Langsung ke konten utama

MBWG @ Istora Senayan 29-30 Desember 2007

Rating:★★★★
Category:Other
Mungkin Sebenerna gw ga pantes ya ngereview MBWG baik secara permainan mereka ama secara marching band. Selain gw bukan pemaen (udah gitu cuma seorang pinka yang ga bermutu lagy), gw juga baru mengenal dunia ke-Marching- Band-an sekitar bulan Agustus. Klo misalna gw lancang,,yah,,mohon dimaafkan lah.hehe,,,,

pas nyampe istora tanggal 29,,gw emang yakin banget MBWG masuk putaran final. soalnya gw yang seorang ofisial MBWG ngeliat para pemain latiannya udah kayak kuli banget. apalagy pas TC,ada hari yang latiannya ampe jam setengah 3 pagi. bayangkan aja.dan kayaknya mereka latiannya benar2 semangat, bahkan ampe ada yang asmanya kambuh, tapi tetep nerusin latian pas udah pulih.

MBWG tampil sekitar jam 1-an, urutan pertama divisi umum, MB pertama yang tampil setelah istirahat n pertama kalinya MBWG maen setelah absen 17 tahun. terakhir kali maen katanya sih tahun 1990. enggak tau kenapa, malah gw yang deg2an. padahal gw ga maen,,cuma naroin bendera doang di lapangan. terus pas para pemain masuk ke lapangan, tepuk tangan riuh dari penonton, yah,,walopun masih tergolong agak sepi. tapi mungkin bisa dimaklumin. secara MBWG tampil pertama setelah istirahat siang n mungkin orang-orang pada belum masuk. trus kita masih tergolong "anak baru" yang bagi sebagian orang belum tau bagaimana sih performance MBWG.

beginningnya dimulai dari pemanasan Brass + CG. trus Brass diam,dilanjutin ama battery. para pemain Pitt(kayaknya) belum melangkah ke area pitt n juga FC-nya lum ke podium. lagu pemanasannya saya gatau apa (ato itu karangannya pelatih?). tapi yang jelas lagu berkunci dasar minor. selese 1 paket pemanasan, penonton tepuk tangan. Abis itu Suha (snare drum) ngasi aba2 pake hentakan snare supaya FC, Pemaen pitt ke posisi masing2 dan pemaen brass, battery n CG ke formasi awal lagu pertama (Canon in D).

Tema yang dibawakan MBWG pada GPMB 2007 yaitu Harmonic Journey. ada 4 lagu yang dibawakan : Canon in D, Wild Night Harmonium, Aku bukan untukmu dan Ostinatto. tiap akhir lagu ditutup dengan pukulan gong. pas babak penyisihan kali ini MBWG maennya secara musikalitas bagus. paling gw cuma nemu beberapa titik doank yang ada 1 ato 2 bunyi brass (baritone kalo gw ga salah denger) telat masuk. terus bendera sempet jatuh 3x. yang agak menyesakkan pas lagu ostinatto 1 bendera yang dipegang CG bawahnya lepas. kayaknya yang ini kesalahan official deh.hha. ada lagy, pas abis lagu Wild Night Harmonium (klo ga salah), brassnya bikin gerakan "berantai" gtu, membungkuk dan berbalik badan ngebelakangin FC. otomatis para penonton tepuk tangan, soalnya ni gerakan termasuk yahud lah. tapi bunyi tepuk tangannya malah bisa dibilang sdikit "mengganggu". soalnya pas FC ngasih aba2 supaya para pemaen brassnya balik badan, ada beberapa pemaen (posisinya di belakan kiri menurut FC) ga ngedenger aba2 tersebut. jadilah mereka ga balik badan n spontan para ofisial ngasih petunjuk supaya mereka balik badan. tapi,,sangat disayangkan, tindakan ofisial ini ngebuat MBWG kena penalti.lagy2 kesalahan ofisial.hha.

pas slese tampil, para pemaen keluar dari lapangan melalui 3 pintu di barat (kalo ga salah). selese mereka keluar, para ofisial berbaju hitam (ahahaha) berhamburan menuju lapangan. mungutin bendera n ngebawa keluar pitt. disini para original ofisial sangat2 beribu2 terima kasih ama para alumni yang kebanyakan alumni "tua" ngebantu kita. apalagy ngebantu ngeluarin alat pitt kayak marimba, timpani n gong yang gede banget.tanx berat deh!belum lagy malamnya kita smua ditraktirin di RM sederhana pondok gede. =D

di luar lapangan, tapi masih di gedung istora, para pemaen pada menghela napas, kasian banget,keliatan capek banget mereka. lagy2 yang langganan asma (sorry euy!) ambruk lagy. bahkan sempet pingsan n digotong tim ofisial medik keluar gedung. sebenernya kesalahan yang dilapangan ntu kesalahan yang enggak sengaja, alias kesalahan nonteknis. Dan para pemirsa,,,gw jadi terharu banget. benar2 deh tanggal 29-30 rasa kampusionalisme (entah apalah namanya) memuncak. Gw berharap banget MBWG masuk final. dan finally,,,kita benar2 masuk final. pengumuman dikeluarin jam 12 malem klo ga salah. kita di urutan 12 dari 20 MB yang tampi. yang masuk final ada 14 MB. suatu gebrakan yang lumayan signifikan kan?

