Rekomendasi Hotel di Solo untuk Keluarga dengan Family Suite

25 komentar
Apa saja Rekomendasi Hotel di Solo untuk keluarga dengan family suite?

rekomendasi hotel di solo untuk keluarga

Meski ini kali keduanya kami wisata ke Solo, jujur saja, pertengahan tahun 2022 ini adalah pertama kalinya kami jalan-jalan ke luar kota berlima yang harus menginap di hotel. Sebenarnya pernah sih menginap di penginapan saat di luar kota, tapi biasanya bersama keluarga besar.

Terakhir berhotel sendiri adalah pada tahun 2019, dimana kami melakukan traveliving saat baru bertiga. Hanya saya, suami, dan si sulung saja. Saat itu kami tidak ambil pusing saat memesan hotel. Mau dapat kasur twin? Tidak masalah. Kasur cuma ukuran Queen? Juga tidak masalah.

Berbeda dengan sekarang, kami sudah berlima dan artinya tidak bisa segampang itu memutuskan menginap di hotel mana. Kami harus memilih kamar yang bisa kami tiduri berlima dengan harga semurah-murahnya.

Opsi paling gampang sebenarnya memesan kamar di hotel mana pun kemudian memesan extra bed. Namun, pilihan tidak semudah itu Ferguso! Hotel budget tidak menyediakan extra bed. Pun, memesan Extra bed di kamar biasa hotel non-budget membuat pembengkakan budget signifikan. Selain itu, untuk mengetahui harga per malam termasuk memesan extra bed harus menghubungi dahulu hotel terkait. Artinya, kita tidak bisa menyortir harga dari awal. Harus repot-repot dulu japri hotel!

Dalam prioritas pemilihan tempat menginap, kami biasanya menetapkan range harga terlebih dahulu. Setelah hotel dengan range harga yang ditentukan sudah ditetapkan, selanjutnya tinggal menimbang mana pilihan yang paling baik berdasarkan fasilitas, lokasi, hingga ulasan penginap lainnya.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka memilih kamar hotel dengan harga terbaik tanpa memperhitungkan extra bed adalah opsi paling cepat dan taktis. Berawal dari kerumitan dalam memilih hotel, maka saya pun menulis rekomendasi hotel keluarga di Solo ini agar banyak keluarga yang terbantu dan tidak bingung seperti saya.

Jika kamu adalah keluarga dengan minimal 3 anak dan menginginkan rekomendasi hotel di solo untuk keluarga dengan family suite, simak daftarnya di bawah ini!

1. Aston Solo

rekomendasi hotel di solo untuk keluarga
Sumber: Aston Solo

Rekomendasi hotel di Solo untuk keluarga dengan family suite yang hampir kami pesan adalah Aston Solo. Hotel ini berlokasi di pusat kota, yakni di Jalan Slamet Riyadi yang merupakan lokasi CFD di Kota Solo. Posisinya yang di tengah kota membuat kita dengan mudah menjangkau tempat wisata dan kuliner di Kota Solo dengan mudah. Di Depan hotel membentang trotoar luas sehingga enak untuk berjalan kaki. Hotel Aston Solo ini terkoneksi dengan sebuah pusat perbelanjaan tua. Parkir bisa cukup susah dan dikenai biaya jika menggunakan jasa valet.

rekomendasi hotel di solo untuk keluarga
Hasan 4 tahun lalu, Jl. Slamet Riyadi

Fasilitas Aston Solo cukup lengkap seperti sudah memiliki kolam renang sehingga cocok bagi keluarga yang ingin berenang saat liburan. Kamar berukuran 30 m2 ini menyediakan satu kasur ukuran queen (160x200) dan satu kasur single. Untuk keluarga dengan anak 3 masih bisa meski agak desak-desakan dan tidak disarankan dengan anak lebih dari itu.

Konon katanya, bagi kamu yang sensitif dengan yang “halus-halus” tidak disarankan untuk menginap di sini. Aston Solo dibangun dari mall yang dulu pernah kebakaran akibat kerusuhan tahu 1998. Beberapa orang mengatakan pernah melihat pemandangan “halus-halus” yang tidak diharapkan hihi. Tapi bagi kamu yang tidak sensitif dan tidak peduli sih hajar saja, soalnya Aston Solo ini salah satu hotel Solo dengan Family suite termurah dan terlengkap fasilitasnya.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.373, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57147
Telp: (0271) 7882000
Harga Family Suite: Mulai dari Rp 710 ribu

2. The Alana Hotel

rekomendasi hotel di solo untuk keluarga
Sumber: Alana Hotel

Rekomendasi hotel di Solo untuk keluarga dengan Family Suite yang pernah kami coba adalah The Alana Hotel. Lokasinya sedikit di pinggir luar kota Solo, yakni di area Colomadu. Salah satu tempat wisata terdekat dari hotel ini adalah de Tjolomadu, bangunan bekas pabrik gula terbesar di Indonesia yang dibangun sejak tahun 1862. Pemerintah melakukan restorasi di pabrik gula ini dan menyulapnya menjadi museum. Posisi The Alana Hotel yang berada di utara mungkin sedikit kurang menguntungkan jika ingin mengunjungi magnet kuliner di Kota Solo yang banyak berada di area pusat dan selatan. Terlebih harus berdamai dengan tata lalu lintas Kota Solo yang memiliki titik lampu merah yang sangat banyak dengan waktu lampu hijau sebentar.

Fasilitas The Alana Hotel sangat lengkap karena menyediakan kolam renang dan convention center yang sering dijadikan tempat melangsungkan acara pernikahan. Parkiran di hotel ini cukup banyak, sampai 3 lantai basement. Namun, penginap akan agak susah mencari parkiran saat ada yang melangsungkan acara di convention center.

Kamar hotel yang disediakan juga berukuran luas, yakni sebesar 29 m2 dengan satu kasur ukuran super king (200x200) dan satu kasur single (100x200). Dengan ukuran kasur yang teramat luas, tidur di kamar ini bagi kami sekeluarga dengan tiga anak cukup lega! Suami tidur di kasur single dan saya serta 3 anak di kasur super king tanpa desak-desakan. Kamar mandinya juga cukup luas, lho.

Alamat: Jl. Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar, Kec. Colomadu, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57174
Telepon: (0271) 7451555
Harga Family suite: Mulai dari Rp 780 ribu

3. Amaris Sriwedari

rekomendasi hotel di solo untuk keluarga
Sumber: Amaris Hotel

Tidak ada Rekomendasi hotel di Solo dengan Family Suite yang memiliki lokasi terbaik dan harga termurah selain Amaris Sriwedari! Namun, booking family suite ini tidak mudah, lho. Kenapa?

Hotel Amaris Sriwedari berlokasi di jantung Kota Solo. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata Solo mulai dari Tumurun Private Museum, CFD, Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka, dan banyak lainnya dengan hanya berjalan kaki.

Amaris Sriwedari adalah hotel bintang 2, jadi jangan harap fasilitas ekstra seperti kolam renang. Kamar family suite berukuran 22 m2 menyediakan satu kasur king dan satu kasur single. Lumayan bisa tidur agak lega jika kamu keluarga dengan anak tiga. Hotel Amaris Sriwedari ini cocok bagi keluarga yang banyak menghabiskan waktu di luar dan memusatkan kamar hotel hanya untuk beristirahat. Pasalnya, kamar dengan ukuran tidak terlalu besar dan memiliki jendela yang kecil ini tidak begitu nyaman ditempati jika ingin berlama-lama di kamar. Anak pun jadi kurang betah.

Jalan di depan Amaris Sriwedari ini cukup kecil. Parkirannya pun juga sedikit sehingga butuh usaha untuk penginap saat mencari parkir. Melihat posisinya yang sangat strategis dengan ketersediaan kamar yang sangat terbatas, jangan harap kamu bisa membooking family room di Amaris Sriwedari jika tidak jauh-jauh hari, terutama saat akhir pekan.

Alamat: Jl. Kebangkitan Nasional No.24, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141
Telepon: (0271) 7461627
Harga Family Suite: Mulai dari Rp 420.000

5. Novotel Solo

rekomendasi hotel di solo untuk keluarga
Sumber: Accor hotels

Rekomendasi hotel di Solo untuk keluarga dengan Family Suite berikutnya adalah Hotel Novotel Solo yang berlokasi tepat di simpang jalan Slamet Riyadi dan jalan Gadjah Mada. Kamu sekeluarga bisa dengan mudah mengikuti CFD pada akhir pekan karena posisinya yang berada di depan jalan CFD. Lokasinya juga termasuk di pusat kota sehingga akan mudah mengunjungi keraton, museum, dan berbagai spot jajanan di Kota Solo.

Meski gedung Novotel Solo sudah cukup tua, fasilitasnya cukup lengkap termasuk kolam renang. Kamar hotel family suite menempati area sebesar 32 m2 untuk satu kasur ukuran single dan satu kasur ukuran double. Kamu bisa juga memesan family suite dengan tipe 3 kasur single. Parkirannya juga cukup banyak kok.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.272, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141
Telepon: (0271) 724555
Harga Family Suite: Mulai dari Rp 707 ribu

6. Solo Paragon Hotel

rekomendasi hotel di solo untuk keluarga
Sumber: Solo Paragon Hotel

Solo Paragon berlokasi tepat di atas Paragon Mall sehingga kamu akan dengan mudah mencari restoran dan berbelanja kebutuhan sehari-hari. Hotel Solo Paragon ini menjadi salah satu rekomendasi hotel di Solo untuk keluarga dengan family suite karena ukurannya sangat luas.

Solo Paragon Hotel sejatinya adalah apartemen yang juga dibuka untuk sewa harian seperti hotel. Karena berbentuk seperti apartemen, Solo Paragon cocok bagi kamu dengan anggota keluarga besar yang hendak menginap dengan jangka waktu lama karena tersedia pantry yang lebih lengkap ketimbang hotel lainnya.

Kamar family suite juga sangat luas berbentuk 2 kamar tidur dengan ruang tamu terpisah. Kamar family suite pertama menempati lahan seluas 58 m2 dengan satu kasur double dan satu kasur single. Kamar family suite lainnya menempati lahan lebih luas lagi, yakni seluas 78 m2 yang terdiri dari satu kasur double dan dua kasur single atau bisa hingga 4 orang dewasa!

Karena Solo Paragon Hotel berlokasi di gedung yang sama seperti Solo Paragon Mall, mencari parkiran juga tidak akan sulit.

Alamat: Jl. Dr. Sutomo, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57125
Telepon: (0271) 7655888
Harga Family Suite: Mulai dari Rp 900 ribu

Tips berikutnya yang tidak boleh dilupakan

rekomendasi hotel di solo untuk keluarga

Selain rekomendasi hotel di Solo untuk keluarga dengan family suite di atas, ada hal-hal lain yang tidak boleh kamu lupakan. Saat sudah membuat shortlisted hotel incaran, maka yang dilakukan berikutnya adalah membandingkan antar harga dari berbagai Online Travel Agency (OTA) hingga situs resmi. Cari harga yang paling murah. Mencari di situs resmi sering dilupakan, padahal beberapa kali saya menemukan harga lebih murah di situs resmi hotel.

