Agar Produk UKM Kue Kering Anda Naik Kelas, Segera Coba Cara Ini

Tidak ada komentar
Usaha kecil menengah di Indonesia jumlahnya memang banyak sekali dan terdiri dari berbagai sektor. Salah satu yang cukup membludak adalah pada sektor kuliner, karena memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya bisnis di bidang yang satu ini memang paling menggiurkan, ditambah lagi tak membutuhkan modal yang terlalu besar dan dapat dikerjakan oleh siapa saja. Mulai diantaranya adalah ibu rumah tangga sampai dengan karyawan kantoran sebagai usaha sampingan.

Apalagi di masa pandemi ini. Banyak karyawan kantoran yang mengalami pemotongan gaji, hingga pemutusan hubungan kerja. Di tengah suasana carut-marut begini, tidak heran muncul banyak usaha kecil menengah, terutama di sektor kuliner. Mulai dari bahan pokok, makanan kekinian, roti, kue basah, hingga kue kering. Jika diseriusi, usaha kuliner ini bisa cukup bonafid loh sebagai usaha utama. Apalagi dengan tumbuh suburnya media sosial.
ukm kue kering

Namun kerap kali dianggap remeh karena hanya usaha kecil-kecilan, padahal sebenarnya bisa mendapatkan keuntungan yang besar juga. Agar produk kue kering Anda tersebut bisa naik kelas dengan harga jual lebih tinggi atau mahal tentunya harus menggunakan bahan dasar premium, contohnya terbuat dari mentega tawar berkualitas. 

Tips Meingkatkan Penjualan

Maka berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan, yaitu:
  1. Buatlah inovasi, agaknya jangan monoton membuat kue kering yang itu-itu saja, coba berinovasi dengan menambahkan varian rasa baru ataupun juga tampilan yang lebih kekinian. Sebut saja kue nastar yang dulunya hanya kue dengan isi selai nanas, sekarang ini hadir dengan jenis yang lebih beragam, sehingga konsumen juga tertarik untuk mencobanya.
  2. Gunakan packaging yang lebih menarik, selain itu tampilan luar, khususnya adalah packaging juga sangat mempengaruhi minat konsumen untuk membelinya, jika dibungkus dalam kemasan biasa sudah pasti harga jualnya juga murah. Namun berbeda jika Anda membungkusnya dalam wadah toples yang lebih menarik dan cantik, sudah pasti akan meningkatkan harga jualnya bukan.
  3. Pasarkan juga ke supermarket, Anda bisa bekerjasama dan memasarkan produk kue kering tersebut ke minimarket ataupun supermarket, biasanya mereka tahu bagaimana cara mendisplay agar terlihat lebih menarik, sehingga nantinya juga mempengaruhi nilai jual produknya.
  4. Pasarkan juga ke media sosial. Jaman sekarang betapa berpengaruhnya pemasaran menggunakan media sosial. Bisa menggunakan jasa pemengaruh atau membayar posting sponsor.
Itulah beberapa langkah mudah yang bisa Anda terapkan jika seandainya ingin produk yang dijual tersebut naik kelas. Seiring dengan meningkatnya produk-produk kue kering UKM di era pandemi ini, kita harus berusaha eksklusif dengan cara mempertahankan rasa berkualitas dibantu dengan pemasaran yang mumpuni. Tetap utamakan pada segi rasanya. Pemasaran yang bagus hanya meningkatkan penjualan pada awal-awal saja. Memiliki rasa yang berkualitas adalah kontrol agar pelanggan kembali dan memesan ulang produk yang kita jual. Gunakan merk mentega berkualitas dan bahan utama lainnya jika ingin dapatkan rasa yang nikmat. Diantaranya adalah Anda bisa membeli bahan tersebut dari TokoWahab.

Stragegi-strategi lain yang bisa diterapkan dengan cara memberikan sampel ke rekan dan pemengaruh, hingga melakukan promo bundling sehingga calon pelanggan tertarik untuk mencoba produk-produk lainnya. Bisa juga dengan berkolaborasi dengan brand yang lebih besar sehingga orang yang belum tahu produk kita bisa mencoba dan menentukan apakah tertarik dengan produk yang kita jual. Disinilah bagaimana kualitas produk kita berpengaruh terhadap citra penjualan.

Apakah kamu punya tips meningkatkan kelas produk kue kering bagi UKM? Silahkan tulis di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar