Kraft Crolette, Inspirasi Menu Sahur Sederhana Anti Ribet

19 komentar
Mau tau inspirasi menu sahur sederhana anti ribet yang bernama Kraft Crolette?

Ramadan telah tiba! Semua umat muslim menyambut suka cita kedatangan bulan mulia ini.

Salah satu ibadah yang wajib dijalankan umat muslim di bulan Ramadhan adalah berpuasa. Tidak hanya orang dewasa, beberapa anak usia pra-sekolah juga sudah mulai belajar berpuasa. Tak jarang juga anak usia 6 tahun sudah berpuasa penuh, termasuk Hasan, anak sulung saya.

kraft crolette

Idealnya, anak makan 3 hari sekali untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Sarapan, makan siang, dan makan malam. Namun saat puasa, anak hanya makan dua kali sehari, yakni saat sahur dan buka puasa yang sekaligus menjadi makan malamnya. Hal ini lah yang kerap menjadikan para orangtua khawatir, apakah gizi sang buah hati akan tercukupi saat dia hanya makan sebanyak dua kali dalam sehari?

Pada dasarnya orangtua tidak perlu khawatir, asal pemenuhan gizi tiap hari tepat, maka sang anak tidak akan kekurang sesuatu apapun. Lalu bagaimana kah komposisi gizi lengkap yang menjadi patokan sebagai sajian sahur anak agar gizinya tercukupi?

Komposisi gizi lengkap untuk sahur anak

kraft crolette

Pemenuhan gizi si kecil adalah keharusan agar ia tumbuh dengan optimal. Jika dulu konsep makan sehat untuk melengkapi nutrisi anak adalah ‘4 Sehat 5 Sempurna’, kini panduan terbaru adalah ‘Isi Piringku’ yang merupakan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikampanyekan oleh Kementerian Kesehatan sejak tahun 2017.

Konsep ‘Isi Piringku’ menekankan pada jumlah porsi dalam satu piring serta keseimbangan antara makronutrisi dan mikronutrisi.

1. Protein

Sering disebut juga dengan lauk-pauk, asupan protein adalah komposisi yang harus ada dalam porsi sekali makan si kecil. Ada dua jenis protein: hewani dan nabati. Kandungan protein sendiri bermanfaat untuk membantu kecukupan kalori untuk menunjang pertumbuhan tinggi badan serta pembentukan sel, tubuh, otot, dan tulang anak.

Dalam satu piring, harus terdapat 35% protein untuk menjaga kelengkapan gizi si kecil. Protein susu bisa digunakan untuk menambah asupan protein anak.

2. Karbohidrat

Makanan mengandung karbohidrat kerap disebut sebagai makanan pokok dalam ‘Isi Piringku”. Makanan pokok tidak melulu harus nasi, si kecil juga bisa mengkonsumsi berbagai makanan mengandung karbohidrat yang banyak tersedia di Indonesia seperti kentang, singkong, ubi, jagung, dan sagu.

Porsi makanan pokok yang ideal untuk anak dalam sajian satu kali makan sesuai dengan kaidah ‘Isi Piringku’ adalah 5-6 sendok makan nasi atau 35% dari total makanan.

3. Sayur dan buah

Jika karbohidrat dan protein merupakan makronutrien, maka kecukupan mikronutrien si kecil melalui asupan sayur dan buah. Menurut panduan ‘Isi Piringku’. Sayur dan buah harus mencakup 30% dari total makanan. Buah dan sayur juga berperan sebagai sumber serat yang melancarkan sistem pencernaan anak serta sumber antioksidan

Harus bangun sebelum subuh demi makan sahur tak jarang kerap membuat anak malas-malasan menyantap sahurnya. Salah satu cara agar mereka lebih melek dan makan lebih lahap adalah menyajikan menu masakan yang mengundang perhatian mereka tanpa mengurangi gizinya.

Pun, menu masakan unik untuk anak kerap identik sebagai menu makanan yang disiapkan dengan proses yang cukup lama. Jangan khawatir, Ibu tidak perlu bangun terlalu cepat demi menyajikan menu sajian sahur anak yang unik. Simak salah satu andalan menu sahur favorit Hasan ini yang dapat menjadi inspirasi menu sahur sederhana anti ribet! Menunya pun sangat simpel karena berbahan dasar telur dan keju saja.

