Bosan main Sudoku yang Itu-itu Aja? Kamu Harus Coba Ini!

27 komentar
Kalau kamu hobi bermain Sudoku dan merasa Sudoku terlalu mudah bagimu, kamu harus coba 5 alternatif game sudoku ini!

Sudoku hanya pakai angka? Basi. Pernah kebayang tidak main sudoku dengan melibatkan operasi matematika, emotikon, dan alfabet, dan tanda panah?

Sudoku memang terkenal sebagai permainan asah otak yang menarik. Namun bagi kamu pecinta tantangan, mari tantang diri kamu untuk mencoba variasi dari Sudoku yang menarik ini!

main sudoku

Apa itu Sudoku?

Ingat tidak kalau dulu di majalah ataupun koran sering muncul rubrik asah otak seperti TTS dan sudoku? Mungkin sebagian dari kamu hobi bermain sudoku dan rutin mengirimkan jawabannya ke penerbit. Cara mainnya sederhana, cukup mengisi kolom dengan angka dimana tidak ada pengulangan angka dalam 1 baris vertikal dan horizontal. Semakin sulit tingkat permainan sudoku, semakin sedikit pula bonus angka yang sudah tertulis di set sudoku. Artinya, pemain membutuhkan pemikiran ekstra untuk memecahkan teka-teki sudoku menggunakkan kombinasi angka yang memungkinkan.

Sudah ketebak kan kira-kira Sudoku melatih apa?

Sudoku untuk kesehatan otak

Sudoku identik dengan permainan untuk mengisi waktu luang layaknya Teka Teki Silang (TTS). Namun, banyak juga yang kecanduan bermain sudoku, malah sampai mahir sekali memainkannya.

Ternyata Hobi main sudoku bisa meningkatkan kesehatan otak, lho! Bahkan, lansia di atas 50 tahun yang banyak bermain sudoku dan TTS memiliki fungsi otak lebih baik menurut studi yang dilansir dari Journal of Geriartric Psychiatry

Orang-orang yang hobi bermain puzzle memiliki fungsi otak 10 tahun lebih muda dari usia yang sebenarnya. Dr. Anne Corbet yang merupakan dosen dari University of Exeter Medical School menyatakan bahwa rutin bermain puzzle bisa membuat otak bekerja lebih baik dan lebih lama.

Bermain sudoku dan puzzle lainnya dikategorikan sebagai kegiatan stimulasi kognitif. Orang yang rutin melakukan stimulasi kognitif dapat meningkatkan rentang perhatian serta kemampuan berpikir dan mengambil keputusan.

Kita wajib melatih kemampuan otak kita secara terus-menerus. Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah bermain puzzle seperti sudoku. Sudoku merupakan salah satu kegiatan otak yang menyenangkan. Jika dulu kamu harus menunggu koran harian atau membeli buku kumpulan puzzle sudoku terlebih dahulu, sekarang kamu dapat bermain sudoku secara rutin hanya semudah sentuhan jari.

Portal game online ini disebut Solitaire.org

main sudoku
Kabar baiknya, sekarang sudah ada website game online berisi ratusan game yang dapat kamu pilih. Begitu kamu masuk ke halaman utama, kamu langsung disuguhkan permainan kartu sesuai dengan nama websitenya, yaitu Solitaire.

Kalau kamu familiar dengan game flash 10 tahun yang lalu, maka game-game di Solitaire.org kurang lebih semacam itu. Solitaire.org menyediakan berbagai game ringan dengan interface sederhana dan tidak memakan banyak memori sehingga kamu bisa mengakses berbagai game ini dari mana saja dengan cepat, termasuk melalui telepon genggam. Ini cocok bagi kamu yang ingin jadi gamer iseng namun tidak mau berkomitmen dengan membeli game serta menginstalnya di laptop atau ponsel.

Meski memiliki nama web Solitaire, kamu tidak hanya menemukan game kartu saja di website ini, tapi juga beraneka macam game logika lain, salah satunya adalah Sudoku. Tidak main-main, Sudoku yang dapat kamu mainkan di situs ini juga beraneka ragam. Ada 5 variasi Sudoku yang harus kamu coba jika kamu ingin menantang kemampuan kamu dalam bermain sudoku lebih jauh.

Interface dari semua game di situs ini relatif serupa sehingga pemain tidak perlu terlalu lama adaptasi untuk mengetahui fitur game apa saja di tiap pilihan permainan.


Kalau kamu dulu hobi menunggu koran harian demi mengisi rubrik asah otak, sekarang kamu tinggal mengecek Solitaire.org karena bakal ada puzzle harian yang siap kamu pecahkan.

Kamu malas mengerjakan di komputer atau ponsel? Tenang saja, semua puzzle di Solitaire.org dapat kamu cetak loh dengan menggunakan printer. Kamu bisa mengasah otak kamu sambi jadi tim rebahan.

Meski game-game di Solitaire.org terlihat ringan, jangan remehkan kinerjanya! Situs ini dapat membaca cookies browser kamu sehingga seluruh waktu penyelesaian di semua game yang kamu kerjakan tercatat rapi lho, asalkan kamu selalu bermain dari satu gawai atau laptop saja.

Waktu penyelesaian yang tercata rapi dapat membuat kamu menantang diri kamu untuk menyelesaikan Sudoku lebih cepat dari hari ke hari. Kamu pun juga dapat membandingkan waktu penyelesaian kamu antar jenis game sudoku satu dengan jenis sudoku lainnya.

Sebentar, sudoku jenis lainnya itu seperti apa ya?

Tidak sekedar sudoku biasa

Jika kamu menganggap Sudoku terlalu gampang atau bahkan kamu sendiri bosan dan ingin cari variasi lain, kamu wajib mencoba kelima game di Solitaire.org ini!

1. Sudoku

main sudoku

Jika kamu sedang ingin bermain Sudoku biasa, kamu juga dapat langsung meluncur ke solitaire.org. Disini kamu dapat memilih 4 tingkat kesulitan, yakni Easy, Medium, Hard, dan Expert.

Terdapat kotak berukuran 9x9 yang harus kamu lengkapi. Peraturannya seperti yang kamu ketahui, hanya diperbolehkan keluar satu angka untuk setiap baris dan kolom. Nantinya akan ada petunjuk berupa angka yang sudah diberi tahu. Semakin rumit tingkat kesulitan, semakin sedikit petunjuk angka yang diberi tahu.

Buat kamu yang sudah handal bermain sudoku, berapa menit kamu menyelesaikan asah otak ini?

2. Calcudoku

main sudoku

Calcudoku adalah gabungan dari permainan sudoku dan hitung-hitungan menggunakan operator tambah, kurang, kali, dan bagi. Pada game ini kamu diberikan pilihan kotak mulai dari 4x4, 5x5, 6x6, hingga 8x8. Semakin banyak kotak, maka semakin rumit pula permainan.

Caranya sederhana saja. Kamu akan mendapati kotak yang benar-benar kosong. Layaknya aturan di sudoku, tidak boleh ada angka yang sama pada 1 baris dan 1 kolom. Pilihan angka tergantung dari besar kotak. Jika kamu main dengan kotak 4x4, artinya kamu harus meletakkan angka 1 hingga 4 di dalam kotak.

Kamu akan menemukan angka dan operasinya di kiri atas garis batas tegas. Jika kamu mendapati ‘3-’, itu artinya semua angka yang berada di dalam garis batas tegas jika dikurangi akan menghasilkan angka 3. Adanya garis batas ini membuat eliminasi kemungkinan angka dipengaruhi oleh dua hal: angka yang tidak boleh berulang pada tiap baris/kolom dan angka yang memungkinkan pada hasil operasi tersebut.


Semakin besar kotak maka semakin banyak pula angka yang harus diletakkan dan semakin banyak pula kemungkinan angka yang dapat diletakkan pada satu kotak tertentu.

Tertarik mencoba?

3. Shinro

main sudoku

Shinro adalah game asah otak dari Jepang. Game ini menggunakan gabungan konsep sudoku dan game lawas minesweeper.

Kamu dihadapi dengan kotak berukuran 8x8. Pada kotak-kotak tersebut tersembunyi 12 permata yang harus kamu temukan. Kamu akan diberi petunjuk berupa:
  1. Banyak permata yang tersimpan dalam 1 baris. Kamu akan lihat angka tersebut di baris paling atas
  2. Banyak permata yang tersimpan dalam 1 kolom. Kamu akan melihat angka tersebut di kolom paling kiri
  3. Tanda panah yang menandakan bahwa akan ada permata di salah satu kotak yang ditunjukkan tanda panah tersebut.

Namun kamu harus ingat, tidak semua permata selalu ada petunjuk berupa panah.

Shinro menjadi game asah otak yang menarik karena game ini mengedepankan proses eliminasi. Sebagai contoh, kamu bisa menandakan kotak dengan tanda silang pada baris yang memiliki petunjuk angka 0. Artinya di baris tersebut tidak terdapat permata. Begitu juga jika kamu sudah menemukan permata di kotak yang ditunjukkan. Maka otomatis kotak-kotak sepanjang baris/kolom yang ditunjukkan oleh panah tersebut bisa kamu beri tanda silang sebagai bentuk eliminasi kemungkinan.

Ada 2 level kesulitan yang dapat kamu pilih, Easy dan Hard. Semakin susah level, semakin banyak kemungkinan posisi permata yang artinya semakin membutuhkan keterampilan berpikir.

Penasaran untuk mencoba?

4. Wordoku

main sudoku

Jika sudoku biasanya menggunakan angka. Maka wordoku menggunakan alfabet!

Lantas apakah ke-26 alfabet digunakan? Tentu tidak.

Seperti Sudoku biasa, Wordoku terdiri dari kotak berukuran 9x9 yang harus kamu isi dengan menggunakan alfabet. Dengan demikian, hanya 9 dari 26 alfabet yang dapat diisikan ke kotak. Ke-9 alfabet itu dapat dilihat di kolom bagian samping.

Sebenarnya kesulitan bermain ini sama seperti Sudoku. Namun, yang bikin Wordoku jauh menguras otak adalah kita harus menghafalkan ke-9 alfabet acak ini. Berbeda dengan sudoku yang hanya mengisi angka dari 1-9. Di alam bawah sadar kita sudah sangat tertanam sehingga sangat mudah mengeja angka saat melakukan proses eliminasi kemungkinan angka.


Game yang sangat menguras tenaga otak ini menghabiskan waktu saya selama 20 menit untuk menyelesaikan level easy pada percobaan pertama.

5. Kaodoku

main sudoku

Ini adalah varian sudoku yang paling susah di solitaire.org menurut saya. Bayangkan, kamu harus melengkapi kotak berukuran 9x9 dengan menggunakan gabungan bentuk dan emoji!

Masalahnya, emoji tersebut terdiri dari kombinasi 3 bentuk, yaitu persegi, lingkaran, dan segitiga, dengan 3 emoji, yaitu senang, datar, dan cemberut.

Tentunya akan lebih banyak petunjuk bentuk dan emoji yang sudah disediakan. Petunjuk yang diberi tahu hanya sebagian saja, yaitu bentuk tanpa emoji atau emoji tanpa bentuk Tiap baris dan kolom hanya dapat diisi 1 kombinasi bentuk dan emoji saja layaknya permainan sudoku biasa.

Meski begitu, ini adalah tipe sudoku yang paling lama saya kerjakan ketimbang 4 jenis sudoku lainnya. Jika jenis sudoku yang lain saya menghabiskan waktu dibawah 25 menit untuk level easy pada percobaan pertama, pada Kaodoku saya menghabiskan waktu 40 menit!

Ada 4 level kesulitan Kaodoku yang dapat kamu coba, yaitu Easy, Medium, Hard, dan Expert. Jika Easy saja saya menghabiskan waktu setengah jam, berapa lama tuh yang Expert?


Setelah saya mengeksplor solitaire.org, saya baru menyadari ternyata banyak sekali variasi sudoku jika kita merasa bosan dengan sudoku yang begitu-begitu saja. Setiap saya mengerjakan draft tulisan ini, setiap itu juga tulisan saya lama majunya disebabkan saya terjebak lama penasaran menyelesaikan tiap permainan.

Apakah kamu akan begitu juga?

27 komentar

  1. Baru tahu lo, kalau sudoku itu punya berbagai jenis permainan. Rasanya patut dicoba main ini, hehehe. Kalau lagi penat, bisalah main game sudoku ini

    BalasHapus
  2. Sudoku ini game yang favorit banget ketika dulu Android belum banyak variasi game 2D. Karena mudah dimainkan dan cepat selesai, cocok banget untuk mengisi waktu luang sambil mengasah otak. Tapi akhir-akhir ini jarang banget main game ini, jadi kangen buat nyobain lagi. Makasih atas ulasannya Kak.

    BalasHapus
  3. ternyata banyak ya permainan jenis sudoku, dan jujur aku mumet duluan ngeliatnya, maklum dah lama banget tak main game ni.

    BalasHapus
  4. banyak banget jenis-jenis permainan Sudoku ini yaaa.. tadi coba buka webnya solitaire dan memang banyak sekali pilihan game online gratisnya..

    BalasHapus
  5. saya main games di Solitaire mba, pilihan games nya banyak. Yang nyari unk kecerdasan, ketelitian dan kecepatan ada, dan nggak ada iklan dong. Sukak! :)

    BalasHapus
  6. Dulu suka banget game begini. Sekarang hampir nggak ada waktu main game. Tapi memang menghibur sih main game tu. Bisa menghilangkan bosan pas istirahat.

    BalasHapus
  7. Ish.. kan permainan jadul ini ya, termasuknya. Apalagi solitaire, saya terakhir sering memainkannya dulu pas masih kerja kantoran, wkwkwkw..

    Ternyata ada onlinenya sekarang, cusss ah.. mari bernostalgia :)

    BalasHapus
  8. Wow menarik nih berbagai varian sudoku nya. Mau aku pelajari terus dimodifikasi jadi lebih mudah buat bkin untuk anak-anak di rumah. Kalau mereka udah ekspert baru aja main yg di Solitaire. Org

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya bisa diprin jadi bisa dioret-oret hehe

      Hapus
  9. Saya tertarik sama yang Wordoku tuh. Dan saya setuju kalo permainan mengasah otak seperti TTS dan Sudoku bisa meningkatkan kesehatan otak.

    BalasHapus
  10. sebetulnya banyak banget permainan yang mampu mengasah otak ya kak, asalkan kita bisa memilih permainan yang produktif. mantabbb kak hehhee

    BalasHapus
  11. aku suka main sudoku di hape, mayan ngasah otak ya. Ternyata ada banyak jenisnya yaa penasaran sama wordoku mirip2 scrable dong ya nih

    BalasHapus
  12. Ragam games sudoku bisa kita temukan tanpa perlu instal aplikasi ya kak. Ah ini sih bisa jadi temen buat relaksasi pikiran nih

    BalasHapus
  13. Game klasik yang sampe sekarang masih aku mainin ada Sudoku dan Solitaire. Seru banget bagi aku, buat me time sambil nyantai di rumah. Anakku juga suka main.

    BalasHapus
  14. Sudoku games favoritku juga nih. Asik sekarang ada onlinenya.
    Wah Kaodoku patut dicoba nih. Jadi siwer ga ya, nyari bentuk dan emoticon. Lah, namanya juga tantangan...Yuuk mareee...

    BalasHapus
  15. Ya ampuuunn... tambah ke bawah kok tambah rumit. Menghapalkan emoji nih paling susah.
    Selama ini aku bisanya sudoku yang versi biasa mba. Boleh juga nih dicobain, terutama yang calcudoku, menarik nih ada itung2annya juga.

    BalasHapus
  16. Wah lumayan nih, bisa b7at refreshing. Ntar coba buka solitaire dor org ah. Selain permainan yang itung-itungan ada variasi permainan lainnya kan ya, Kak?

    BalasHapus
  17. Aku nggak bisa main Sudoku lho sampe sekarang, wakakak... tp kalau Solitaire sih bisa, game jadoel gini yaa asik-asik juga karena ringan dan nggak ngabisin memori jg.

    BalasHapus
  18. sudah lama banget nggak main sodoku diriku dan lupa-lupa ingat cara mainnya. tapi memang sodoku ini beneran mengasah otak sih permainannya. jadi penasaran sama permainan sodoku di website solitaire

    BalasHapus
  19. Jadi inget waktu kecil seneng banget main kayak TTS gitu dan main puzzle juga. Dan aku baru tau ternyata sudoku tuh banyak jenisnya ya mbak.

    BalasHapus
  20. Aku tuh dari jaman dulu ngak pernah mahir main Sudoku, sekarang setelah dikonversi jadi game digital, penasaran pingin nyobain. kalau mendengar kata Sudoku, jadi ingat temanku waktu SMP, mahir banget main Sudoku sampai dijuluki Suhu.Cuss...lah main Sudoku juga/

    BalasHapus
  21. Sudoku ini games kesukaan Babe rahimahullah banget.
    Beliau dulu suka sekali mengisi yang ada di koran, selain TTS.
    Seru banget melihat Babe sibuk berpikir angka-angka yang cocok dan kini, sudah tersedia versi online yang bisa dimainkan di website solitaire.org

    Semakin banyak dan kopleks tantangannya.

    BalasHapus
  22. Ternyata banyak juga ya varian Sudoku di solitaire.org. Sayaa nggak terlalu jago main ini, susah banget rasanya. Tapi pengen nyobain juga nih buat asah otak ya.

    BalasHapus
  23. dulu sering main games di PC apalagi zaman internet msh sgt terbatas.
    jadi kalau suntuk kerja main games
    tp memang candu ya
    klu blm menang harus menang dulu meski sekali hehehe

    BalasHapus
  24. Game ini tu rumit banget buatku. Sering banget gagal, tapi selalu bikin penasaran. Yang Sudoku biasa aja udah rumit, gimana dengan Calcudoku yak? Hihi... Kayaknya aku pengen coba yang Wordoku dulu nih. Sepertinya lebih mudah dibanding yang lainnya.

    BalasHapus
  25. Saya termasuk yang jarang main Sudoku dari dulu sampai sekarang, bahkan dari zaman yang masih tradisional cara bermainnya. Hanya sekadar tahu permainannya saja. Tapi ketika dikembangkan ke dalam beberapa jenis Sudoku, terlihat sangat menarik untuk dicoba, apalagi gamenya bagus untuk kesehatan otak. Thank you, Kak!

    BalasHapus
  26. Aku pernah main sudoku di solitaire ini. Dan agak menguras otak juga sih. Namun akhirnya berhasil. Btw yang alfabet itu pasti lebih nguras otak karena istilah dalam english itu kan sulit.

    BalasHapus