besok harinya tanggal 20 desembet, kita maen lagy. ampe di istora jam setengah 9. mereka mulai pemanasan jam 10. MBWG dapet jadwal tampil sekitar jam 11.55, urutan ke 3 divisi umum n sebelum istirahat siang.

tibalah waktu MBWG tampil. tepuk tangan tetap menyambut, tapi,,,suasana masih rada sepi.hiks,,hiks,,, .saya senang banget.para pemaen tampil maksimal. udah ga ada kesalahan yang "ga penting" kaya kemaren. bendera ga ada yang jatuh, suara FC kedengeren. blah,,blah,,blah,, deh!semua tim ofisial n pemaen senang banget n bereuforia abis. slese tampil, banyak dari kita berniat nonton GPMB ampe slese. termasuk gw.

dan ternyata,,,tim2 yang masuk final bener2 canggih dah!gw mulai nonton pas pe nampilannya telkom balikpapan. ada adegan lucu (lebih tepatnya ironis kali ya?). yaitu pas adegan CG bawa properti parasut ke tengah lapangan, cuma sayang beribu sayang 1 parasut nyangkut ke kepalanya pemain quint tom. otomatis para pandangan penonton tertuju pada adegan itu. entah pada ngakak ato melotot. ga jelas dah. kumpulan anak2 mbwg yang nonton juga gitu. dan juga tambahannya malah senang n girang plus menghujat. Trus ada yang senang ngeliat orang susah, susah ngeliat orang seneng (A-mild banget dah!). makin sore, tim2 yang maen makin manstab.titik puncak kemanstaban penampilan terakhir yang dibawain tim MB semen gresik. MBWG bener2 kelindes dah ama beberapa tim2 yang maen setelah kita.

kita nongkrong di istora ampe upacara penutup. dimulai dari deville(entah gimanalah nulisnya), sambutan n pembacaan hasil juri. di istora bener2 riuh dah!. pas MBWG deville di lapangan, kita semua pada bersorak.kompak dah pokoknya. pas pembacaan hasil juri, (kayaknya) para pemaen h2c gtu. pertama2 pembacaan juara kategori. dan sayangnya, kita ga ada dapet peringkat di semua kategori. :(
abis dibacain juara kategori, disebutin peringkat tim2 MB, dari tingkat yang paling bawah. pas pembacaan pertingkat divisi umum, dibacain mulai dari siapa yang peringkat 14,,,,,ternyata bukan MBWG,,kami pun bersorak.peringkat 13,,,,,bukan kita juga,,,peringkat 12,,,nak MBWG makin bersorak,,,,peringkat 11,,,,,euforia makin naek. peringkat 10,,,,,juri membacakan, MB Waditra Ganesha.ITB. artinya kita peringkat 10. tapi nak mbwg tetap bersorak, bertepuk tangan.yaps!kita jadi 10 besar tim MB indonesia dan juga,,,peringkat pertama MB di bandung.waow!!!congrats for MBWG itb. pas pemberian piala kepada perwakilan MBWG, klo ga salah shandika yang maju,si dhira dari bangku penonton langsung mengomandani :
Dhira :"Salam Ganesha,,,,mulai!!!
nak2 MBWG : "Salam Ganesha,,,bakti kami untukmu,tuhan, bangsa, dan almamater,,,,,,MERDEKA!!!
wuih,,,,pas itu kerasa banget euforia dari kita.

review overall dari gw, menurut gw gebrakan MBWG cukup signifikan. bayangkan,,setelah 17 tahun ga maen,,,kita tampil dengan urutan 10 dari 20 tim MB dan urutan pertama dari tim2 MB dari Bandung. menurut gw itu suatu prestasi yang membanggakan.

apa yang menyebabkan MBWG kalah dari tim MB lainnya???

