Bayi yang Berbeda

Tidak ada komentar

"Bayi A masa katanya sudah tumbuh gigi tidak lama setelah lahir."
"Bayi saya. B baru tumbuh gigi pertama setelah 1 tahun 3 bulan. Lucu deh jalan dulu baru tumbuh gigi." 


"Kalau si C baru bisa jalan umur 1 tahun lebih."
"Tapi katanya bayi D udah bisa jalan umur 9 bulan."

"Wah hebat, bayi E sudah bisa duduk umur 4 bulan."
"Kayaknya bayi F baru bisa duduk lama, umur 7 bulan."

"Duh anak saya, G beratnya masih dibawah persentil 50."
"Anak saya, H beratnya sudah diatas persentil 75."

"Anak saya, I kerjaannya tidur mulu tiap ditelepon, wajar ga sih padahal umurnya udah segitu."
"Kalau anak saya, J baru umur segini tidur siangnya udah malas."

Dan kesepuluh bayi tersebut dalam keadaan sehat.

Semenjak mempunyai bayi, saya merasa kalau fase bayi adalah fase hidup manusia yang standar deviasinya luar biasa lebarnya. Tumbuh kembang bayi berbeda-beda satu sama lain dan tentunya tidak bisa disamakan. Sayangnya, banyak ibu-ibu berhati labil sering berjiwa galau dengan cara membanding-bandingkan tumbuh kembang anaknya dengan anak lainnya. Tumbuh kembang bayi boleh berbeda-beda, asal mencapai milestone pada umumnya. Tidak perlulah membandingkan tumbuh kembang bayi, yang penting bayi kita sehat sudah sangat alhamdulillah. Keadaan super variatifnya tumbuh kembang bayi membuat tiap milestone dicapai dalam waktu berbeda-beda kecepatannya tiap anak. Misal, ada bayi yang cepat bisa berjalan, namun lama sekali tumbuh giginya. Allah mengkaruniakan seorang bayi kecepatan mencapai milestone A, tetapi memberikan waktu lebih untuk mencapai milestone B. Allah maha adil. 

Ibaratkan kita memiliki 15 buah pensil dengan 3 kotak pensil sebagai tiap milestone. Tiap kotak pensil bisa diisi pensil berapapun asal total pensil berjumlah sama. Semisal kotak pensil A berisi 5 buah pensil, kotak pensil B berisi 2 buah pensil, dan kotak pensil C berisi 8 buah pensil. Dimana artinya milestone B dicapai lebih cepat ketimbang milestone C. Insya Allah semua bayi berisi hampir sama 15 buah pensil.

Semua bayi sama.

Seperti mengutip perkataan suami saya saat saya bercerita tentang betapa berbedanya pertumbuhan tumbuh kembang bayi-bayi disekitar saya.
"Tiap bayi itu berbeda-beda. Yang perlu kita ketahui dan waspadai hanyalah gawat-gawatnya saja." 

Tidak ada komentar