Weekday, Family Day

1 komentar
Bukan seorang ibu bekerja, kadang-kadang orang melihat tidak ada perbedaan aktivitas signifikan antara hari kerja dan akhir pekan. Tetapi bagi saya, ada beberapa perbedaan apalagi jika suami sedang tidak bertugas ke luar kota. Suami yang terbiasa berangkat pagi dan biasanya pulang setelah matahari tenggelam, praktis waktunya untuk berbagi untuk saya dan Hasan hanya setelah itu. Sehari-hari di rumah ada asisten rumah tangga yang membantu pekerjaan rumah tangga.

Perubahan yang mendasar saat akhir pekan adalah adanya suami. Biasanya kami mengeplot akhir pekan sebagai waktu berkunjung ke rumah mertua atau orang tua. Biasanya menginap. Kami biasanya berangkat saat menjelang makan siang karena sekalian makan siang di luar. Kami tidak pernah membawa asisten rumah tangga ikut serta karena kami lebih menikmati waktu bertiga saja. Suami saya yang berjiwa foodies dan seorang petualang makanan membuat kami menjatah sabtu sebagai hari eksplorasi restoran. Karena rumah mertua dan orang tua kami di daerah selatan, praktis restoran dan mal yang kami singgahi harus di area selatan. Yah terkadang agak diatas tetapi dekat seperti daerah Kelapa Gading. Tetapi itu pun harus memang benar-benar diinncar. Minggu sore sekitar sehabis Ashar, biasanya kami singgah lagi dirumah neneknya suami, di bilangan Kebayoran Baru. Kebetulan posisinya mengarah ke utara, jadi sekalian ke arah kami pulang. Kami pun berangkat pulang ke apartemen setelah sholat Isya.

Saya pun kadang-kadang memanfaatkan akhir pekan sebagai waktu eksplorasi diri. Alhamdulillah, suami termasuk yang bisa diajak kompromi untuk dititipkan Hasan dan mendukung kegiatan-kegiatan saya. Biasanya saya suka mengikuti semacam seminar ataupun workshop. Saat ada suami, Hasan saya titipkan ke suami. Workshop/seminar yang saya pilih biasanya berlokasi di sekitar jalan menuju rumah mertua ataupun orang tua. Kalau sudah dekat rumah mertua, suami dan Hasan memilih langsung menuju kesana dan saya nantinya akan pulang sendiri menggunakan Go-car. Kalau kebetulan saya mendapatkan tawaran sebagai pembicara di area yang lebih jauh seperti Bintaro, suami mengajak Hasan main-main dahulu di sekitar tempat acara menunggu acara saya selesai.

Saat suami saya ditugaskan keluar kota selama hampir 2 bulan, sejujurnya saya sedikit kelimpungan memikirkan bagaimana Hasan saat saya ada acara. Kebetulan, 2 minggu yang lalu saya mendaftar 2 acara di hari yang sama dan alhamdulillah keduanya terpilih. Acara pertama pagi jam 9.15 sampai 10.30 di Gelora Bung Karno dan acara kedua di Cipete mulai jam 13.00 sampai 16.00. Saya menelepon mertua dan berencana untuk menitipkan Hasan yang dilihat oleh asisten rumah tangga di rumah nenek suami, kemudian mertua mengusulkan untuk menjemput Hasan di Kebayoran Baru untuk langsung diantar ke rumah mertua. Setelah mendapatkan usulan itu, akhirnya setelah saya turunkan Hasan di Kebayoran Baru, saya langsung acara di GBK untuk kemudian lanjut ke Cipete. Ternyata saya baru sampai rumah mertua saat azan maghrib. Mertua melapor Hasan bertingkah manis serta cenderung tidak merepotkan. Hati saya pun menjadi lega, membuat saya mendaftar acara seminar berikutnya yang berlokasi di Bursa Efek Indonesia pada hari sabtu depannya. Alhamdulillah, berdasarkan laporan dari mertua, Hasan juga tetap bertingkah baik berdasarkan laporan dari mertua. Saya pulang pukul 13.30 sudah makan dan lagi tidur malah.

Terkadang saya berpikir, memiliki agenda setiap akhir pekan bersilaturahmi ke orang tua dan mertua agak membuat waktu bertiga dengan suami dan Hasan tergerus. Pasalnya, saat kami pergi menginap, saya kurang menikmati waktu bertiga. Mungkin lain kali kami jadwalkan setidaknya seminggu sekali waktu bertiga kami saja ya. Berlibur atau dirumah hanya bertiga.

1 komentar

  1. Saya juga termasuk yang menjadikan hari Minggu sebagai family time, Mba. Soalnya berharga banget, karena suami sibuk kerja Senin-Sabtu. Kadang pulang kerja udah capek banget, waktu main bareng anak juga sebentar.

    Ah saya juga pengen banget bisa ikutan workshop juga di weekend. Semoga bisa terwujud dalam waktu dekat.

    Makasih udah sharing, Mba (:

    BalasHapus