Melakukan Live Streaming seperti Yoo Hobin dari How To Fight dengan IDN App

17 komentar
Saat membaca Webtoon Korea di gawai, sering sekali saya melihat mereka melakukan live streaming, mendapatkan sumbangan karena puas dari aksi mereka, dan mendapatkan uang sebagai hasilnya.

Contohnya Webtoon How to Fight karangan Park Taejoon. Komik tersebut bercerita tentang seorang anak SMA cupu, Yoo Hobin, yang tidak sengaja menemukan channel tutorial berkelahi bagi pemula. Karena sering dibuli, akhirnya ia mempelajari channel video berkelahi tersebut. Setelah sukses menang pertarungan pertamanya, ia memutuskan untuk membuka channel dan sering melakukan live streaming. Tidak jarang juga saat live streaming ia mendapatkan “hadiah” dari subscribernya.

live streaming idn

Loh, memang live streaming bisa dapat hadiah dan sumbangan uang ya?

Ternyata bentuk live streaming ini populer di Korea dan beberapa negara lainnya. Di Indonesia sendiri melakukan live streaming dan mendapatkan “hadiah” merupakan bentuk yang kurang populer di Indonesia. 

Ternyata sekarang ada lho aplikasli lokal yang memungkinkan penggunanya melakukan live streaming dan melakukan monetisasi dari hobi ini. Sebut saja IDN App, sebuah aplikasi yang dimiliki oleh jaringan berita IDN.

Yuk kenalan lebih jauh dengan IDN App dan kenapa kamu harus mengunduhnya di ponselmu.

Mengenal lebih jauh IDN App

live streaming idn

IDN media adalah salah satu jaringan media terbesar di Indonesia yang terkenal di kalangan gen Z dan milenial. Jaringan ini memiliki ekosistem media amat besar, tercatat ada 16 anak perusahaan media dibawahnya yang membawahi berbagai macam bidang, seperti Yummy untuk kuliner, Popbela untuk gaya hidup, dan Fortune Indonesia untuk bisnis.

live streaming idn

IDN App diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2020. Sesuai dengan target audiensnya yang merupakan gen Z dan milenial, IDN App dilengkapi dengan berbagai fitur atraktif seperti pengelompokan berita berdasarkan topik, tanya jawab bagi pengguna yang antusias, hingga menulis artikel yang penulisnya akan mendapatkan reward berupa poin yang dapat ditukarkan ke uang tunai!

Sebagai seorang blogger, fitur menulis artikel ini sangat menggiurkan. Meski siapapun dapat menulis artikel di IDN app, bukan berarti artikel yang dihasilkan tidak bermutu. Artikel yang didaftarkan sebelum diterbitkan akan diperiksa terlebih dulu oleh tim editor redaksi IDN. Kabarnya, penulis teraktif bisa mendapatkan hingga lebih dari Rp 50.000.000 lho hanya menulis di IDN!

Nah, sekarang IDN app meluncurkan fitur terbaru yang menjadi wadah menarik bagi content creator lho! Penasaran apa fitur terbarunya?

IDN Live streaming

live streaming idn

Sebelum merasakan sensasi menonton atau bahkan melakukan live streaming, jangan lupa unduh IDN app dulu ya! Bagi kamu pengguna iOS atau Android jangan khawatir karena IDN app sudah tersedia baik di App Store ataupun Google play.

Setelah membuka IDN app, nanti kamu lihat ada tab IDN live di tengah bagian sisi atas. Kamu dapat menonton pembuat konten yang sedang live streaming.

Kita tidak sekadar menonton live streaming saja, bisa juga ngobrol sama streamer bahkan mengirimkan aneka virtual gift dengan “gold” milik kita. Kita bisa lebih dekat dengan streamer dan mereka akan lebih semangat dengan virtual gift yang kita berikan kepada mereka.

live streaming idn

Sejauh ini di IDN app saya sudah melihat konten E-sport dan sharing hal-hal positif lainnya. Seru juga sih liat orang push rank hehe.

Setelah menonton live streaming di IDN app kemudian kamu kepikiran membuat konten bermanfaat?

Nah, kebetulan, bagi kamu yang tertarik menjadi live streamer, IDN sedang mengadakan IDN Live Streamer Fund. Wow, apa lagi ini?

IDN Live Streamer Fund, ajang live streamer berbakat

live streaming idn

ID Live streamer adalah portal melakukan live-streaming yang menghubungkan pembuat konten dengan komunitasnya. Tidak hanya sebagai wadah melakukan live-streaming, tetapi juga membuat para live streamer dan penonton terasa lebih dekat karena dapat berinteraksi satu sama lain.

Seiring dengan berkembangnya kepopuleran live-streaming, IDN juga ingin turut ambil andil mengapresiasi komunitas live-streamer atas konten yang telah dibuat.

Menariknya, live-streaming kamu dimonetisasi oleh IDN lho! Jadi kamu bisa menjadikan passion dan hobi kamu ini untuk menghasilkan uang.

