Wajah Baru Calon Ruang Gym Dengan Nippon Paint Satin Glo

47 komentar
Proyek terbaru rumah kami: mengecat ruang gym dengan Nippon Paint!

Setelah 6 tahun lebih tinggal di apartemen, kami akhirnya menempati rumah baru kami di awal tahun 2022 ini. Di bulan ke-3 kami menempati rumah ini, hampir semua ruangan sudah fungsional, kecuali kamar tamu yang masih menjadi gudang dan ruang gym.

Rumah kami adalah rumah yang dibangun dari tanah kosong dengan personalisasi layout sendiri, jadi bukan beli dari developer. Kami memilih opsi ini karena secara lokasi dan harga, bangun dari tanah kosong adalah opsi paling murah dan masuk akal untuk kami. Selain itu, kami bisa membuat rumah ini lebih personal dengan merencanakan denah rumah sesuai dengan kebutuhan keluarga kami.
  • Tentu kami tergolong mencicil untuk membeli furnitur agar semua ruangan di rumah ini fungsional. Ruangan yang paling terakhir berfungsi sesuai dengan peruntukannya adalah ruang gym. Karena:
  • Tempat taruh sementara kardus isi buku karena rak buku belum dibeli
  • Peralatan gymnya juga masih nyebar dan belum banyak
Alhamdulillah seluruh kardus buku di bulan Maret ini bisa dibuang karena kami sudah membeli rak buku. Saatnya mendandani ruang gym!

ruang gym dengan nippon

Setelah dilihat-lihat kok bosan juga ya kalau ruang gym warna putih haha. Akhirnya punya ide untuk mengecat dinding gym berbekal dengan lihat-lihat di Pinterest. Menurut beberapa teori, warna spesifik terbukti memberi berbagai efek pada sifat dan pikiran manusia.

Kebetulan juga akan menyambut Ramadhan kan, boleh lah menyiapkan calon ruang gym ini dengan perspektif baru supaya makin semangat workout-nya hehe. Hayo, pada penasaran tidak akhirnya kami memutuskan menggunakan warna apa?

Pilihan kami untuk mengecat dinding area gym jatuh pada Nippon Satin Glo. Sebenarnya ini adalah merk cat yang berbeda dibandingkan cat dinding rumah kami yang lain. Kenapa kami akhirnya memutuskan untuk menggunakan merek dan jenis cat dinding ini?

Mengapa harus Nippon Satin Glo?

ruang gym dengan nippon

Nippon Paint adalah salah satu produsen cat terkemuka yang sudah dipercaya sejak lama karena kualitasnya yang bergaransi dan warna 100% akurat & konsisten. Coba, ada berapa influencer home decor yang merekomendasikan produk cat Nippon Paint?

Nippon Paint juga memiliki 10.000 kreasi warna yang dapat kamu pilih sesuai selera. Nah, kebetulan menyambut bulan Ramadhan ini Nippon Paint menghadirkan Tren Warna Ramadhan (TWR) dengan tema:

“Sucikan Hati, Jadi Versi Terbaik Diri.”

Warna TWR yang diusungkan berupa warna monochrome, warna warm, dan warna tropical.

Nippon Paint sendiri menegaskan bahwa dengan hadirnya TWR ini sebagai bentuk komitmen Nippon Paint untuk memberikan dampak positif berarti bagi kehidupan, apalagi setelah 2 tahun pandemi ini.

Salah satu prasyarat kami memilih cat adalah cat yang memiliki fitur gampang dibersihkan dari coretan dan kotoran. Maklum, kami punya 3 anak dibawah 6 tahun. Sebenarnya mereka juga bukan tipe kotor coret-coret sih, namun fitur cat dinding yang gampang dibersihkan adalah cara preventif kami untuk memiliki dinding rumah bersih lebih lama.

Nippon Satin Glo adalah salah satu varian cat dinding dari Nippon Paint yang paling tinggi. Sesuai namanya, hasil akhir cat akan mengkilap sehalus sutra seperti namanya. Yang lebih penting lagi, kalau anak-anak tidak sengaja mengotori dinding, kami akan dengan mudah membersihkannya agar dinding kembali kinclong.

