Langsung ke konten utama

Octavarium by Dream Theatre

Di Forum rileks kampus, tak sengaja gw tercemplung ke thread Dream Theater. Dari yang menganggapi ada yang mengeadd YM gw. Ternyata bin ternyata, yang nge add itu senior gw. kuncen himpunan. Ahahaha,, Setelah berbincang-bincang, ada artikel yang dikirimin,,, menarik juga, tentang album kedelapan Delapan DT. Artikelnya tentang makna tersirat dari albumnya, keren juga.

Pada sampul muka album ini terdapat gambar pendulum Newton dengan 8 bola. Secara fisik bila bola pada pendulum ini dgerakkan, akan berulang-ulang dengan gerakan yang sama, sesuai dengan tema dari album ini. Disini juga terdapat gambar 5 ekor burung, yang menyimbolkan 1 oktaf pada piano (bola digambarkan sebagai bilah putih dan burung digambarkan sebagai bilah hitam. Tema oktaf ini muncul berulang-ulang pada album ini.

Sementara itu, di balik sampul depan dan belakang terdapat gambar anak laki-laki yang saling bertelepon menggunakan kaleng yang dihubungkan dengan seutas tali. Ide dari gambar ini adalah, adal dan akhir adalah saling terhubungkan. Pada satu sisi, anak laki-laki tersebut berbicara melalui kaleng dan sisi lainnya dia mendengarkan melalui kaleng tersebut. Mungkin maksud dari gambar ini adalah, si anak memberikan informasi yang dia peroleh dari dia sendiri di awal. Meskipun engkau mendapatkan hal-hal selama perjalanan, kamu akan kembali ke awal. octavarium, lingkaran tak berakhir.

Dibalik sampul teks lagu The Answer Lies Within terdapat gambar 2 kartu domino. Salah satu berjumlah total 5 (2 dan 3) menggambarkan jumalh anggota Dream Theater dan yang lain 8 (5 dan 3) menggambarkan jumalh total anggota Dream Theater dengan anggota lama. Dan diatas kartu domino tadi terdapat 3 ekor burung, yang menggambarkan 3 orang personil Dream Theater yang telah keluar, 2 burung sedang terbang menggambarkan 2 mantan pemain keyboard (Kevin Moore dan Derek Sherinian), dan 1 ekor burung hinggap di atas domino menggambarkan 1 orang mantan vocalist, Charlie Dominici.

Dibalik sampul teks lagu Never Enough dan Sacrificed Sons terdapat gambar gurita (memiliki 8 kaki) dengan 5 ekor ikan dan lambang berhenti (memiliki 8 sisi) dengan simbol Majesti di tengahnya. Ilistrasi selanjutnya adalah cetakbiru bintang bersudut 5 didalam sebuah oktagona bersisi 8. Disini semakin banyak terdapat referensi angka 5 dan 8. Skala dari gambar tersebut (tertulis sebagai gambar ke 8 ) adalah 5:8. Lebar dari sisi persegi panjangnya adalah 29,675 dengan bagian sisi yang terpotong adalah 8,8 dan panjang dari 8 sisi-sisi oktagon adalah 5,8. Penulisan skala F Lydian (?) dimulai dari sudut paling kiri searah dengan jarum jam (1:8, 2:8 ? dst). Berikutnya adalah terdapat 4 pintu pada oktagon tadi hanya dengan 1 pintu (bagian bawah) yang terbuka. Ini mungkin menyimbolkan bahwa, kamu dapat memasuki ruangan tersebut, berputar-putar di dalamnya, tetapi harus keluar dari pintu yang sama.

Di halaman selanjutnya, anak laki-laki tadi muncul lagi dan foto personel Dream Theater pada bilah hitam piano.Akhirnya, pada balik sampul belakang terdapat bilyard bola 8 dengan simbol Majesty di tengahnya. Sementara itu pada sampul belakang, akan terlihat 1 oktaf bagian dari piano yang memiliki 8 bilah putih dan 5 bilah hitam.blueprint.jpg Masing-masing bilah putih merepresentasikan kunci awal dari lagu - dimulai dari kunci nada F. Apakah bilah hitam tidak menggambarkan apa-apa ? Coba bila kita lihat lebih teliti, waktu putar dari total lagi dalam album ini tertulis salah. Hanya tertulis 72:26, padahal apabila album tersebut kita putar seluruhnya akan tercatat 75:55. Cukup menarik, 5 dari 8 lagu memiliki negative time yang total akan menggenapi 2:18 yang hilang ? Bukan hanya melengkapi negative time yang hilang, tetapi juga akan melengkapi kekurangan nada minor pada bilah hitam piano.