Menu sahur favorit Hasan

kraft crolette

Bagi saya, menyiapkan makanan sahur tidak perlu rumit, apalagi jika harus bangun terlalu awal seperti jam 3 dini hari.

Untungnya di keluarga kami menu sahur cukup simpel. Suami cukup sahur dengan minum kaldu dan air putih karena pola makannya dan saya sendiri cenderung memanaskan sisa lauk semalam saja.

Untuk Hasan biasanya saya menyajikan menu makanan yang simpel dan cukup menarik baginya. Terkadang anak suka malas-malasan makan sahur karena perasaan kesal harus cepat dibangunkan padahal masih mengantuk. Oleh karena itu, menu sahur simpel dan cukup menarik bagi anak adalah kuncinya.

Salah satu menu sahur andalan untuk Hasan adalah Kraft Crolette. Crolette merupakan gabungan dari kata Crown (mahkota) dan Omelette (telur dadar). Menu spesial ini adalah menu yang hanya dapat dibuat dengan menggunakan keju Kraft dikarenakan komposisi utamanya yang terbuat dari keju asli sehingga tinggi protein dan kalsium sehingga crown akan terbentuk sempurna dan tidak mudah patah saat dipanaskan. Selain itu, alasan menggunakan Kraft Cheddar juga tidak hanya itu saja.

Kenapa memilih Kraft Cheddar?

kraft crolette

Kebetulan Kraft adalah pilihan keju Cheddar keluarga kami sudah sejak dulu kala. Alasannya simpel, karena rasanya paling asli dan tidak didominasi oleh rasa tepung seperti banyak keju lainnya.

Kraft sendiri bahkan sampai melakukan kampanye #KejuAsliCheck yang mendorong para Ibu agar memilih keju cheddar dengan komposisi bahan baku yang tepat lagi berkualitas. Kampanye #KejuAsliCheck ini juga mempopulerkan dua cara yang kerap luput diperhatikan para Ibu seperti:
  1. Memastikan keju pada urutan pertama komposisi dan bukan air atau tepung
  2. Memiliki klaim nutrisi pada kemasan
Pentingnya membaca label pangan olahan ini juga didukung oleh Dra. Indriemayati Asri Gani, Apt, yang merupakan Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Konsumen Badan POM. Konsumen yang cerdas adalah konsumen yang tidak lupa mengecek kemasan, label, izin edar, dan kadaluarsa.

Alasan lain kenapa keluarga kami menetapkan pilihan kepada Kraft Cheddar sebagai #KejuAsliCheck karena Kraft Cheddar terbuat dari bahan utama keju asli New Zealand pada urutan pertama serta juga dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

Resep Kraft Crolette

kraft crolette

Jadi jelas ya kenapa menu Kraft Crolette harus menggunakan keju Kraft Cheddar?

Menu Kraft Crolette ini sangat sederhana dan mudah. Saking sederhananya, bisa disiapkan tidak lebih dari 5 menit! Jangan tertipu dengan kesederhanaannya karena menu ini tetap mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Penasaran seperti apa resep Kraft Crolette favorit Hasan?

Bahan:
  • 2 butir telur
  • 2 KRAFT Cheddar mini (30 gr)
  • Butter secukupnya

Cara membuat:
  1. Kocok telur hingga rata dengan menggunakan garpu atau pengocok telur. Jika menginginkan tekstur telur yang empuk kocok agak lebih lama agar aerasi lebih sempurna
  2. Panaskan wajan anti lengket dan masukkan butter hingga mencair. Ratakan butter ke seluruh wajan
  3. Masak telur seperti biasa. Lipat dan sisihkan
  4. Parut KRAFT Cheddar mini di atas wajan anti lengket yang kering. Taruh omelet di atasnya dan masak dengan api sedang selama 2 menit hingga keju berubah warna agak kecoklatan
  5. Angkat dengan spatula dan biarkan keju terjatuh kaku hingga membentuk crown

Menu Kraft Crolette ini merupakan inspirasi menu sahur anak yang dapat disiapkan dengan cepat dan murah. Hanya dengan menggunakan bahan utama telur dan keju, sajian sahur anak sudah memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsiumnya sehingga sangat cocok menjadi menu sahur anak karena menu tinggi protein menjaga ia tetap kenyang lebih lama. Selain itu, rasa dari menu Kraft Crolette ini tidak usah diragukan lagi karena bakal terasa gurih lezat ala keju asli.


Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Coba bagikan kreasi Kraft Crolette-mu. Tidak sabar nih melihat kreasi bentuk Kraft Crolette dari Ibu-Ibu sekalian!

19 komentar

  1. Yummynya. Kayanya ini ntar jadi menu hits di cafe2. Sebagai oencinta keju, otw bikin jugaa. Makasi sharing resepnyaaa <3

    BalasHapus
  2. Resepnya sederhana tp rasanya pasti enak dengan penampakan yg cantik menggugah selera

    BalasHapus
  3. aku suka kriuknya hahahaha enak gurih rasa keju aslinya sangat kerasa lho. aku awalnya tidak suka keju entah pas makan kraft ini jadi suka

    BalasHapus
  4. Kalau resep lain ada yang pakai minyak goreng ya. Aku malah ga pakai apa2, cuma telur dan parutan keju

    BalasHapus
  5. Wah ini kalau saya yang bikin pasti malah dihabisin sendiri karena suka banget keju. Sedangkan anak, tergolong biasa2 aja. Cuma, nggak tahu kalau resepnya seperti ini bakal lahap pasti.

    BalasHapus
  6. Keju dan telor kadang emang menjadi makanan favorit anak sih ya. Kalau udah digabung jadi crolette gitu ya pasti makin doyan mereka. Apalagi bentuknya yang lucu menggemaskan pula. Aku aja tertarik. Hehehe

    BalasHapus
  7. Bagus banget itu crownnya. Garing dan pasti gurih ya. Kraft Cheddar ini memang cocok untuk bikin crown omelette
    Semua pasti menyukainya

    BalasHapus
  8. Cantik banget mbak kraft Crolette nya. Jadi pingin juga penasaran dengan rasanya. Tp pasti enak sih isinya keju dan telur

    BalasHapus
  9. Resep sederhana tapi wujud makanannya ala ala chef. Yang bikin istimewa itu mahkotanya ya. Jadi kayak masakan berkelas begitu. Kalau keju Kraft dah pasti enak.

    BalasHapus
  10. Nggak kepikiran lho aku kalau ini bisa buat sahur. Kalau dipikir iya juga ya soalnya kan praktis dan simpel bikinnya.

    BalasHapus
  11. Resepnya sederhana tapi sangat disukai anak2 apalagi anak2ku pecinta keju smua nih mau aku coba bkin dirumah ah

    BalasHapus
  12. Ini resep yang super duper paling ingin aku coba, soalnya gila keju aku tuh hehe

    BalasHapus
  13. Crolette nya nikmat banget nih sepertinya buat disantap saat berbuka puasa.

    BalasHapus
  14. Telur goreng yang super enak nih. Tampilannya cantik dan rasa boleh diadu. Resepnya simple juga, pengen cobain bikin KRAFT Chrolette.

    BalasHapus
  15. Bahan2nya sedikit dna mudah ditemukan. Cara bikinnya juga gampang. Hasilnya menggiurkan. Saya jadi pengen coba bikin menu kraft crollete ini

    BalasHapus
  16. Sahur emang paling enak yang gak begitu berat tapi tetap nikmat ya. Aku gak bisa masak, tapi resep di atas kayaknya masih bisa aku ikutin sih. Nanti coba ah kapan-kapan :D

    BalasHapus
  17. Kraft Crolette ini emang anti ribet banget ya mbak. Plus pastinya anak-anak bakalan suka dengan menu satu ini.

    BalasHapus
  18. menu simple yg gak bikin ribet gini butuh banget sih, soalnya sering banget bangun sahurnya pas mendekati waktu imsak. kadang bingung masak apa paling sering sih ceplok telor hehe

    BalasHapus
  19. Keju mah nggak pernah failed klo ditambahkan dalam makanan, asal jangan berlebihan aja

    BalasHapus