Selain itu, pihak Nippon juga telah mengkonfirmasi bahkan tipe cat interior varian ini berbasis 100% akrilik tanpa tambahan timbal dan merkuri. Jadi Insya Allah aman ya karena tidak mengandung bahan beracun. Semoga anti jamur juga ya!

Pengalaman membeli Nippon Satin Glo

ruang gym dengan nippon

Meski baru membangun rumah, memilih hingga membeli cat sendiri toko adalah pengalaman saya pertama kali. Sebelumnya karena cat yang dibutuhkan borongan, jadinya saya memilih langsung melalui kartu warna di toko cat dan membelinya di marketplace.

Saya memutuskan membeli Nippon Paint Satin Glo di Mitra10 Cinere yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Meskipun ini cabang yang kecil, dengan mudahnya saya menemukan cat dinding merk Nippon Paint terpampang di etalase depan di dekat kasir. Saat ingin berkonsultasi pun saya juga dengan mudah menemukan sales Nippon Paint di konter tinting.

ruang gym dengan nippon

Mas salesnya sangat ramah dan memfasilitasi segala pertanyaan saya seputar produk yang mau saya beli. Bahkan saya mau kepo lihat proses tinting cat saja diperbolehkan.

Setelah melihat koleksi warna Nippon Paint di Color chart, saya memutuskan untuk memilih TWR warna Warm. Ini untuk menyesuaikan tema cat rumah saya secara keseluruhan. Eksterior dan ruang utama di lantai bawah rumah saya menggunakan tema monokrom. Untuk memberikan aksen dalam rumah, kamar tidur tamu, ruang belajar dan kamar tidur utama menggunakan warna warm. Untuk memfasilitasi keekspresifan anak-anak saya, semua kamar anak menggunakan warna aksen terang sesuai pilihan mereka masing-masing.

Lantas, warna warm apa yang akan menjadi penyemangat di pojok ruang gym kami?

ruang gym dengan nippon

Wow, saya tidak sabar menantikan hasilnya! Semoga energinya sesuai ya dengan semangat berolaharaga!

Kebetulan sekali, ternyata seri Satin Glo sedang diskon 15%. Lumayan kan, cat interior seri tinggi harganya cuma 283 ribu ukuran 2,5 L. Kata mas-nya juga ukuran segini cukup untuk mengecat area dinding luas hingga 12 meter persegi.

Setelah membayar di kasir, saya memberikan nota ke mas sales. Sesuai janji, mas sales menunggu saya datang sebelum proses tinting dilakukan.

Proses Tinting

Proses tinting atau proses mencampurkan warna pada cat terdiri dari 2 proses yang dilakukan untuk hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 menit. Apa saja proses tersebut?

1. Tinting

ruang gym dengan nippon

Jadi ternyata semua cat berwarna itu hadir dalam warna putih. Kebutuhannya warna apa baru akan diproses di tempat. Jadi cat warna dasr tersebut dicampur dengan biang warna di mesin tinting. Terdengar mesin tinting menderu mengeluarkan tetesan biang warna sesuai dengan “resep” yang diprogram dari komputer..

2. Pengadukan

ruang gym dengan nippon

Setelah selesai tinting, mas sales menutup kaleng cat dan mengetuknya dengan palu agar tertutup rapat. Kenapa harus tertutup rapat, karena cat akan diaduk di mesin pengadukan. Kaleng cat yang telah tertutup rapat diletakkan di slot mesin. Setelah mesin ditutup, terlihat kaleng cat diaduk dan digetarkan berkali-kali.

Setelah proses pengadukan selesai, mas sales akan membuka kaleng cat dan memastikan warna sesuai dengan pesanan sembari mengoleskan warna tersebut di log book sebagai dokumentasi.

Selesai! Kaleng cat pun bisa dibawa pulang ke rumah.