1 0:00 - 8:07 The Root Of All Evil F putih 1
8:08 - 8:25 Nature Sounds (Negative Time) F# hitam
2 0:00 - 5:20 The Answer Lies Within G putih
2 5:21 - 5:33 Pitch Bend (Negative Time) G# hitam
3 0:00 - 6:59 These Walls A putih
3 7:00 - 7:36 Wind / Heartbeat / Chimes (Negative Time) A# hitam
4 0:00 - 4:29 I Walk Beside You B putih
5 0:00 - 7:16 Panic Attack C putih
5 7:17 - 8:13 Synth Solo (Negative Time) C# hitam
6 0:00 - 6:33 Never Enough D putih 6 6:34 - 6:46 Voices Begin (Negative Time) D# hitam
7 0:00 - 10:42 Sacrificed Sons E putih 8 0:00 - 24:00 Octavarium F putih
Lagu Octavarium diawali dengan nada F 1 oktaf lebih tinggi dari pada nada F awal dari lagu The Root Of All Evil, tetapi dimulai dengan nada yang sama, kunci nada F.

Ahhhhh,,,besok mau maen ke himpunan ah,,minta se album Octavarium!

Komentar

  1. kalo ELP belom hatam, tapi malah dengerin DT, waduh, itu bahaya itu. hahaha.

    (klo punya beberapa, upload ok, wkwkwkw)

    BalasHapus
  2. iya nih,,mau katamin dulu ELP. Hanya penasaran untuk membuktikan tulisan di atas dan mencoba menjawab sendiri beberapa keterangan diatas yang sang senior masih bingung :D

    BalasHapus
  3. gelo, niat bener bikin sampul albumnya. gambarnya ga diuplod sekalian, net?

    BalasHapus
  4. tau nih makanya,,, searching2 di google juga mas,,cuma ga nemu, kayaknya sampulnya itu nyambung ama kover depan dan belakang,,

    BalasHapus
  5. gile, segitunya lu analisis cover dream theater, gua ngerti aja engga band itu :D
    cupu masalah musik gua :p

    BalasHapus
  6. hohho,,bentar-bentar,,,itu bukan karangan gw. itu artikel yang dikasih tau temen gw le. Mustahil lah gw bisa kayak gitu :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baby Gear: Aprica Karoon Review

Sewaktu masih hamil hasan trimester kedua, saya udah mulai rajin buka tutup review stroller di pelbagai website. Banyak faktor yang dibutuhkan untuk memilih stroller yang pas. Pertimbangan saya dalam memilih stroller dapat dilihat di artikel saya sebelumnya mengenai kriteria stroller disini. Melihat segala kriteria saya dan budget yang dimiliki, muncul beberapa shortlisted. Namun, ternyata alhamdulillah Hasan mendapat kado stroller dari Datuk Aya. Berhubung dikadoin, saya mah pasrah apa aja. Apalagi lebih mahal dari budget kita hehe. Stroller yang dikasih Aprica Karoon. Seperti ini penampakannya.

Drama keberangkatan ke Chiang Mai

Setelah hampir 2 bulan, akhirnya saya memberanikan untuk menulis ini karena menurut saya pengalaman ini sangat memalukan sekaligus agak menyesakkan. Let's call it rejeki hanya sampai disitu saja dan rejeki pengalaman berharga.
Suami mendapatkan kabar pada bulan Juli kemarin bahwa akan dikirimkan ke Chiang Mai di bulan Oktober selama sebulan. Sontak saya gembira karena akhirnya akan kejadian juga tinggal di negara asing meski hanya sebulan. Sebenarnya suami mendaftar untuk pengiriman bulan Maret, setelah mengira tidak dapat jatah praktis kabar bulan Oktober ini sedikit mengejutkan. Mulailah pada saat itu saya malam-malam suka iseng membukan online travel apps semacam Traveloka, Tiket.com, dan pegi-pegi. Karena kami masih di Jogjakarta pada saat itu, kami memutuskan mulai agak serius memesan tiket nanti saja setelah kepulangan ke Jakarta pada bulan Agustus. Selain itu, kalau mencari tiket pada waktu itu saya juga tidak konsen karena otak saya masih terjejali rencana-rencana kunjung…

5 Buku Nonfiksi Favorit

Tahun 2019 adalah titik balik saya untuk kembali banyak membaca buku setelah tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya hanya membaca 2-3 buku per-tahun. Miris bukan? Oleh karena itu, postingan kali ini saya dedikasikan sebagai bentuk apresiasi saya kembali membaca. Daftar buku dibawah juga berdasarkan daftar bacaan saya tahun 2018 yang selengkapnya bisa dilihat di goodreads saya. Kali ini saya akan coba merekomendasikan 5 buku non fiksi, tanpa sesuai urutan favoritnya.
1. Mindset: The New Psychology of Success - Carol S. DweckSuka penasaran tidak kenapa banyak anak kecil yang dianggap sebagai child prodigy kebanyakan hanya mampu mekar pada tempo waktu yang singkat. Biasanya saat mereka sudah dewasa, kiprahnya malah jarang terdengar. Akhirnya saya mengetahui alasannya setelah membaca buku ini.
Carol S. Dweck membagi pola pikir manusia menjadi dua: growth mindset dan fixed mindset. Growth mindset adalah pola pikir yang mendorong kita untuk selalu berkembang. Sementara fixed mindset adalah …