Langsung ke konten utama

Longing for Russia

Moscow, where the city covered of snow enriched with Romanov dynasty heritage and architecture.



Moskow, atau Rusia lebih umumnya adalah salah satu daftar kota dan negara (non-muslim) yang paling saya inginkan untuk dikunjungi. Klasik, karena alasan sejarah dan arsitektur saya menyukai kota ini. Sebelumnya saya sudah pernah menjejakkan kaki di Moskow, tetapi hanya ruangan tunggu pesawat di Bandara Demodedovo karena keperluan transit, tidak sampai menembus batas imigrasi tanah merah tersebut. Saya datang pada awal Januari 2009, dimana musim dingin sedang berada di puncak. Itu adalah pengalaman musim dingin saya pertama kali sekaligus pengalaman keluar negeri pertama setelah 12 tahun sebelumnya terakhir ke Singapura. Suasana dingin menusuk tulang sudah terasa semenjak keluar dari pintu pesawat dan melintasi garbarata. Angin dingin pun berhembus bahkan terasa saat petugas hilir mudik membuka pintu penghubung antara ruang tunggu dan garbarata. Di luar tampak tumpukan salju tebal serta petugas pengatur pesawat memakai jaket musim dingin berbulu yang amat tebal. Oh, ternyata seperti ini musim dingin di tanah merah.

Ketertarikan saya kepada Rusia berawal semenjak saya kelas 6 SD. Pada saat itu saya dan abang saya sering bermain game komputer bergenre simulator terbang yang berjudul Sukhoi-27. Sukhoi adalah pesawat yang berasal dari pabrikan Rusia. Secara tidak sengaja saya pun menemukan daftar huruf cyrilic saat sedang mencari tombol-tombol kendali saat bermain. Langsung saja saya catat di kertas, dihapal dan kemudian menerjemahkan huruf-huruf cyrilic di logo klub bola Rusia pada majalah Liga Champion. Saat SMP saya menerjemahkan huruf cyrillic teks lagu grup band t.A.T.u. Berlanjut kuliah, saya malah mendengarkan lagu-lagu band Rusia dan lagi-lagi membaca, dan mengetik liriknya dalam huruf cyrillic. Terakhir, saya malah menonton film-film Rusia termasuk salah satu film legendaris Rusia, Иди и Смотри (Come and See), berakhir saya sampai mengetahui percakapan-percakapan dasar bahasa Rusia 😂. Pemahaman-pemahaman terbatas tentang Bahasa Rusia pernah saya tuliskan dalam blog ini.

Kota yang Menarik

  • Moskow merupakan ibukota dari Rusia sekaligus kota terpadat dan terbesar di Rusia bagian Eropa. Selain itu, Moskow juga termasuk kota besar terdingin di dunia. Terdapat situs warisan dunia seperti Kremlin dan Lapangan Merah.
  • St. Petersburg merupakan kota terbesar kedua di Rusia. Selain menjadi salah satu kota paling modern di tanah merah, St. Petersburg juga menjadi ibukota budaya dan dipertimbangkan menjadi situs peninggalan sejarah oleh UNESCO.
  • Yekaterinburg, yang teringat pertama kali di otak saya adalah merupakan kota dimana keluarga Tsar terakhir dibantai. Merupakan kota terbesar keempat dan disebut-sebut sebagai ibu kota keempat di Rusia.
  •  Vladivostok, Kota yang berada di bagian Asia ini sangat dekat dengan garis perbatasan Cina dan Korea Utara. Kota ini amat menarik karena banyak percampuran sejarah dengan Cina, Jepang dan Korea.

Yang Ingin Dilakukan

Naik kereta Trans-Siberia! Meskipun cuma segmen kecil yang dilalui, saya sangat ingin berpetualang menggunakan kereta tersebut. Perjalanan melintasi Rusia dan melakukan napak tilas amatlah menarik. Selain itu tentu setidaknya mengunjungi keempat kota yang sudah saya sebutkan diatas. Eksplorasi kota, mengambil foto berunsur arsitektur, naik transportasi umum, dan tentu kunjungan museum ke museum dan tempat-tempat bersejarah. Jika ditanya saya tipe pengembara yang mana, maka saya akan menjawab pengembara kota. Dan saya merasa Rusia adalah negeri yang cocok sekali dengan kepribadian dan ketertarikan sejarah saya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baby Gear: Aprica Karoon Review

Sewaktu masih hamil hasan trimester kedua, saya udah mulai rajin buka tutup review stroller di pelbagai website. Banyak faktor yang dibutuhkan untuk memilih stroller yang pas. Pertimbangan saya dalam memilih stroller dapat dilihat di artikel saya sebelumnya mengenai kriteria stroller disini. Melihat segala kriteria saya dan budget yang dimiliki, muncul beberapa shortlisted. Namun, ternyata alhamdulillah Hasan mendapat kado stroller dari Datuk Aya. Berhubung dikadoin, saya mah pasrah apa aja. Apalagi lebih mahal dari budget kita hehe. Stroller yang dikasih Aprica Karoon. Seperti ini penampakannya.

Story of Hasan: Icip Kolam Renang Pertama

Selasa minggu lalu, 14 Maret 2016 untuk pertama kalinya Hasan icip-icip kolam renang. Saya tinggal di apartemen yang ada kolam renang di tiap towernya. Tapi baru kali ini setelah Hasan berusia 6.5 bulan ia icip-icip kolam renang. Kemana saja saya selama ini?
Oke.
Jadi sebenarnya niatnya adalah Hasan belajar berenang langsung nyemplung di kolam renang saat usia 6 bulan. Setelah berusaha mencari tempat les renang bayi, akhirnya saya menemukan 2 tempat les renang bayi di Jakarta. Aquatic Baby dan Anak Air. Keduanya dapat menerima bayi minimal berusia 6 bulan. Wah cocok ni pikir saya. Pada saat itu Hasan sudah berusia 5 bulan. Kemudian saya menghubungi Aquatic Baby perihal brosur. Ternyata eh ternyata, berhubung kelasnya terbatas jadi waiting list nya panjang benar. Masa term berikutnya Mei atau Juni, yang mana Hasan sudah berusia 9 atau 10 bulan. Oh iya, Aquatic Baby ini berlokasi di Bintaro. Informasi lebih lanjut mungkin bisa lihat di postingan ini.

Baby Gear: Stroller #1 Kriteria

Halooo,,
Wah parah setelah ngecek query,  ternyata udah lama banget ga nulis, terakhir sekitar setengah tahun lalu :o Yah baiklah, untuk kembali mengkatalis tingkat keproduktifan, mari mulai menulis kembali!
Seperti layaknya mak-mak lainnya, teruma first-mom-to-be, udah pasti euforia menunggu kelahiran si lucu-lucu. Hihi. Mulai dari shopping frenzy sampe riset mencari baby gear semacam ini #eaaa. Nah bagian mencari baby gear termasuk bagian favorit saya. Kenapa? Well, emang dari dulu sih hobinya ngeriset barang yang mau dibeli. Bahkan teman perempuan saya kalau mau cari gadget suka nanya saya merekomendasikan barang apa ke mereka. Dan saya dengan senang hati merisetkan barang-barang untuk mereka :D Salah satu hasil riset saya yang paling berhasil adalah Nikon D90. Mid rangecamera yang dari bertahun-tahun lalu gw beli sampe sekarang harga belinya relatif sama dan dinobatkan salah satu kamera paling versatile. Hihi.


Back to topic!