Oh ya, karena ini pengalaman pertama mengecat sendiri, saya berkonsultasi dengan mas sales butuh peralatan apa saja. Dengan senang hati mas sales menunjukkan peralatan bundling mengecat dengan harga murah. Mas sales pun juga bersedia saya mintai tolong memindahkan kaleng cat dan peralatan mengecat ke dalam mobil.

ruang gym dengan nippon

Proses pengecatan

Karena ini pertama kalinya mengecat sendiri, saya pun agak panik. Untunglah saya punya teman penggiat home decor yang sering melakukan prakarya terkait rumah sendiri. Teman saya dengan senang hati menjelaskan perkara mengecat rumah sendiri serta alat apa yang dibutuhkan. Seketika hati saya pun jadi lebih tenang dan siap.

Sudut ruangan gym saya kalau dilihat membosankan juga ya. Begini kira-kira penampakannya!!

ruang gym dengan nippon

Posisi pojok gym ini merupakan salah satu bagian di rumah kami yang minim cahaya, sehingga bagian pojok ini terlihat pucat.


Dalam proses pengecatannya sendiri saya memilih menggunakan bantuan tukang kepercayaan karena saya tau hasilnya sangat rapi!

Cat dicairkan dengan air dan dituang di ember cat. Kemudian dengan menggunakan rol besar, cat diratakan ke seluruh permukaan rol. Cat dioleskan ke seluruh bagian dinding menggunakan rol besar kecuali bagian-bagian-bagian yang mepet ke bagian lain yang tidak ingin di cat.

ruang gym dengan nippon

Setelah selesai, baru bagian-bagian kecil seperti area dekat soket dicat dengan menggunakan kuas kecil. Sebenarnya untuk menghasilkan hasil yang lebih rapi bisa dengan cara merekatkan ke batas antara area cat-tidak cat dengan menggunakan lakban kertas.

ruang gym dengan nippon

Nippon Paint mengklaim jarak pengecatan adalah 3 jam agar cat mengering dengan sempurna. Ternyata, hasil cat lebih cepat kering dari perkiraan. Cuma ditinggal solat dan makan siang saja sudah mengering.

Selain itu, saya juga senang dengan hasil pengecatan meski baru lapisan pertama. Jika ada bagian kurang cat yang kita timpa, cat baru yang sudah mengering sempurna warnanya akan seragam dengan bagian lain.

ruang gym dengan nippon

Coba lihat gambar diatas dimana saya mengecat kembali bagian yang masih kelihatan putih, kelihatan kan belangnya? Hasil akhir timpaan saya itu benar-benar mulus dan tidak belang sama sekali!

ruang gym dengan nippon

Sesuai arahan sales, harus dilakukan pengecatan sebanyak dua kali untuk menghasilkan permukaan yang lebih baik. Pengecatan kedua berlangsung lebih mudah karena tinggal menebalkan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Penasaran dengan hasil akhirnya?

ruang gym dengan nippon

TRING!!!

Bagus kan? Saya suka dengan efek akhirnya yang halus dan memantulkan cahaya. Ini semakin cocok dengan area pojok gym kami yang kurang mendapatkan hamparan sinar Matahari karena posisinya agak jauh dari jendela. Efek memantulkan cahaya ini juga memberikan kesan pojok gym kami lebih lapang.

Selain itu, kami juga memutuskan hanya mengecat di satu sisi saja mengingat warna Sable Brown ini cukup dipakai sebagai warna akses.

Sejauh ini ruang gym belum terisi, hanya Yoga Mat dan beberapa dumbbell serta resistance band saja. Tiap melewati pojok Gym ini rasanya ga sabar segera melengkapi ruang gym dan rajin beraktivitas disana.

Cikal bakal ketagihan pakai Nippon Paint

ruang gym dengan nippon

“Hebatnya Nippon Paint yang Serba Bisa, Hebatnya Nippon Paint Solusi Total Untuk Segala Pengecatan”

Setelah menggunakan produk Nippon Paint, saya akui saya puas dengan hasilnya. Hasilnya mengkilap dan saya sudah coba “mengotori” dan langsung mengelapnya. Dinding tampak langsung mulus kembali.

