Langsung ke konten utama

Fenomena dibalik YM

*Menulis ini sambil membuka YM :P

YM? Apakah gerangan itu?
Pasti jaman sekarang kata "YM" udah ga asing lagi ditelinga orang. YM itu kepanjangan dari Yahoo Messenger. Sebuah Online Software (ato apalah!) yang memungkinkan para penggunanya untunk berceting sebagai fitur utamanya dengan sesama pemilik account yahoo. Syaratnya simpel cukup hanya memiliki account yahoo dan software YM. Sebenernya ga mesti punya YMnya, sekarang juga udah banyak situs yang memungkinkan YM-an lewat sana. Langsung dari imel Yahoonya juga udah bisa. Ga cuma itu, ada juga beberapa software untuk handphone yang memfasilitasi untuk YM-an. Keliatan sudah kalo animo tersebut udah menunjukkan betapa larisnya YM sekarang.

Lantas,,fitur apa aja yang disediakan oleh YM?
Fasilitas cetingan alias ngobrol tentu saja yang paling utama. Baik ceting secara personal atopun cetingan massal alias conference. Hal ini juga didukung dengan penyediaan emoticons , format fonts, Audibles yang ditujukan untuk memperkeren tampilan penulisan dan lebih bersahabat. Terus Buzz juga untuk "mengagetkan" si lawan bicara :). Ceting lewat suara juga sudah dimungkinkan di YM terbaru. Selain itu, YM juga memungkinkan kita untuk saling mengirim file. Biasanya file yang dikirim tidak terlalu besar. Paling ga range tertingginya sekitar 2-4 MB. Tidak hanya itu aja, ada juga fasilitas untuk menampilkan hasil webcam. Yang ini jarang banget gw gunain, paling cuma waktu temen yang punya webcam mo nunjukkin sesuatu barang ato apalah.
Terus ada juga fitur yang baru-baru ini ada

Berikutnya,,apakah efek YM?
Wah,,kalau yang ini banyak. Tapi akan gw coba jabarkan seinget gw aja deh.hehe :D. Yang pertama terpikirkan oleh gw menambah temen. Umumnya, account yang ada di list kita orang yang udah kita kenal. Kalaupun belum kenal, sebelum kita menambahkan account orang tersebut di list kita paling tidak kita tau, dia itu siapa sih. Tidak mungkin menambahkan orang yang sama sekali kita ga kenal. Hal ini berlanjut terus ke peningkatan hubungan. Adanya account di list menyebabkan kita mengetahui kapan mereka onlen ato offline. Kita biasanya nyariin siapa aja yang onlen terus ngajak ngobrol si onlen ini. Untuk beberapa kasus, akan terjalin sebuah komunikasi (obrolan lah dalam konteks ini) yang yang intensitasnya terfrekuensikan dengan jelas. Jadi, tidak heran klo misalnya ada yang jadian gara-gara YM ini (hoho,,,yang merasa fakta ini benar silahkan ngacung ya,,hehe :P). Berdasarkan pengalaman YM gw sejak sekitar Agustus kemarin, udah pasangan aja yang jadian dan 4 orang tersebut ada di list gw (hahaha,,,yak,,silahkan ngacung lagi :D).
Bentuk obrolannya pun macem2. Perkenalan sebagai bentuk yang paling awal kalo belum pada kenal. Tapi, kalo udah kenal, obrolannya pun macem2. Mulai dari bergosip, ngobrol2 ga jelas, nyampah, belajar dan berguru ato cuma untuk sekadar ngisengin orang. Kalau untuk konfrens bisa untuk dijadikan sarana rapat atopun ngobrol2, bergosip, ngomporin orang dan haha hihi. Sebagian besar konfrens yang gw ikutin,,eh semuanya ding! Hal itulah yang jadi utama. Malah ada sebuah konfrens yang gw ikuti sepertinya terjadwal dengan rapi (,,,hahaha pizz,,mizz y'all). Yah,,begitulah hal yang ada, hanya menuturkan fakta :P.

Bagaimana dengan pengaruh YM bagi gw?
Entah mengapa intensitas pembicaraan gw rata-rata banyak pada orang yang jarang gw temuin, bahkan ampe yang lum gw temui sama sekali. Curhat!! baik ama sobat gw maupun untuk kategori temen yang seperti ini, biasanya curhat gara2 putus. sekitar 2 orang. Heran gw,,ceritanya kok bareng tiga2nya pada putus gitu. ahaha :D. orang pertama teman sefakultas gw, cuma ketemu di satu kelas pas semester 1 doank, sekarang udah ga pernah ketemu lagi sepertinya. Orang kedua itu mungkin gara2 mantan cowoknya sekelas ama gw kali ya. Kalo yang ketiga teman sd gw yang udah lama ga ketemu.hoho. Selebihnya ada yang gara-gara YM gw jadi sahabatan gitu. Sebenarnya sih tu orang sobatnya sobat gw.haha,aneh.
Ym juga gw gunain sebagai sarana terakhir klo tugas kuliah gw udah mentok. Yah,,contohnya untuk mata kuliah Daspro (dasar pemrograman) dan untuk laporan-laporan model kimia gitu. Kalau udah deket ama deadline, gw bakalan minta temen gw untuk ngirimin tugas dia dan paling gw baca, dan gw tulis ulang beberapa bagian pake kalimat gw sendiri di laporan gw yang masih kosong di beberapa bagian. Hahaha,,picik emang, tapi apa boleh bwat, pengaruh teknologi. Terus YM juga dipakai bwat nanya2, konsultasi atopun berguru. Biasanya H- sebelum UTS gw udah ditanyain aja. Harusnya terima kasih tu mereka ama gw (haha,,ngarep banget sih gw!:P). Gw juga nanya ke yang laen baik tentang kuliah gw atopun pengetahuan2 lain. Nais lah,,etlis gw bisa memperluas wawasan gw. One good side for me from YM!