Siapa saja yang bisa menjadi peserta IDN Live Streamer Fund

live streaming idn

Pada dasarnya, semua orang bisa menjadi live streamer di IDN. Namun, ntuk ikutan di ajang IDN Live Streamer Fund, ada beberapa kriteria dasar yang harus dipenuhi:
  1. Tinggal di Indonesia dan berusia minimal 18 tahun. Minimal punya KTP ya, usia 18 tahun artinya kamu sudah cukup dewasa untuk bertanggung jawab atas konten yang akan kamu siarkan
  2. Memiliki setidaknya 100 pengikut di aplikasi IDN, jadi kamu juga harus aktif di IDN!
  3. Konsisten melakukan streaming harian di IDN Live. Jangan jadi streamer dadakan. Nanti kalau hilang-muncul bakal dicariin sama penonton setia live streaming kamu lho!
  4. Mempromosikan hal-hal positif. Menjadi seorang konten kreator juga harus memiliki prinsip kalau yang dibagikan adalah hal-hal yang bermanfaat, bukan mengajak ke hal-hal negatif.
  5. Berjiwa kreatif dan otentik. Coba cari apa yang menjadi ciri khas kamu yang membedakan kamu dengan live streamer lain. Seorang pembuat konten yang kreatif dan orisinil secara organik akan mendatangkan penonton setia, lho!
  6. Sesuai dengan kebijakan komunitas IDN Live. Jangan lupa baca peraturan yang diterapkan oleh IDN ya!

Keuntungan menjadi streamer

live streaming idn

IDN sebagai platform baru yang menyediakan fitur live streaming tentu berniat memanjakan penggunanya ekosistem media IDN sendiri ada banyak, yakni IDN, IDNTimes.com, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, Fortune Indonesia, dan Duniaku.com.

Kamu para streamer yang masih memiliki perlengkapan terbatas juga suatu saat akan berkesempatan menggunakan studio profesional milik IDN yang berlokasi di Jakarta dan Surabaya. Para streamer boleh menggunakan perlengkapan tambahan milik IDN seperti kamera, mic, mixer, tripod, lighting, layar hijau, dan banyak lainnya.

Untuk meningkatkan skill para live streamer, IDN akan memberikan program pelatihan dan mentorship dari tim profesional IDN. Tidak hanya itu, dari koneksi IDN yang sudah luas, kesempatan para streamer untuk mendapatkan sposor juga semakin besar.

Bagaimana, cukup menarik kan? Bagi kamu yang merasa seorang pembuat konten ulung, tidak ada salahnya untuk ikutan IDN Live Streamer Fund. Tidak cuma hobi dan passion kamu dimonetisasi, tapi IDN juga akan membantu kamu meningkatkan skill dan peralatan sehingga lebih profesional.

Langsung aja unduh IDN App dan daftar IDN LIve Streamer Fund. Siapa tau kamu jadi seterkenal Yoo Hobin dari How to Fight yang sampai bisa membayar biaya rumah sakit Ibunya.

17 komentar

  1. Sekarang mau tambah ilmu dan wawasan makin mudah ya. Adanya IDN live bikin kita makin banyak kesempatan untuk bisa belajar lagi nih

    BalasHapus
  2. Nah, dulu saya juga tahu streaming begini di negara lain, akhirnya kini IDN App, aplikasi lokal menjembatani para penggunanya melakukan live streaming dan melakukan monetisasi dari hobi streaming ini. Keren sekali!

    BalasHapus
  3. Ke depan streamer bakalan menjadi booming ya Mbak? ternyata fitur IDN makin lengkap nih.

    BalasHapus
  4. Keren IDN LIve, bisa bikin streaming jadi lebih booming nih di masa depan nanti.

    BalasHapus
  5. Jaringan IDN media ternyata luas juga ya, dari popmama sampai ke Fortune Indonesia. Btw, program fitur IDN live ini memang menarik ya Mbak. Bisa sharing virtual gift plus interaksi secara live tentunya dengan streamer favorit..

    BalasHapus
  6. Di IDN LIVE ini kita nggak hanya dihibur dengan berbagai konten live streaming yang menarik ya mbak
    Tapi juga bisa jadi peluang berkarya sebagai Streamer

    BalasHapus
  7. saya sudah coba download, seru nih ternyata IDN, banyak topiknya dan ga perlu khawatir ketinggalan karena ada notifikasi terus

    BalasHapus
  8. Unik banget yaah..live streaming ya kontennya komik. Kalau ketinggalan gak bisa di rewind.

    Tapi sebagai konten kreator, bekerjasama dengan IDN Live ini jadi semakin semangat menggali ide konten.

    BalasHapus
  9. Saya sudah coba an beruntung ada konten yang disuka, jadi bisa bermanfaat untuk dipakai dalam jangka waktu lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya udah coba lihat IDN Live Streaming? Iya seru juga ya, kalau pas waktu yang tepat bisa dapat konten bermanfaat

      Hapus
  10. Wah keren deh sampe ada pelatihannya ya, yang bakat tampil dan punya skill bicara yang mumpuni, boleh banget nih coba live streaming di aplikasi IDN. Klo konsisten pasti nanti punya massa sendiri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, salah satu syaratnya konsisten, terlihat memberatkan padahal sebenarnya engga. Soalnya supaya terbentuk engagement antara penonton dan streamer

      Hapus
  11. ada wadah begini buat millenial dan gen z jadi peluang banget yaa.. apalagi memanfaatkan teknologi banget 😍 keren IDN live dengan dukungan 50 M nyaa.. wwooww.. 50 M lhoo 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget ya,, ga tanggung-tanggun IDN menggelontorkan 50 M buat para konten kreator!

      Hapus
  12. Wah keren ya IDN APP, mau unduh ah biar keponya lebih banyak. Selama ini streming di APP itu-itu aja.

    BalasHapus
  13. Saya juga sekarang suka buka2 IDN live, ka, kadang ada demo masak, dsn juga beauty tips, streamernya jg ramah2

    BalasHapus