Kayaknya kalau mau mengecat bagian lain di rumah saya juga bakal menggunakan produk Nippon Paint lagi. Kalau kamu sedang ingin renov rumah atau membuat rumah, saya sangat menyarankan penggunaan Nippon Paint. Kalau masih galau bisa cus langsung hubungi layanan Nippon Paint berupa Whatsapp Care untuk konsultasi pengecatan dan produk lebih lanjut. Kamu juga bisa menggunakan Colour Scheme GRATIS untuk mendapatkan rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint kalau kamu ragu dengan padu padan warna yang akan kamu gunakan.

Selamat bereksplorasi!

47 komentar

  1. warnanya cantik mba 😍 makin happy nge-gym dengan nippon satin glo yaa

    BalasHapus
  2. Moment Ramadhan dan idul fitri emang waktunya ganti suasana rumah. salah satunya dengan mengganti cat dinding rumah. Tahun ini mau nyoba cat nippon paint kali ya. Kok manis-manis pilihan warnanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, momentum banget! Aku pas ke toko cat seru banget milih-milih catnya haha

      Hapus
  3. wah asik nih bakal ada ruang gym, gaya hidup sehat makin bisa dirutinin yaaa, etapi Nippon Paint emang dari dulu emang terkenal bagus dan awet sih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba,, Nippon Paint termasuk merk favorit, makanya bahkan di toko bangunan kecil pun ada Nippon Paint

      Hapus
  4. terimakasih rekoemndasi catnya. selama ini kalau ngecat ya ngandelin tukang untuk milih sekaligus ngecatnya. eh seru juga ya kalau milih sendri dan ngecat sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mba! Bisa coba di 1 bagian dinding dulu, kalau watir baru panggil tukang haha

      Hapus
  5. Keren ya nippon paint satin glo ini. Meski gelap, warnanya tetap glowing gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa! Sesuai dengan namanya satin Glo. BEnar-benar mewakili

      Hapus
  6. Ah hasilnya memang bagus ya. Warna satin gold ini beneran mengkilap.
    Hebat ya proses mengadukan di mesin tingting. Kalau sudah terstruktur secara komputerisasi hasilnya pasti tidak mengecewakan

    BalasHapus
  7. btw, kemarin aku baru renov kamar mandi dan pakai cat Nippon Paint dong. Pilihan warnanya melimpah, banyak juga jenis2 cat yang bisa disesuaikan untuk segala kondisi ruangan. Cakep banget calon ruangan gym-nya ih

    BalasHapus
  8. Baru tahu nih tentang proses tinting cat. Menarik ya,bs berkreasi warna. Pilihan warna oke nih buat ngegym ada efek glowing gitu. Jd pengin juga ngecat rumah pakai warna satin glo.

    BalasHapus
  9. Warna coklatnya bagus ih. Tp aku lagi pengen warna pink, cuma pink yang beda dari yang lain

    BalasHapus
  10. wah akupun ketagihan dengan warna2 nippon paint ini, apalagi warna2 TRW nih ya ampun emang ampuh bikin ceria hehehe

    BalasHapus
  11. Warna-warna pilihan dari Nippon Paint ini memang menarik banget ya. Ruangan pun semakin cantik dan menambah semangat dengan dekorasi yang tepat.

    BalasHapus
  12. Wah bagus ya hasil akhirnya. Warnany mulus banget. Nippon emang juara deh soal warna, apalagi bisa konsultasi gratis waran sesuai keinginan

    BalasHapus
  13. Emang beda kalau Nippon Paint ya udah keliatan kualitas premium gitu, dan pastinya bakal awet. Warnanya juga komplit ya banyak pilihan.

    BalasHapus
  14. Wah, iya ya, hasilnya memantul kena cahaya, bikin tembok terlihat bersih dan halus. Kemarin bingung juga cari cat anti-jamur. Bisa nih pakai Nippon Satin Glo.

    BalasHapus
  15. Wah, makin semangat deh nge-gymnya kalau catnya dari Nippon Paint keren begini. Beneran ya, terlihat efek akhirnya yang halus dan memantulkan cahaya memberikan kesan ruangan lebih lapang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, padahal tone warna coklat gelap, tapi cerah ya

      Hapus
  16. Cakep nih rekomendasi catnya kak… Awal bulan kemarin aku jga ganti cat kamar kak, lebih ke warna tropical… Tapi pas diliat2 samasama bagus dengan warna ruangan ngegym kak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah warna tropical, cocok ya sama iklim Indonesia. Pasti cerah ni!