Yah,,beginilah tulisan sampah gw tentang YM. Jelek banget emang, secara kapabilitas gw dalam menulis memang menyedihkan banget. Mohon dimaafkanlah kalau gw ada salah-salah kata.

Eniwei baidewei baswei,,,Viva YM!!

Komentar

  1. YM buwat gw untuk transaksi bisnis haram!! XD XD

    BalasHapus
  2. Yuhu YM ituh buat tambah temen pizz men!! ^_^

    BalasHapus
  3. Oh ya lum gw masukin yang itu. BETUL!!! sebagai transaksi bisnis. setuju gw.hakhakhak,,*tertawa picik

    BalasHapus
  4. Tak heran,,dapat diitung dengan jari gw menemui si dee denga YM tak invisible. bwahaha,,

    BalasHapus
  5. huhuhu emang iye...

    beneran gw baru sadar klo kita tetanggaan ya zen :p uhuy...

    BalasHapus
  6. tetanggaan ama dee?
    menyedihkan banget ya nasib gw
    :))

    BalasHapus
  7. huhu kurang uajaarrrr.. :p
    pantesan cimahi berasa banjir .. pas lo dateng :))

    BalasHapus
  8. hooo,,,jangan salah dee!
    mentang2 gw orang jakarta bukan berarti gw membawa banjir
    justru karena ada gw lah,,para banjir itu takut ama gw!
    hahahahahaha,,,

    BalasHapus
  9. huhuhuh yg ada makin banyak banjir dimana²..

    BalasHapus
  10. hmm, YM sebagai sarana contek-contekan (baca:"sharing") PR dan tugas? Hmm, bagus2, suatu kemajuan. Saya bangga dengan kalian :))

    BalasHapus
  11. BETUL!!!
    selagi ada teknologi,,dimanfaatkanlah semaksimal mungkin.
    Biasanya gw klo udah H-1 ngumpulin tugas,,,baru deh jasa ym gw gunakan

    hahaha,,:P

    BalasHapus
  12. BETUL!!!
    selagi ada teknologi,,dimanfaatkanlah semaksimal mungkin.
    Biasanya gw klo udah H-1 ngumpulin tugas,,,baru deh jasa ym gw gunakan

    hahaha,,:P

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Buku Nonfiksi Favorit

Tahun 2019 adalah titik balik saya untuk kembali banyak membaca buku setelah tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya hanya membaca 2-3 buku per-tahun. Miris bukan? Oleh karena itu, postingan kali ini saya dedikasikan sebagai bentuk apresiasi saya kembali membaca. Daftar buku dibawah juga berdasarkan daftar bacaan saya tahun 2018 yang selengkapnya bisa dilihat di goodreads saya. Kali ini saya akan coba merekomendasikan 5 buku non fiksi, tanpa sesuai urutan favoritnya.
1. Mindset: The New Psychology of Success - Carol S. DweckSuka penasaran tidak kenapa banyak anak kecil yang dianggap sebagai child prodigy kebanyakan hanya mampu mekar pada tempo waktu yang singkat. Biasanya saat mereka sudah dewasa, kiprahnya malah jarang terdengar. Akhirnya saya mengetahui alasannya setelah membaca buku ini.
Carol S. Dweck membagi pola pikir manusia menjadi dua: growth mindset dan fixed mindset. Growth mindset adalah pola pikir yang mendorong kita untuk selalu berkembang. Sementara fixed mindset adalah …

Pusat Perbelanjaan Purwokerto

Bukan orang asli maupun yang punya di keluarga, entah mengapa saya menulis rentetan blog seri Purwokerto ini bagaikan menulis Purwokerto 101 😉. Bagian yang pertama adalah dimana saja sih pusat perbelanjaan? You're living, you need place(s) to shop to fulfil your daily life. Standar, pusat perbelanjaan ada supermarket dan pasar tradisional.

Baby Gear: Aprica Karoon Review

Sewaktu masih hamil hasan trimester kedua, saya udah mulai rajin buka tutup review stroller di pelbagai website. Banyak faktor yang dibutuhkan untuk memilih stroller yang pas. Pertimbangan saya dalam memilih stroller dapat dilihat di artikel saya sebelumnya mengenai kriteria stroller disini. Melihat segala kriteria saya dan budget yang dimiliki, muncul beberapa shortlisted. Namun, ternyata alhamdulillah Hasan mendapat kado stroller dari Datuk Aya. Berhubung dikadoin, saya mah pasrah apa aja. Apalagi lebih mahal dari budget kita hehe. Stroller yang dikasih Aprica Karoon. Seperti ini penampakannya.