Mengingat masa sekolah dulu juga jalan kaki. Sekarang anak-anak semua pake ojek. Yang nomor dua aja yang kadang pengin jalan kaki. Layak dicoba. Makasih sudah berbagi mbak

    BalasHapus
  12. Yes, nikmat banget pagi2 jalan dengan si kecil, nganter dia sekolah. Badan jadi bugar gitu kaaannn... selain itu bonding pun makin bagus antara ibu dan anak.

    BalasHapus
  13. Btw, markir mobil di situ amankah? atau memang parkiran? Lah, malah nanya mobil hihi. Mayan ya meski masih naik mobil bisa nyambung jalan kaki bisa deh bonding sama si sulung. Palingan kendala pas hujan ya Mbak..becek pasti gangnya

    BalasHapus