Saat memiliki anak banyak, mengetahui ukuran bed juga sangat krusial. Biasanya di situs hanya tertulis ukuran double dan twin, ukuran pastinya tidak dicantumkan. Padahal ini sangat krusial mengingat antara kasur queen dan super king size bed bakal menawarkan kenyamanan yang signifikan untuk tidur bersama-sama dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, sebelum memantapkan hati dalam membuat shortlisted hotel, hubungi dahulu hotel perihal ukuran bed. Bisa menelpon langsung atau via kanal sosial media yang telah mereka sediakan.

Memiliki ukuran keluarga cukup besar, selain memesan kamar family suite bisa juga dengan mengambil opsi menyewa AirBnb. Namun karena biasanya AirBnb berupa rumah atau apartemen, posisinya relatif jarang yang berada di tengah kota. Memesan di AirBnb juga harus teliti dalam menyimpulkan harga karena banyak harga tambahan yang ditambahkan saat akan melakukan pembayaran.

Meski perjalanan ke Solo tempo hari harus diwarnai dengan anak muntah mencret, perjalanan tersebut membuat pengalaman baru bagi kami dalam memesan akomodasi.

Sudah memutuskan mana hotel yang kamu pilih untuk menginap bersama keluarga berdasarkan rekomendasi hotel di Solo untuk keluarga dengan Family Suite yang lengkap ini?

25 komentar

  1. Biasanya kalau nemu sebuah hotel yang menurut kita bagus, fasilitasnya lengkap namun harganya cukup murah, pasti ada faktor x nya, ntah itu karena memang promosi baru dibuka atau ada kisah horornya.

    BalasHapus
  2. hotel aston ini mengingatkan saya sama salah satu hotel di kota yang juga pernah kebakaran saat kerusuhan. asli hotelnya memang horor dan sekarang sudah tidak dibuka lagi

    BalasHapus
  3. seru banget.
    better yang Solo Paragon Hotel deh mbak, style apartemen kusuka.
    Ajak ponakan pas libur semester pas nii :)

    BalasHapus
  4. Kalau ke Solo, biasanya saya nginap di hotel yang letaknya di Jalan Slamet Riyadi. Beberapa kali ke sana, jalan situ lagi. Hahaha. Mungkin karena oleh keluarga dianggap strategis ke tempat tujuan yang kami inginkan.

    BalasHapus
  5. Untuk kenyamanan keluarga saat berlibur, tempat menginap memang jadi hal utama yang dipikirkan. Dan Rekomen hotelnya bagus ini kak, sehingga bisa jadi pilihan

    BalasHapus
  6. saya belum pernah ke Solo, Mba. Namun bila suatu saat ada kesempatan berkunjung ke sana, sepertinya saya bakalan milih nginap di hotel yang gampang dijangkau dan lebih dekat dengan fasilitas umum

    BalasHapus
  7. Makasih banget nih mbak, bisa aku jadiin referensi nih kalau ke solo mau nginap di hotel yang mana. Yang jelas aku nggak milih hotel yg pertama soalnya bocil2 plus bapaknya pad sensitif sama yg halus2. Mereka sih biasa aja ketemu yg halus2. Aku yang Mak ser ser gedumbrangan nggak tenang. Ahay

    BalasHapus
  8. Hotel yang ramah lingkungan ini ya kak, asyik banget untuk santai bareng keluarga kala libur tiba

    BalasHapus
  9. rekomendasi hotel kayak gini sangat membantu banget ya, bisa mencari dan menimati lburan dengan tenang. Terbantu banget

    BalasHapus
  10. Wah, asik rekomendasinya Mbak. Saya pun sering bingung kalau cari hotel untuk sekeluarga. Terakhir ke Solo, pilih Aston untuk menginap. Nyaman dan sarapannya memuaskan. Lokasi juga si tengah kota. Alana juga bagus ya sepertinya..

    BalasHapus
  11. Wah mantap Mba rekomendasinya. Saya belum pernah ke Solo lagi selain waktu studytour SMA. 🤭

    BalasHapus
  12. Lebih terjangkau mana yaa, kak.. antara sewa apartemen atau menginap di Hotel dengan jenis kamar yang suites gitu?