      Hapus
  17. wuih mantep kak. btw aku juga menjelang lebaran ini lagi cat-cat rumah nih sama kakak, biar ganti suasana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan ya, selain hati direfresh, juga cat tembok hehe

      Hapus
  18. Bagus banget hansilnya. Cocok nih kayaknya buat yang punya anak yang lagi hobi coret-coret dinding. Bisa disikat juga pula. Kebetulan banget aku mau ngecat rumah, persiapan menyambut idul fitri, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep mba! Sebuah langkah menyambut tamu di Idul Fitri haha

      Hapus
  19. Wah, rapi sekali Mbak hasilnya. Saya pun sebenarnya sedang terpikir untuk mengecat kamar anak sendiri, tapi ragu2 dengan hasilnya nanti hehehe. Jadi semangat lagi untuk coba sendiri setelah lihat ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba segera ngobrol sama sales nippon, bisa konsultasi warna pula via WA

      Hapus
  20. Hasilnya cakep banget bisa glowing gitu ya pakai Nippon plus gak gampang kotor juga, keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga gampang kotor is a key haha. Enak dibersihinnya kalau dicoret anak

      Hapus
  21. Perubahannya kelihatan ya kak, apalagi pilihan warna elegan dan lembut gitu. Memang sudah ahlinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa,, aku suka sama coklatnya. Jadi ga gelap juga karena mengkilap

      Hapus
  22. Hasil catnya bagus banget mba. Setelah jadi kelihatan mengkilat gitu padahal cat tembok ya. Pilihan warnanya untuk ruangannya itu aku suka banget

    BalasHapus
  23. Cakep banget warna temboknya. Satu sisi aja yg warna gelap. Ini bikin ruangan jadi tetep terang dan colorfull

    BalasHapus
  24. Dengan dikasih warna satin gold makin cakep saja ya. Nippon paint punya banyak koleksi warna sekaligus bisa menyediakan warna pilihan kita ya

    BalasHapus
  25. Warna coklatnya cakep lho. Memang kalo ruang gym harus yang natural ya biar tetap tenang dan semangat olahraganya. Hasilnya juga bagus dengan cat nippon

    BalasHapus
  26. Wuih cakep hasilnya, wah bisa buat dinding tulis itu maksudnya kalau dicoret anak2 bisa dihapus gitu kah mbak? Lagi cari cat dinding yang bisa memadai kreativitas anak nih, wkwk.

    Biar anak-anak bisa tetep beraksi, dan emaknya nggak ngomel2 kalau dinding penuh coretan.

    BalasHapus
  27. Cakep warna coklatnya, Mbak. Glossy gitu, ya, jadi kesannya bersih dan terang. Nippon Paint emang keren.

    BalasHapus
  28. Hasilnya keren ya mbak, ada semacam efek glossy... jadi ngga gelap kesannya. boleh di coba nih ntar di rumah.

    BalasHapus
  29. Wahhemak-emak pun juga bisa mengecat dengan Nippon Paint ya mbak.
    Hasil cat Mbak Zaneth oke loh, sudah seperti profesional. Ketjeh.

    BalasHapus
  30. wah aku juga kemarin beli cat di mitra10, mbak. tapi lupa nih catnya apa kayaknya nippon paint juga deh. jadi nggak sabar nih buat ngecat kamar anakku

    BalasHapus
  31. Cantiik banget warna pilihannya kak..
    Nippon Paint Satin Glo memang inovasi terbaik dari Nippon Paint. Bisa jadi penambah semangat dengan warna rumah yang "hidup" di salah satu sisi.

    BalasHapus
  32. Wah asik di rumah ada ruang khusus gym

    BalasHapus
  33. Keren ada 1000 warna, jadi bebas menentukan warna kesukaan. Hasilnya cantik ya...menutup dengan sempurna.

    BalasHapus
  34. Eh terakhir aku cat rumah akhir tahun kemarin juga pakai Nippon Paint nih, warnanya solid dan coveragenya bagus emang...

    BalasHapus