saya cuma bisa mendapat beberapa kesimpulana yang saya buat sendiri, jadi mohon dimaafkan klo ngaco.
pertama,,,walopun sisi musikalitas yang ditampilkan tergolong lumayan, tapi kita sangat defisit mengenai sisi "entertain" yang bisa tawarkan. MB yang dimaenkan menurut pandangan saya cenderung kaku, dalam arti, konsep yang digunakan masih seperti MB murni dimana tidak ada persilangan konsep yang dilakukan. sebagai contoh kita bisa ngeliat MB semen gresik yang keluar jadi juara 1. keprofesionalisme sangat dijunjung mereka. bisa kita liat para pemaen brass dapat melakukan adegan riffle yang notabene seharusnya dilakukan oleh CG. ato kita bisa liat semen padang dimana konsep tema MB disilangkan dengan modern dance (mereka membawakan lagu2 Michael Jackson, jadi mereka melakukan beberapa tarian jecko,,termasuk para pemain brass!). kita liat juga MB UI yang menurut saya idenya seperti breaking common rules. terutama pas adegan march out, dimana para MB lain melakukan PBB rapi saat keluar lapangan, tapi mereka melakukannya dengan benar2 abstrak. tema yang merkeka bawakan a trip to childhood. pas lonceng yang menyerupai bel sekolah dibunyikan,,mereka keluar dengan "centang-prenangnya" plus ditambah adegan2 yang kerap dilakukan oleh anak2 kecil. jujur...saya salut banget ama ide mereka!

kedua,,,saya menemukan beberapa titik dimana lagu yang dimaenin ga "bernyanyi" (maafkan gw juga klo lancang). pas titik dimana brass n battery ga maen, jadi cuma pitt yang maen,,,pittnya seperti kurang bernyanyi,,efek pianonya kurang keluar,,mungkin barangkali komponen mana irama yang dominan dan mana yang mengiringi kurang pas, beberapa titik pitt yang mengiringi terlalu keran ato gimana lah,,,
tapi eniwei secara keseluruhan mereka maennya bagus banget!good job for you all!!=D

yang ketiga,,,,,tererereng,,,kenyataan yang ada,,hampir semua alat MB kita minjem pas nampil di jakarta. soalnya yah,,,banyak alat MB kita apalagy lowbrass section udah banyak yang kayak abis dioperasi. lom lagy peyot n udah ga mulus lagy.ahaha. seandainya alat kita lebih banyak n bisa diganti, bisa jadi ini jadi faktor pendorong bwat MBWG.ahaha ^_^

mudah2an aja gw bisa maen GPMB 2008,,pengin nyobain jadi pemain.ahaha.harus berusaha nih!
bwat para peserta GPMB 2008,,,tunggu aja gebrakan MBWG berikutnya di ajang GPMB 2008


Hyaaatt,,,,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Buku Nonfiksi Favorit

Tahun 2019 adalah titik balik saya untuk kembali banyak membaca buku setelah tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya hanya membaca 2-3 buku per-tahun. Miris bukan? Oleh karena itu, postingan kali ini saya dedikasikan sebagai bentuk apresiasi saya kembali membaca. Daftar buku dibawah juga berdasarkan daftar bacaan saya tahun 2018 yang selengkapnya bisa dilihat di goodreads saya. Kali ini saya akan coba merekomendasikan 5 buku non fiksi, tanpa sesuai urutan favoritnya.
1. Mindset: The New Psychology of Success - Carol S. DweckSuka penasaran tidak kenapa banyak anak kecil yang dianggap sebagai child prodigy kebanyakan hanya mampu mekar pada tempo waktu yang singkat. Biasanya saat mereka sudah dewasa, kiprahnya malah jarang terdengar. Akhirnya saya mengetahui alasannya setelah membaca buku ini.
Carol S. Dweck membagi pola pikir manusia menjadi dua: growth mindset dan fixed mindset. Growth mindset adalah pola pikir yang mendorong kita untuk selalu berkembang. Sementara fixed mindset adalah …

Pusat Perbelanjaan Purwokerto

Bukan orang asli maupun yang punya di keluarga, entah mengapa saya menulis rentetan blog seri Purwokerto ini bagaikan menulis Purwokerto 101 😉. Bagian yang pertama adalah dimana saja sih pusat perbelanjaan? You're living, you need place(s) to shop to fulfil your daily life. Standar, pusat perbelanjaan ada supermarket dan pasar tradisional.

Baby Gear: Aprica Karoon Review

Sewaktu masih hamil hasan trimester kedua, saya udah mulai rajin buka tutup review stroller di pelbagai website. Banyak faktor yang dibutuhkan untuk memilih stroller yang pas. Pertimbangan saya dalam memilih stroller dapat dilihat di artikel saya sebelumnya mengenai kriteria stroller disini. Melihat segala kriteria saya dan budget yang dimiliki, muncul beberapa shortlisted. Namun, ternyata alhamdulillah Hasan mendapat kado stroller dari Datuk Aya. Berhubung dikadoin, saya mah pasrah apa aja. Apalagi lebih mahal dari budget kita hehe. Stroller yang dikasih Aprica Karoon. Seperti ini penampakannya.