    Soalnya sekarang tuh pesen pakai OTA, kamar dengan fasilitas terbaik bener-bener terjangkau banget. Suka ada diskon khusus.. ((mungkin karena masa-masa pariwisata bangkit, kali yaa.. ))

    BalasHapus
  13. Hidup beberapa tahun di Solo, seringnya lihat hotelnya saja belum pernah nginep di sana satu pun aku, Mbak, hahaha. Untuk ber-ekor banyak alias punya banyak anak itu memang war biyasaaaa ya, Mbak urusan extra bed harus difikirkan benar.
    Aku kok tergiur yang paragon itu ya, kayaknya luaaaas, nyaman untuk ibu ber-ekor banyak

    BalasHapus
  14. Wishlist ke Solo khusus buat explore, dulu pernah booking hotel yang memang aku pengene, karena ga bisa berangkat terpaksa ga jadi jalan jalan ke solo
    Hotel aston memang nggak diragukan lagi kalau soal fasilitas ya, pas banget buat family
    ternyata di Solo ada The Alana ya, aku kira nggak ada, wahh menarik juga, pengen nginep Alana semoga kapan kapan bisa kesampaian

    BalasHapus
  15. Benar banget....pernah ke solo tapi nggak kesampaian bisa nginap di hotel karena traveling low budget

    BalasHapus
  16. Duh, saya ppaling lemah kalau mencari hotel sperti ini.. Biasanya kalau mau kluar kota yg mencari hotel dan harga"nya pasti suami.. Stelah baca ini, bisa jd rekondasi deh kalau bsk ke solo lagi..

    BalasHapus
  17. Wah iya, pilih-pilih hotel emang nggak gampang ya mbak
    Apalagi kalau buat staycation bareng anak-anak

    BalasHapus
  18. Bisa aku bookmark dulu nih mbak buat kapan-kapan kalau mau ke solo. Soalnya kalau milih hotel apalagi udah punya anak butuh banyak pertimbangan

    BalasHapus
  19. Terima kasih rekomendasinya....pas bener karena saya sekeluarga sering ke Solo - beberapa saudara kandung suami tinggal di Solo dan sekitar kota ini. Kalau aku karena dua anak sudha SMP dan SMA jasi selalu pesan family room yang bisa berempat atau kalau ga ada dua kamar dengan connecting door atau sebelahan.
    Btw, makasih info hotelnya:)

    BalasHapus
  20. Saya penasaran nih sama hotel Alana yang letaknya dekat museum Colomadu. Dulu pernah ke Colomadu dari Tawangmangu, tapi hanya beberapa jam di Solo lanjut Jogja. Ke Colomadu cuma satsetsatset gak berasa. Kalo bisa nginap lebih enak, sekalian pengin makan serabi Solo.

    BalasHapus
  21. Save dulu ah. Manatau kapan ke Solo bisa nginap disini

    BalasHapus
  22. saya pernah coba aston solo saat pernikahan saudara, nyaman, masakannya juga enak hehehe
    ingin kesana lagi ah

    BalasHapus
  23. Dari semua hotel yang disebutkan, baru pernah menginap di Alana, mba. Terima kasih loh untuk referensinya, jadi tau nih misal mau ke Solo bawa anak-anak ntar harus browsing hotel apa saja di sana.

    BalasHapus
  24. Banyak sekali ya pilihan hotelnya, pas banget nih buat temen temen yang lagi travelling. Kalau saya belum pernah main ke solo hehee

    BalasHapus
  25. Betul ya, mbak. Semakin banyak anggota keluarga, kita juga memikirkan kamar hotel yang bisa memuat semua anggota keluarga, tapi dengan budget yang masuk akal supaya kita saat healing bisa tetap bahagia karena budgetnya nggak diluar hitungan

    BalasHapus